kemasan produk
Tips Belajar

Yuk, Intip Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik!

Apa yang mendasarimu untuk membeli sebuah produk? Pernahkah kamu membeli produk karena tertarik dengan desain kemasan atau warnanya? Tahukah kamu jika kemasan produk ternyata berperan penting dalam keberhasilan penjualan dan bisnis? Yuk, intip cara membuat kemasan yang menarik di artikel ini!

Pengertian Kemasan Produk

Mengutip dari buku “Produk Kreatif dan Kewirausahaan Kriya Kreatif Keramik SMK/MAK Kelas XI” karya Arif Suharson (2021), kemasan adalah wadah atau pembungkus yang berguna untuk mencegah atau meminimalisasi terjadinya kerusakan pada barang yang dikemas atau dibungkus. Namun, kemasan juga bisa berarti sistem untuk mempersiapkan barang agar bisa didistribusikan, dijual, disimpan, dan digunakan. Harapannya, kemasan ini bisa menarik perhatian pembeli.

Kemasan juga bisa menjadi first impression pembeli terhadap produk atau brand, loh. Pembeli cenderung akan penasaran dan timbul rasa ingin membeli ketika melihat kemasan yang menarik dan unik. Istilahnya “dari mata turun ke hati” gitu deh seperti kamu ketika melihat gebetanmu! Nah, bagi kamu yang memiliki bisnis sangat perlu memahami pentingnya kemasan serta cara membuat kemasan produk yang menarik.

Lalu, Apa Saja Jenis-Jenis Kemasan?

Rupanya kemasan memiliki beberapa jenis berdasarkan struktur isi, frekuensi pemakaian, dan juga tingkat kesiapan pakai. Yuk, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

1. Kemasan berdasarkan struktur isi (primer, sekunder, dan tersier)

Berdasarkan struktur isi, kemasan terbagi menjadi 3. Pertama adalah kemasan primer yang merupakan bahan kemas atau wadah makanan, seperti kaleng susu, kaleng manisan buah, dan sebagainya. Sementara, yang kedua adalah kemasan sekunder atau wadah yang berfungsi sebagai pelindung bagi kelompok kemasan lainnya. Misalnya, kardus untuk melindungi kumpulan kaleng susu. Terakhir adalah kemasan tersier atau yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan atau pelindung saat proses pengiriman.

2. Berdasarkan frekuensi pemakaian (sekali pakai, untuk berkali-kali, dan bisa kamu gunakan kembali)

Kemasan berdasarkan jenis ini terbagi menjadi 3. Pertama adalah kemasan sekali pakai, seperti plastik pembungkus, daun pisang, dan sebagainya. Kemudian, ada kemasan multi trip yang bisa untuk berkali-kali dan bisa kita kembalikan ke agen penjual, seperti galon air minum. Terakhir, kemasan yang bisa kita gunakan untuk hal lain, seperti wadah es krim dan sebagainya.

3. Kemasan berdasarkan tingkat kesiapan pakai (siap pakai dan dirakit)

Dari tingkat kesiapan pakai, kemasan terbagi menjadi 2, yakni kemasan siap pakai dan siap dirakit. Kemasan siap pakai adalah kemasan yang siap kita isi dengan produk dan memiliki bentuk yang sudah sempurna saat produksi, seperti botol dan kaleng. Sementara, kemasan siap dirakit adalah kemasan yang harus kita rakit terlebih dahulu sebelum mengisi produk.

Cara Membuat Kemasan Produk yang Menarik

Setelah kamu memahami jenis-jenis kemasan, kini saatnya kamu mengetahui cara membuat kemasan produk yang menarik. Berikut cara yang bisa kamu terapkan!

1. Buatlah desain kemasan produk yang unik

Desain yang unik mampu menarik perhatian pembeli sehingga kamu juga dapat menarik pembeli dari kompetitor.

2. Usahakan membuat desain yang sesuai dengan target market

Misalnya, kamu bisa membuat desain yang lucu dan menggemaskan untuk menjual produk anak-anak.

3. Buatlah kemasan dalam beberapa ukuran

Dengan membuat dalam berbagai ukuran, pembeli dapat memilih produkmu sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Wajib mencantumkan informasi produk dengan lengkap

Usahakan untuk mencantumkan mulai dari komposisi, jenis produk, masa kadaluarsa, cara penggunaan, dan sebagainya. Sehingga konsumen dapat memahami produk yang kamu jual.

Baca Juga: Contoh Iklan Produk yang Sering Kita Temukan Sehari-hari

Itulah penjelasan pengertian, jenis-jenis, dan cara membuat kemasan yang menarik. Oh iya, tahukah kamu kalau tiap 15 Juli, The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) merayakan World Youth Skills Day

Yup, UNESCO membuat perayaan ini untuk mengingatkan pentingnya soft skill bagi anak muda di bidang kewirausahaan serta membuat kita semakin terampil di dunia kerja. 

Nah, bertepatan dengan World Youth Skills Day 2022, goKampus bagi-bagi voucher potongan bagi kamu yang daftar courses menggunakan kode GOWYSD22 pada 15-31 Juli 2022. Yuk, sign up dan gunakan voucher-nya biar kamu bisa #LearnBetterGoFaster with goKampus! Cek detail promo World Youth Skills Day 2022 di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *