goKampus Tips Belajar Upskill

Pengen Lulus Cumlaude? Intip IPK Kamu Dulu Ya

Siapa nih yang pengen lulus kuliah dengan predikat cum laude? Pastinya gak bisa dipungkiri kan kalau IPK itu masih menjadi tolak ukur utama untuk menentukan kualitas lulusan perguruan tinggi saat ini apalagi kalau kamu mau melanjutkan kuliah ke program magister atau S2 dengan mendapat beasiswa. Tapi, sebelum membahas tentang cumlaude, kamu udah tau gak sih apa itu IPK?

IPK merupakan singkatan dari Indeks Prestasi Kumulatif. Nilai IPK ini bisa didapatkan dari jumlah keseluruhan nilai mata kuliah. Namun, ada perbedaan antara IP dan IPK ya guys.

IP adalah indeks prestasi, nilai ini merupakan sebuah nilai yang didapatkan dari rata-rata nilai tiap mata kuliah dalam sebuah semester. Jadi nilai IP ini akan muncul di akhir semester sebagai nilai akhir kamu.

Untuk mendapatkan nilai IP ini maka kamu bisa mengkonversi nilai tiap mata kuliah yang biasanya di tandai dengan huruf. Setelah itu, baru dibagi agar bisa menjadi nilai rata-rata atau nilai IP.

Untuk nilai IPK, nilai ini adalah sebuah nilai yang didapatkan dari rata-rata konversi nilai tiap mata kuliah yang sudah kamu ambil di sepanjang menempuh pendidikan. jadi sudah tahu ya bedanya IP dan juga IPK??

Sesuai namanya, IP dan juga IPK merupakan indeks prestasi, oleh karena itu, sudah pasti IPK dan juga IP ini digunakan sebagai skala kualitas hasil belajar yang sudah detikers dapatkan sebagai seorang mahasiswa. Dengan begitu adanya IP dan juga IPK ini sudah pasti digunakan oleh perusahaan untuk mengetahui bagaimana hasil pembelajaran para detikers saat berkuliah.

Nah, buat kamu yang berencana untuk lulus dengan predikat cumalude, ada beberapa syarat cumlaude yang bisa kamu persiapkan duluan loh! Apa aja ya? Yuk, simak artikel ini lebih jauh!

Syarat cumlaude di Indonesia berkaitan juga dengan jenis-jenis cumlaude yang ada di Indonesia karena jenisnya cukup berbeda-beda loh guys. Apa aja sih predikat cumlaude tersebut? Biasanya para mahasiswa yang lulus dengan IPK 2,00 hingga 2,75 akan mendapatkan predikat yang memuaskan.

Untuk mereka yang lulus dengan IPK 2,76 sampai 3,50 akan mendapatkan peringkat yang sangat memuaskan. Dan mereka yang lulus dengan IPK di atas 3,50 akan mendapatkan predikat cumlaude.

Ini adalah beberapa syarat cumlaude dan berbagai jenisnya yang ada di Indonesia adalah:

1. Predikat Cumlaude

Syarat cumlaude yang pertama adalah kamu harus memastikan bahwa nilai IPK mu yang diraih bisa berada pada kisaran 3,51 hingga 3,79. Selain itu, gak boleh ada nilai yang gagal atau mengulang kelas. Kamu juga harus bisa lulus tepat waktu dan gak melebihi tahun ajaran yang telah diterapkan sesuai dengan jenjangnya.

2. Predikat Magna Cumlaude

Syarat cumlaude yang kedua adalah kalau kamu mengincar predikat yang lebih tinggi di atas cumlaude yaitu magna cumlaude yaitu kalau kamu lulus dengan nilai IPK 3,80 hingga 3,99. Syarat lainnya adalah gak ada nilai kuliah yang gagal dan mengulang kelas, selain itu kamu juga harus bisa lulus tepat waktu dengan tahun ajaran yang ditetapkan.

3. Summa Cumlaude

Syarat cumlaude yang ketiga adalah kalau kamu mengincar predikat kelulusan tertinggi adalah summa cumlaude, yaitu mereka yang bisa lulus secara sempurna dengan IPK 4,00. Kamu harus bisa lulus dengan waktu yang ditentukan serta gak ada mata kuliah yang gagal. 

Nah, buat kamu para calon mahasiswa baru yang ingin lulus dengan predikat cumlaude, ikuti saran-saran ini yuk biar kamu bisa lulus predikat cumlaude!

1. Pertahankan nilai IPK mu dari awal semester!

Tips agar kamu bisa memenuhi syarat cumlaude adalah kamu harus bisa mempertahankan nilai IPK mu agar terus stabil, sebisa mungkin melebihi 3,50. Meskipun memang semester-semester awal selalu menjadi hal yang berat karena kamu harus beradaptasi dulu dengan cara belajar, lingkungan, dan dosen-dosen yang berbeda-beda.

Anggaplah IPK mu di semester awal merupakan sebuah pondasi dan dasar untuk persiapan di semester-semester berikutnya. Jadi, kalau kamu pengen IPK 4,00, maka kamu harus perjuangkan dulu nilai-nilai IPK di semester awal.

2. Perhatikan absen di setiap pelajaran

Syarat cumlaude yang kedua adalah sebisa mungkin jangan sampai kamu bolos di semua mata kuliah karena absensi mu juga terhitung. Meskipun setiap kampus memiliki penilaian dan persentase yang berbeda-beda, misalnya nilai akhir tiap mahasiswa terdiri dari 10% absen kehadiran, 20% tugas dan kuis, 30% UTS, dan 40% UAS.

Nah, tandanya kamu harus punya perhatian lebih pada persentase faktor penilaian yang lebih besar walaupun bukan berarti kamu bisa mengabaikan persentase yang kecil. 

3. Perhatikan dosen dengan seksama!

Syarat cumlaude yang ketiga adalah kamu harus memperhatikan dosenmu saat pelajaran berlangsung. Hal ini berguna banget karena sistem penilaian dosen jauh lebih subjektif.

Ada dosen yang mengolah nilai persis sesuai dengan kontrak belajar, ada juga yang memberi nilai sesuai dengan seberapa aktif kamu di kelas, bahkan ada juga yang suka ngasih nilai sendiri-sendiri. Jadi, kamu harus perhatikan karakter dosenmu agar kamu bisa beradaptasi dengan gaya belajarnya. 

Baca Juga: 20 Pertanyaan Kepo Tentang Cloud University!

4. Usahakan selalu aktif di kelas!

Syarat cumlaude yang selanjutnya adalah kamu harus berusaha agar selalu aktif di kelas. Karena di beberapa kesempatan, biasanya para dosen suka memberikan nilai tambah untuk mahasiswanya yang selalu aktif di kelas. Aktif di kelas bukan berarti kamu bisa bicara sesuka hatimu ya.

Kamu harus ada persiapan materi dan pelajaran juga sebelum kuliah berlangsung sehingga kamu bisa menyampaikan pertanyaan yang berbobot atau berargumen dengan data dan bahan yang valid.

5. Jangan menunda-nunda waktu untuk mengerjakan tugas

Dunia perkuliahan agak sulit kalau kamu banyak menunda waktu mengerjakan tugas, karena dari mata kuliah yang cukup padat dan setiap minggunya kamu akan selalu mendapatkan tugas baru. Jadi kebayang kan kalau kamu menunda seluruh pekerjaanmu karena pada akhirnya akan menumpuk terus nih.

6. Harus pintar mengatur waktu

Untuk menghindari cara kerja sistem kebut semalam atau yang biasa dikenal dengan SKS, kamu harus pintar-pintar untuk mengatur waktu nih. Manfaatkan sedikit waktu luangmu untuk mengerjakan tugas kuliah, nanti kan lama-lama dari sedikit-sedikit menjadi bukit.

Salah satu trik agar bisa mengatur waktu yang baik adalah dengan memiliki skala prioritas. Kamu harus bisa memilih mana yang penting dan harus dikerjakan lebih dulu, setelah itu baru lakukan pekerjaan yang lain.

Memiliki skala prioritas juga bisa menjadi dasar kenapa kamu merasa perlu menemui dosen dan meminta tugas tambahan kalau nilai-nilaimu diperkirakan masih jauh dari target.

Nah, kalau kamu gak memiliki target untuk lulus cumlaude namun memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan dengan kuliah online. Kamu bisa banget nih untuk mengikuti program kuliah online Cloud University dari goKampus.

Kamu bisa kuliah online dari mana saja, kapan aja, dan bisa mendapatkan gelar sarjana S1 dari universitas-universitas bergengsi yang ada di USA, UK, atau Australia. 

Untuk metode pembelajaran Cloud University akan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Seluruh video pembelajaran akan dibawakan dalam bahasa Inggris oleh para dosen dan profesor yang diakui secara global.

Tapi kamu gak perlu khawatir jika belum lancar berbicara bahasa Inggris, karena subtitle dalam bahasa Indonesia akan tersedia di seluruh video pembelajaran.

Kalau kamu sudah menyelesaikan seluruh program, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana S1 Manajemen Bisnis Digital (Bachelor’s Degree Digital Business Management). Gelar ini termasuk gelar siap kerja yang disusun secara khusus untuk membantu karir kamu di masa depan!

Ijazah goKampus Cloud University akan diberikan oleh universitas ternama di Amerika Serikat, UK, atau Australia dan diakui secara internasional. Sedangkan perusahaan-perusahaan di Indonesia akan mengakui ijazah Cloud University. Jadi, kamu gak perlu takut saat mencari kerja ya! 

Program ini merupakan program siap kerja, jadi setiap minggu kamu akan mengikuti dan menyelesaikan berbagai kuis dan tugas online yang telah diberikan. Kamu tidak perlu mengikuti seluruh kelas yang kamu rasa kamu ga butuh. Oh iya, di Cloud University gak akan ada ujian akhir ya!

Gimana nih menurutmu berbagai informasi mengenai proses pembelajaran di Cloud University? Klik halaman ini untuk mencari informasi lebih lanjut ya. Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus.

Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *