Beasiswa kuliah adalah salah satu cara terbaik dalam mengatasi mahalnya biaya menempuh pendidikan tinggi, terlebih lagi di perguruan tinggi swasta di Jakarta seperti misalnya. Akan tetapi, untuk mendapatkan beasiswa kuliah itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun meski begitu, banyak cara untuk menggapai dana bantuan pendidikan tersebut.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Beasiswa S1 Dalam Negeri Bergengsi!

Fakta mengungkapkan bahwa biaya kuliah di Indonesia terbilang cukup mahal, terlebih lagi di universitas-universitas ternama. Inilah yang menjadi kendala besar bagi para pelajar yang berencana untuk kembali menimba ilmu di perguruan tinggi.

Masalah besar akan biaya kuliah mahal tersebut sejatinya telah diupayakan oleh berbagai pihak. Tidak hanya dari pemerintah melalui berbagai kementerian dengan ragam program beasiswanya, tetapi juga pihak perusahaan swasta dan perguruan tinggi.

Tapi faktanya masih menunjukkan bahwa banyak pelajar yang telah lulus sekolah lebih memilih untuk langsung terjun ke dunia kerja dibandingkan kembali belajar di bangku kuliah. Alasannya kembali karena biaya.

Keputusan untuk langsung kerja tentu bukan suatu hal yang tidak baik. Karena di dunia kerja juga dapat mengembangkan diri, layaknya universitas yang merupakan wadah dalam meningkatkan kemampuan seseorang.

Namun perlu diingat bahwa sekarang ini adalah eranya modern. Berbagai hal menjadi jauh lebih cepat dan efisien. Ini tidak terlepas dari berbagai inovasi yang bermunculan dan berdampak besar pada perubahan.

Apabila tidak mampu beradaptasi dengan baik akan perubahan yang terjadi, maka ketinggalan menjadi kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi di masa yang akan datang. Inilah sebabnya kuliah itu menjadi suatu keharusan untuk dilakukan di era modern ini.

Untuk mengatasi besaran biaya kuliah yang mahal, pengajuan beasiswa menjadi solusi terbaik selain kuliah sambil bekerja. Dan untuk memperbesar kesempatan memenangkan persaingan meraih beasiswa, simak beberapa trik berikut ini.

1. Seleksi Beasiswa Kuliah

Trik meraih beasiswa kuliah yang pertama bukan lain adalah dengan lebih dulu mengenal beasiswa yang akan diajukan. Seperti diketahui bahwa program beasiswa itu sendiri jumlahnya tidak sedikit dan masing-masing tentu memiliki kriteria dan persyaratan yang berlaku.

Jangan langsung mengajukan beasiswa kuliah begitu saja tanpa lebih dahulu mengetahui apa tujuan dana bantuan pendidikan itu sendiri. Hal ini akan memperbesar peluang dalam mengalahkan para kandidat lainnya.

2. Tulis Essay Beasiswa Dengan Baik

Cara meraih beasiswa kuliah dengan mudah selanjutnya adalah menulis essai beasiswa dengan baik. Struktur penulisan essay harus diperhatikan dengan seksama, mulai dari pendahuluan, isi hingga kesimpulan.

Untuk menciptakan essay yang berkualitas, langkah pertama adalah mengenal diri sendiri. Karena perlu diingat bahwa dalam essay tersebut, akan ada penjelasan tentang harapan, rencana, dan tujuan hidup dari si pelamar. Pihak penyedia beasiswa pun akan melihat hal ini sebagai salah satu pertimbangan untuk memberikan dana bantuan pendidikan kepada sang pelamar.

Dalam mengajukan beasiswa kuliah, essay menjadi hal penting untuk diperhatikan. Setelah selesai menulis essay beasiswa, jangan langsung diajukan. Mintalah saran terlebih dahulu kepada senior-senior atau orang yang sudah berpengalaman.

3. Jangan Ragu Untuk Meminta Saran

Jangan malu untuk meminta koreksi kepada mereka yang telah berhasil mendapatkan beasiswa. Dengan koreksi dan saran yang mereka berikan, maka membuat tulisan essay menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Itu artinya, peluang meraih beasiswa kuliah menjadi jauh lebih besar, dan tidak menutup kemungkinan akan memenangkan kompetisi beasiswa hingga pada akhirnya kuliah tanpa mengeluarkan dana sepersen pun alias gratis.

Jika kamu ingin memperoleh berbagai informasi seputar dunia perkuliahan, maka segeralah download goKampus di smartphone-mu sekarang juga!. Informasi kuliah seperti beasiswa, pendaftaran kuliah hingga dana pendidikan dan acara kampus bisa ditemukan dengan mudah di aplikasi goKampus! Jadi, permudah dirimu sekarang juga dengan download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like