belajar c++
Tips Belajar

Tips Belajar Bahasa Pemrograman C++ Untuk Pemula

C++ adalah salah satu bahasa pemrograman tertua. Meski sudah uzur, banyak pemula belajar bahasa pemrograman C++ karena C++ bisa menjadi fondasi kuat untuk memahami bahasa pemrograman lain seperti Java, Phyton, Visual Basic, dan sebagainya. 

Gak heran kalau pelajaran C++ ada di semester-semester awal pada jurusan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi di beberapa kampus. 

Penggunaan bahasa pemrograman C++ juga sangat luas di berbagai industri, dari video game, finance, multimedia, manufaktur, dan sebagainya. Oleh karena itu, C++ bisa jadi pelajaran berharga untuk kamu yang pemula di bidang pemrograman. Agar belajarnya lebih efektif, yuk simak tips berikut.

Pelajari Konsep Dasar Algoritma

Dasar dari bahasa pemrograman adalah algoritma. Wah, apaan tuh? Algoritma adalah metode atau perencanaan langkah secara tersusun dan berurutan untuk menyelesaikan atau memecahkan permasalahan. Dengan memahami algoritma, ini akan menjadi langkah terawal kamu untuk mempelajari bahasa pemrograman apapun, termasuk C++.

Pelajari Konsep Dasar Coding

Penulisan kode pemrograman alias coding juga harus dipelajari lebih dulu, sebelum kamu mulai belajar C++. Misalnya, kamu harus memahami apa itu sintaks, variabel, integer, struktur data, hingga mengetahui tools apa saja dalam programming.

Langsung Praktik!

Dalam belajar bahasa pemrograman apapun termasuk C++, kamu harus memberanikan diri untuk langsung praktik. Toh, gak ada salahnya kan. Komputermu gak akan meledak, kok. Paling-paling cuma error sewaktu program berjalan

Tipsnya tentu saja kamu mesti membuat aplikasi yang sesuai dengan tingkat kemampuanmu. Jangan langsung mencoba membuat aplikasi yang rumit seperti game. Cobalah dari yang gampang, misalnya membuat tulisan Hello World.

Belajar Library C++

C++ eksis sejak 1980-an, sehingga library bahasa pemrograman yang satu ini sudah sangat besar. Ini bisa kamu manfaatkan. Jika kamu memiliki pemahaman mendalam terhadap library C++, kamu akan sangat terbantu dalam membuat kode secara lebih efisien.

Gimana cara memahami library C++? Kamu bisa mendalami library C++ di Boost, yang bisa membuat proses penyusunan kode jadi lebih efisien karena didesain untuk pemakaian kode secara umum. Bahkan, mayoritas fitur-fitur modern dari C++ berasal dari Boost.

Baca Juga: Simak Keunikan Jurusan Industrial Robotic Design Yuk!

Ikut Komunitas

Di era internet semakin umum seperti sekarang, komunitas online sudah sangat menjamur. Termasuk komunitas para jagoan C++. Untuk menimba pengalaman, gak ada salahnya kamu mengikuti komunitas seperti ini. Kamu bisa mencari mentor untuk mengajarkanmu secara langsung.

Mengikuti Kursus

Kursus untuk belajar C++ sudah banyak tersedia bagi kamu yang ingin mencoba bahasa pemrograman ini. Salah satunya adalah mengikuti kelas dasar C++ di goKampus. Kamu juga bisa memilih kursus online lainnya yang sesuai dengan minat dan kebutuhanmu, semua hanya di goKampus. Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *