makanan pencegah kanker
Tips Belajar

5 Makanan Pencegah Kanker, Konsumsi Setiap Hari Yuk!

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling mengerikan. Untuk mencegah kanker, kita mesti menerapkan pola hidup sehat. Misalnya, menjaga konsumsi makanan. Apa saja sih jenis-jenis makanan pencegah kanker? Yuk kita bahas.

1. Sayuran

Tepatnya, sayuran jenis cruciferous yang diyakini merupakan makanan pencegah kanker. Contohnya adalah sawi, selada air, brokoli, kubis, dan kembang kol. Sayuran jenis cruciferous mengandung sulforaphane, substansi yang dapat memperkecil ukuran tumor.

Selain itu, sayuran dengan daun hijau gelap juga bisa menurunkan risiko kanker usus besar. Misalnya bayam, kangkung, selada, dan kale.

Baca Juga: 5 Jenis Kanker Berdasarkan Lokasi Kemunculannya, Kita Cegah Yuk!

2. Buah-Buahan, Makanan Pencegah Kanker Paling Mudah Disajikan!

Beberapa jenis buah-buahan seperti jeruk, apel, anggur, ceri, lemon, stroberi, bluberi, dan beri-berian lainnya memiliki kandungan antioksidan alami yang tinggi, sehingga bisa menurunkan risiko kanker.

3. Rempah-Rempah

Mengapa dulu wilayah Nusantara menjadi incaran penjajah dari Eropa? Salah satu alasan utamanya adalah rempah-rempah kita yang amat melimpah dari Sabang sampai Merauke. Sebab, rempah tak hanya menjadi bumbu makanan, tapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya sebagai makanan pencegah kanker. 

Contohnya bawang putih, yang memiliki kandungan allicin sehingga bisa mencegah kanker prostat dan pencernaan. Contoh rempah-rempah lain yang bisa menjadi makanan pencegah kanker adalah jahe, lada hitam, oregano, dan saffron.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun alias olive oil memiliki kandungan seperti antioksidan, flavonoid, polifenol, dan squalane yang diyakini dapat mencegah kanker. Khusus squalane, efeknya bagus bagi kulit karena mengurangi melanoma (zat kanker pada pigmen kulit).

5. Olahan Susu Fermentasi

Manusia melakukan fermentasi terhadap produk susu karena bisa meningkatkan usia simpan produk, menambah rasa, dan menunjang kecernaan susu. Ternyata, manfaatnya enggak hanya itu. Produk olahan susu dapat menurunkan risiko kamu terkena kanker usus besar. Contoh produknya adalah keju, yogurt, krim keju, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan manfaat, makanan-makanan pencegah kanker tadi harus kamu konsumsi secara rutin. Selain itu, tentu saja kamu harus tetap menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga dan tidur teratur agar terhindar dari penyakit kanker.

Itulah serba-serbi penyakit kanker. Gimana guys? Tertarik mempelajari penyakit ini? Kalau kamu masih mencari informasi lainnya mengenai jurusan yang kamu minati, carinya di goKampus ya! Kamu bisa cek Pilihan Jurusan di goKampus di link ini atau klik di sini untuk cek jurusan yang berhubungan dengan kesehatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *