ciri ciri kanker
Tips Belajar

Waspada Yuk! Berikut Ciri Ciri Kanker, Jangan Sampai Ada di Kamu ya!

Kanker adalah penyakit yang mengerikan, tapi ternyata bisa sembuh kalau terdeteksi secara dini loh. Untuk itu, kita mesti mengenali apa saja ciri penyakit kanker. Hal ini jadi kewajiban jika kamu memiliki risiko tinggi terkena kanker, yaitu perokok, alkoholik, sering terpapar sinar matahari, dan memiliki faktor genetika.

Baca Juga: 5 Jenis Kanker Berdasarkan Lokasi Kemunculannya, Kita Cegah Yuk!

Apa Saja yang Ciri Ciri Kanker?

1. Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Merasa gak sedang diet, tapi berat badan kamu turun drastis? Hati-hati, sebab itu merupakan salah satu gejala umum dari kanker. Biasanya, gejala ini menyerang orang yang terkena kanker tulang, kanker perut, kanker pankreas, dan organ lainnya yang berada pada saluran cerna atas.

2. Rasa Lelah yang Parah

Umumnya, para penderita kanker menderita kelelahan akut. Ini jenis lelah yang berbeda dengan lelah setelah beraktivitas atau berolahraga. Soalnya, meski sudah beristirahat, rasa lelah tetap gak hilang. Penyebabnya, sel kanker menggunakan nutrisi dalam tubuh, sehingga tubuh kita kekurangan nutrisi terus menerus.

3. Benjolan Gak Jelas

Tiba-tiba ada benjolan tanpa penyebab jelas pada bagian tubuh tertentu? Segera periksakan ke dokter. Benjolan ciri-ciri kanker biasanya berbeda dengan benjolan akibat benturan. Umumnya, benjolan kanker tidak bisa digerakkan dari dasarnya, keras, dan tidak menyebabkan nyeri.

Benjolan pada payudara bisa menjadi tanda dari kanker payudara. Benjolan pada leher bisa saja merupakan gejala awal kanker getah bening, kanker tenggorokan, kanker tiroin, dan kanker laring.

4. Perubahan Pada Kulit

Terkena paparan sinar matahari secara berlebihan bisa menjadi penyebab kanker. Oleh karena itu, jika ada perubahan pada kulitmu, segera waspada. 

Misalnya, warna kulit berubah menjadi lebih gelap (hiperpigmentasi), kulit dan mata menjadi kekuningan (jaundice), kulit jadi kemerahan, dan ada rasa gatal tanpa sebab yang jelas. Selain itu, waspada jika muncul tahi lalat, sebab itu merupakan salah satu ciri-ciri kanker.

5. Batuk Tak Kunjung Sembuh

Kamu batuk terus menerus selama berminggu-minggu, sudah diobati tapi gak sembuh-sembuh juga? Waspada, itu bisa jadi gejala awal kanker paru-paru. Apalagi jika kamu perokok, risiko terkena kanker jenis ini bisa lebih tinggi.

Jika kamu memiliki gejala-gejala tersebut, segera periksakan ke dokter, apalagi jika kamu punya risiko tinggi seperti yang disebut di awal artikel. Sebab, cara terbaik melawan kanker adalah pencegahan dan deteksi sedini mungkin.

Untuk menghindari terkena kanker, tentu saja kamu juga harus tetap menerapkan gaya hidup sehat seperti menjaga konsumsi makanan, rajin berolahraga, dan tidur teratur.

Gimana? Tertarik untuk mendalami dan mempelajari seputar kanker? Kamu bisa mengambil jurusan kesehatan atau ilmu sejenis ya! Kalau kamu masih mencari jurusan lain yang kamu minati, kamu bisa memilihnya di Direktori Jurusan gokampus di link ini ya! Atau klik di sini untuk cek jurusan yang berhubungan dengan kesehatan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *