universitas andalas
Upskill

5 Hal Unik Universitas Andalas, Kampus Unggulan di Sumatera

Siapa bilang universitas bagus hanya ada di pulau Jawa? Ternyata, masih banyak universitas di luar Pulau Jawa yang memiliki track record dan akreditasi yang gak kalah dengan yang ada di Pulau Jawa. Salah satunya adalah Universitas Andalas.

Universitas Andalas adalah salah satu PTN di Indonesia yang berlokasi di perbukitan Limau Manis, sekitar 15 kilometer dari pusat kota Padang. Dengan arsitektur bangunan yang terbilang unik dengan gaya Minang, kampus ini ternyata menjadi kampus pertama yang di Sumatera loh.

5 Hal Unik Universitas Andalas

Meski kampus ini terbilang tua, yaitu pernah Wakil Presiden RI ke-2 Mohammad Hatta resmikan pada 1956, Universitas Andalas ternyata up to date dengan perkembangan zaman loh. Hal apa yang bisa kamu temui di Universitas Andalas? Yuk simak penelusurannya!

1. Kampus terbaik yang ramah lingkungan

Universitas Andalan atau disingkat UNAND termasuk 10 kampus terbaik di Indonesia menurut Kemenristek Dikti pada 2018. Selain itu, reputasi kampus ini sudah akreditasi A dan masuk ke dalam 100 universitas terbaik se-ASEAN. Terdapat 15 fakultas dan semuanya memiliki kualitas yang baik.

Gak hanya itu, lokasi kampus ini juga terbilang ramah lingkungan. UNAND terletak di wilayah perbukitan kota Padang, Sumatera Barat yang pastinya terkelilingi oleh bukit dan lembah hijau. Karena letaknya  yang sejuk dan asri, kampus ini juga menjaga kelestariannya. Jika kamu mahasiswa baru, kamu wajib membawa satu pohon. Selain itu, di kampus ini juga terdapat sistem pengelolaan sampah terpadu.

2. Inkubator bisnisnya oke loh!

Pada 16 Juni 2014, Universitas Andalas meraih penghargaan sebagai Perguruan Tinggi pelaksana inkubator bisnis terbaik di Indonesia. Selain itu, Unand juga menjalin relasi yang bagus dengan UNESCO. Saat itu, Universitas Andalas bertindak sebagai tuan rumah di workshop bertajuk “Building Local Government and Community Capacity to Address Social Impact of Deforestation and Land Degradation in Indonesia”.

3. Budaya dan kekayaan daerah yang kental

Selain kuliah sesuai program studi, di kampus ini kamu juga akan mempelajari nilai-nilai budaya. Bahkan, saat penelitian berlangsung kampus ini juga fokus pada peninggalan kebudayaan yang sangat kaya. Hal ini wajar, mengingat gedung kampus ini pun berbentuk rumah adat Minang. Selain itu, Universitas Udayana juga banyak menyelenggarakan kegiatan untuk melestarikan budaya dan adat Minang. Gimana? Tertarik belajar budaya Minang?

4. Fasilitasnya juga lengkap

Soal fasilitas, semua sudah tersedia di UNAND. Kamu cari apa? Kampus ini punya inkubator bisnis terbaik, gedung yang artistik, sarana belajar dan perkuliahan lengkap, taman dan tempat wisata yang asri, tempat yang mendukung, dan armada kampus yang memadai membuat kampus ini sangat direkomendasikan untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Selain itu semua, UNAND juga menjadi universitas pertama yang memiliki fakultas peternakan pertama di Indonesia.

5. Kuliah di Universitas Andalas sekaligus pengabdian

Keunikan UNAND dengan kampus lainnya adalah sangat cocok bagi kamu yang ingin kuliah sambil mengabdi kepada masyarakat. Jadi, kalau kamu memilih UNAND sebagai tempat kuliah, maka pilihanmu sudah tepat. Soalnya, kampus ini sering banget mengadakan pemberdayaan masyarakat khususnya yang berkaitan dengan bahasa dan budaya. Gak hanya itu, di sekitar kampus juga memiliki kekayaan bahasa dan budaya yang beragam.

Baca Juga: 5 Alasan Lanjut Kuliah di Universitas Udayana

Gimana guys? Apakah pesona Universitas Andalas bisa menarik minatmu untuk kuliah di sini? Kalau kamu masih ingin cari-cari informasi seputar kampus yang sesuai dengan kriteria atau ingin mengambil jalur beasiswa, cari taunya di goKampus! Mau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Butuh info lebih? Klik link di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *