cara investasi emas
Tips Belajar

Begini Cara Investasi Emas agar Untung, Pemula Wajib Tahu

Demi masa depan yang sejahtera dan aman, kita memang harus mulai berinvestasi sejak dini. Nah, saat ini, ada beragam pilihan instrumen yang tersedia dan memudahkan kita untuk mulai berinvestasi. Salah satu intrumen investasi yang menguntungkan adalah emas atau logam mulia. Namun, bagaimana cara investasi emas agar untung, apalagi bagi kita yang pemula? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Cara Investasi Emas agar Untung

Sebelum berinvestasi, tentu kamu harus mempelajari segalanya terlebih dahulu. Berikut cara investasi emas agar untung yang perlu kamu ketahui, apalagi buat pemula nih!

1. Kenali dahulu tujuanmu dalam investasi emas

Ketika mulai berinvestasi, tanyakan pada diri kamu, apa sih tujuanmu investasi emas? Jika kamu sudah menemukan jawabannya dan memiliki target tertentu, selanjutnya bisa menentukan strategi investasi emas. Tentu banyak target yang bisa menjadi pertimbanganmu untuk investasi emas. Misalnya, untuk jaminan di masa tua, dana darurat, biaya pendidikan, biaya pernikahan, dan sebagainya. Perlu kamu ingat, emas adalah salah satu jenis investasi jangka panjang yang ideal untuk 5-10 tahun mendatang. Kamu gak bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang cepat.

2. Pilihlah jenis emas yang mau kamu investasi

Tahap selanjutnya adalah memutuskan jenis emas yang akan kamu jadikan investasi. Kamu bisa membeli emas murni atau logam mulia jika ingin memiliki nilai jual yang tinggi. Selain itu, kamu juga bisa membeli perhiasan emas tanpa ada hiasan batu permata. Hal ini karena emas dengan tambahan unsur lain cenderung memiliki harga jual yang rendah. Ketika menjual perhiasan tersebut, kamu gak bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Pastikan juga kemurnian emas pada perhiasanmu mencapai 24 karat dan memiliki sertifikat atau surat keterangan yang detail.

3. Sesuaikan dengan kemampuan finansialmu

Saat ini kamu gak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli emas. Kamu bisa membeli emas mulai dari ukuran yang paling kecil dengan harga yang terjangkau. Tentu ukuran ini yang akan menjadi penentu harga emas. Setiap bulannya kamu bisa mengalokasikan sebagian pendapatanmu untuk membeli emas. Namun, jangan sampai terlalu banyak mengalokasikannya karena akan merugikan diri sendiri. Jangan sampai kamu gak memiliki dana yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Alokasi dana yang baik adalah yang memiliki strategi dan terukur.

4. Belilah emas di tempat atau lembaga tepercaya

Beli emas pada tempat atau lembaga yang resmi dan tepercaya untuk menghindari kerugian atau penipuan. Ketika membeli emas, maka kamu akan mendapatkan surat dan sertifikat yang berisi detail dari emas tersebut. Kamu bisa membeli emas di kantor ANTAM, UBS, Pegadaian, dan tempat lainnya yang sudah terdaftar di situs resmi. Kamu juga bisa membeli emas yang ANTAM keluarkan di e-commerce tepercaya.

5. Pilih tempat penyimpanan yang aman

Perhatikan tempat penyimpanan emas. Pilihlah tempat penyimpanan emas yang aman dan hanya kamu yang mengetahui dan bisa mengaksesnya. Misalnya, jika di rumah, kamu bisa menyimpan emas tersebut di brankas atau safety box. Kamu juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang bank tawarkan. Namun, ketika kamu menyimpan emas di SDB, tentu ada biaya tambahan yang harus kamu keluarkan.

6. Rajinlah menabung emas

Konsisten menabung emas adalah salah satu kunci untuk menguatkan kondisi finansial di masa mendatang. Emas yang kamu tabung saat ini tentu akan memiliki nilai jual yang tinggi pada waktu mendatang. Butuh kesabaran dan ketekunan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari berinvestasi emas.

Baca Juga: Manfaat Investasi bagi Milenial dan Gen Z agar Bisa Jadi Crazy Rich!

Itulah cara investasi emas agar untung. Selain emas, kamu bisa berinvestasi di instrumen lainnya, seperti saham. Namun, sebelum mulai investasi, sebaiknya kamu mempelajari mengenai saham terlebih dahulu. Yuk, belajar langsung dari praktisi di kelas bersertifikat Memilih Investasi Saham di sini yang bisa kamu ikuti dari mana saja secara online!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *