fungsi manajemen pemasaran
Tips Belajar

Ternyata Fungsi Manajemen Pemasaran Sangat Krusial Bagi Sebuah Perusahaan

Di era modern, pemasaran adalah faktor penentu sebuah brand bisa bertahan di tengah situasi sulit dan kompetitif. Oleh karena itu, fungsi manajemen pemasaran sangat penting. Untuk kamu yang tertarik kuliah di Jurusan Manajemen Pemasaran.

Fungsi Manajemen Pemasaran yang Paling Umum!

Analisis Pasar

Manajemen Pemasaran erat kaitannya dengan aktivitas menganalisis. Apa saja sih yang harus dianalisis? Tentu saja jawabannya adalah pasar dan lingkungan tempat kita melakukan pemasaran. Dengan melakukan analisis pasar, kita bisa mengetahui seberapa besar peluang perusahaan untuk merebut pasar, juga ancaman yang nantinya akan datang.

Selain analisis terhadap peluang dan ancaman, Manajemen Pemasaran juga memungkinkan kita untuk menganalisis perilaku konsumen. Tujuannya agar konsumen baru dan lama tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang kita tawarkan secara berkelanjutan.

Baca Juga: 5 Konsep Manajemen Pemasaran, Panduan Perusahaan Dalam Memasarkan Produk

Mengetahui Segmentasi Pasar

Dengan melakukan analisis pasar, kita dapat mengetahui segmentasi pasar. Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berbeda, meskipun kelompok-kelompok tersebut memiliki ciri-ciri yang hampir sama.

Nah, jika kita tahu segmentasi pasar dari produk atau jasa yang kita tawarkan, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah, sehingga sumber daya di bidang pemasaran dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien.

Jika kamu sudah mengetahui segmentasi pasar dari produk dan jasa yang kamu tawarkan, maka kamu tinggal menetapkan pasar sasaran. Di sini, kamu bisa mengevaluasi pasar, misalnya rentang usia pelanggan, pendapatan, dan jenis kelamin. Lalu, kamu bisa menelaah mana segmen pasar yang menarik dari segi profitabilitas, misalnya:

Melakukan Penempatan Pasar

Langkah selanjutnya yang menjadi fungsi dari Manajemen Pemasaran adalah melakukan penempatan pasar. Dengan melakukan ini, kamu bisa mempelajari dan mengidentifikasi kompetitor dan berjuang untuk mendapatkan market share. Entah itu dengan membuat produk yang lebih unggul, memperluas pasar, atau mengembangkan produk yang belum pernah ada penawarannya.

Melakukan Perencanaan Pemasaran

Sebuah perusahaan pastinya punya misi. Nah, dengan melakukan perencanaan pemasaran, kamu bisa mengenali strategi, serta mengevaluasi portofolio bisnis yang ada dan mengenali area bisnis yang akan dimiliki, semuanya demi mewujudkan misi perusahaan.

Jadi, kesimpulannya adalah Manajemen Pemasaran punya banyak fungsi yang memungkinkan kegiatan pemasaran yang dilakukan perusahaan tepat tujuan dan sasaran, agar perusahaan dapat mencapai tujuan dan misi yang diinginkan. Wajar kan kalau Manajemen Pemasaran adalah hal yang sangat penting dan krusial untuk dilakukan perusahaan manapun.

Gimana guys? Tertarik mendalami wawasan seputar manajemen pemasaran? Saat ini, goKampus punya program Give One, Get One (GOGO) buat kamu yang ikutan kelas online bersertifikasi! Klik di sini untuk ikutan kelas marketing management di goKampus.

Oh iya, kamu juga bisa memilih berbagai kelas di goKampus sesuai minat dan kebutuhanmu biar kamu makin expert. Kamu bisa mendapatkan +1 free voucher code pada setiap transaksi berhasil dari pengguna yang mendaftar pakai refferal id email kamu. Yuk, klik di sini untuk ikutan promo GOGO sekarang dan dapatkan course gratisnya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *