Melanjutkan pendidikan tinggi menjadi cita-cita hampir semua pelajar di Indonesia. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang berencana untuk kuliah di luar negeri, mungkin kamu jadi salah satunya. Wujudkan impianmu tersebut dengan meraih beasiswa kuliah di luar negeri!

Kuliah di luar negeri tentu akan memberikan kamu pengalaman belajar tersendiri sekaligus mencicipi budaya suatu negara beserta masyarakatnya. Selain itu, juga akan memperluas jaringan sosial.

Baca Juga: 3 Rahasia Menulis Essay Beasiswa Kuliah

Amerika Serikat masih menjadi negara tujuan studi yang paling banyak diminati oleh para pelajar Tanah Air. Hal itu tidak terlepas dari kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh negara berjuluk Negeri Paman Sam tersebut.

Beberapa universitas terbaik di dunia pun sebagian besar ada di Amerika Serikat. Sebut saja diantaranya Massachusetts Institute of Technology (MIT), Stanford University, Harvard University, hingga California Institute of Technology.

Berdasarkan data Open Doors tahun 2017 yang diterbitkan oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat besama Institute of International Education menunjukkan lebih dari 8ribu warga Indonesia yang saat ini tengah menempuh pendidikan di AS. Sekitar 20 persen diantaranya mengenyam pendidikan pascasarjana, dan sisanya menempuh pendidikan S1.

Para pelajar Indonesia yang kuliah di Amerika Serikat sebagian besar berhasil meraih beasiswa kuliah di luar negeri. Karena memang beasiswa masih menjadi jawaban terbaik untuk mengatasi permasalahan biaya kuliah yang tentunya cukup mahal, terlebih lagi kuliah di Amerika Serikat. Faktanya pun juga mengungkapkan bahwa setiap tahunnya, dana yang dibutuhkan untuk kuliah mengalami kenaikan secara signifikan.

Namun, meraih beasiswa kuliah di luar negeri bukanlah pekerjaan yang mudah. Tidak sedikit yang harus gagal dalam prosesnya. Nah, bagi kamu yang ingin mewujudkan impian kuliah di luar negeri dengan bantuan beasiswa, berikut ini 3 tipsnya!

1. Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Tips meraih beasiswa kuliah di luar negeri yang pertama adalah meningkatkan kemampuan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris. Seperti diketahui bersama bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional. Itu artinya, bahasa yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar bukan lain adalah Bahasa Inggris.

Menjadi sebuah kewajiban pastinya untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris yang kamu miliki. Terlebih lagi ketika melakukan tes wawancara dalam tahapan pengajuan beasiswa, dilakukan juga dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Mudah untuk mengetahui tingkat kemampuan berbahasa Inggris yang kamu miliki. Cukup mengikuti tes Bahasa Inggris, baik itu TOEFL maupun IELTS yang memang merupakan standar dalam pengujian Bahasa Inggris.

2. Persiapkan Diri Mengikuti Tes ACT atau SAT

Tes American College Testing (ACT) dan Scholastic Aptitude Test (SAT) merupakan ujian akademik yang menjadi penentu apakah si pelamar mampu mengenyam pendidikan tinggi di universitas tujuan. Untuk itu, persiapkan diri kamu sebaik mungkin untuk mengikuti salah satu tes tersebut.

Dalam tes SAT, pelamar akan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan matematika dan Bahasa Inggris. Untuk tes Bahasa Inggris-nya sendiri, dapat dikatakan serupa dengan tes psikologi. Selain itu, ada pula tes tentang anonim, sinonim, dan lain sebagainya.

Sementara tes ACT itu tidak berbeda jauh dengan tes SAT, hanya memiliki tes untuk IPA atau Sains. Disarankan untuk mengambil tes ACT jika kamu memiliki minat di bidang Sains.

3. Tulis Essay Beasiswa Secara Baik

Menulis essay beasiswa secara baik menjadi tips terakhir dalam mengajukan beasiswa kuliah di luar negeri. Karena perlu diketahui bahwa pihak penyedia beasiswa akan menilai kamu bukan hanya dari hasil tes, tetapi juga melalui essay yang kamu lampirkan.

Tulislah essay dengan kejujuran. Ini menjadi satu hal yang sangat penting untuk kamu lakukan. Jangan berlebih-lebihan dalam menyusun kata demi kata. Cukup pada tujuan yang ingin disampaikan.

Beragam informasi seputar dunia perkuliahan bisa dengan mudah didapatkan hanya melalui aplikasi bernama goKampus. Aplikasi goKampus sudah tersedia di Google Play Store dan App Store. Jadi, download sekarang juga untuk mendapatkan informasi seperti dana pendidikan, kerja magang, acara kampus, hingga proses pendaftaran beasiswa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like