pojok literasi
Tips Belajar

Pojok Literasi, Cara Seru Bangkitkan Minat Baca Generasi Muda!

Tonton Sekarang

Banyak membaca punya banyak manfaat untuk hidup kita. Terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Masalahnya, minat baca masyarakat kita kok relatif rendah ya? Terus gimana cara untuk meningkatkan minat baca generasi muda? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Pojok Literasi.

Baca Juga: Apa Itu Literasi? Ternyata Bukan Sekadar Baca dan Tulis Loh!

Apa Itu Pojok Literasi?

Pojok Literasi atau Pojok Baca, merupakan gerakan sekolah untuk meningkatkan minat baca siswa. Dengan pojok literasi, para siswa dapat mengakses bacaan-bacaan dari berbagai genre melalui stand yang tersedia di setiap ruang kelas. 

Nggak cuma bacaan mengenai pelajaran, buku-buku hiburan juga ada di Pojok Literasi dalam kelas. Hasil prakarya siswa dan majalah dinding juga bisa menjadi pameran di sini. 

Kurang lebih mirip dengan perpustakaan mini. Pokoknya, tergantung kreativitas guru dan murid-muridnya saja. Untuk murid-murid SD, mungkin guru harus berperan besar untuk membuat Pojok Literasi. 

Tapi khusus murid SMP dan SMA, umumnya mereka sudah punya kreativitas tinggi sehingga guru bisa menjadikan Pojok Literasi sebagai sarana mengembangkan kreativitas murid-muridnya. Lagian, kalau mau bikin artistik dan dengan estetika setinggi mungkin, pastinya bikin kelas kamu semakin keren!

Selain itu, Pojok Literasi bisa disandingkan dengan Pohon Literasi yaitu pohon-pohonan yang dibuat dengan tujuan untuk mencatat buku apa saja yang telah dibaca para siswa. Judul buku yang dibaca ditulis di selembar daun. Daun tersebut juga bisa diisi dengan penggalan-penggalan kalimat (quote) atau ringkasan dari buku yang dibaca.

Dengan begitu, frekuensi siswa untuk membaca akan lebih banyak. Ini sesuai dengan instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), lho. Khususnya soal Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai pengembangan dari Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti pada Anak. 

Untuk itu, guru harus melakukan hal-hal kreatif terkait budaya literasi dan meningkatkan minat baca siswanya.

Manfaat Pojok Baca

  • Mengajak siswa untuk lebih gemar membaca dan memiliki daya pikir yang baik
  • Mendekatkan buku pada siswa, sehingga mereka lebih tertarik membaca
  • Membantu Perpustakaan Sekolah dalam membudayakan rutinitas membaca, di saat buku yang ingin siswa baca nggak tersedia di Perpustakaan Sekolah
  • Ada hubungan sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran oleh guru

Tapi, kamu mesti ingat kalau Pojok Literasi bukan untuk menyaingi perpustakaan sekolah ya! Jadi kalau kamu mau stok buku di sini, sebisa mungkin beda dari buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah.

Yuk, mulai rajin baca untuk meningkatkan ilmu dan kualitas diri. Selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan melalui membaca, kamu juga bisa upgrade skill maupun knowledge. Eits, tapi sebelum kamu mencari referensi bacaan favorit, kamu bisa cari tahu dulu minat dan potensi terbaikmu dengan ikutan aptitude test atau uji potensi dari goKampus! Dengan ikutan uji potensi ini, kamu bisa mencari tahu passion, jurusan, dan karier terbaikmu! Tesnya GRATIS lho! Yuk, ikutan dengan klik linknya di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *