manfaat organisasi himpunan mahasiswa
Tips Belajar

5 Manfaat Organisasi Mahasiswa, Berguna buat Kerja!

Bagi kamu para mahasiswa baru, mungkin lagi bimbang antara pilih jadi manusia kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang) atau jadi manusia kura-kura (kuliah-rapat-kuliah-rapat). Awal masuk kuliah emang lagi masa-masanya eksplor kegiatan yang bisa dilakukan di kampus sembari kuliah. Kalau kuliah bisa mengasah hard skill kamu, aktif di organisasi mahasiswa bisa mengasah soft skill yang berguna di dunia kerja. 

Buat kamu yang masih mau meyakinkan diri untuk ikut organisasi, sini goKampus kasih tahu kamu 5 manfaat ikut organisasi mahasiswa! Manfaat organisasi ini penting dan bakal kamu pakai saat mau melamar kerja maupun saat udah kerja. Yuk, cek supaya kamu semakin mantap buat ikut organisasi!

1. Belajar kemampuan manajerial

Saat ikut organisasi, pasti kamu bakal mendapat kepercayaan untuk bertanggung jawab di beberapa program kerja. Di situ kemampuan leadership dan manajerial kamu bakal teruji dan terasah. Buat kamu yang belum tahu, kemampuan manajerial adalah keterampilan untuk mengatur, mengkoordinasi, dan menggerakkan bawahan untuk mencapai tujuan. 

Dengan ikut organisasi mahasiswa, kamu jadi belajar untuk mengerjakan tugas yang jadi tanggung jawab kamu secara maksimal, bagi-bagi tugas ke partner atau ke staf, bangun semangat tim kamu supaya sama-sama bisa menyukseskan program kerja yang lagi kamu handle. Kemampuan manajerial kayak gini gak lahir dengan sendirinya, perlu proses yang panjang dan harus kamu biasakan terus supaya semakin baik. Kemampuan kayak gini bakal terpakai selalu dalam dunia kerja dan bisa menunjang jenjang karir kamu juga. 

2. Mengasah soft skill 

Hal-hal yang kita pelajari di kelas biasanya masih bersifat hard skill. Misalnya, kemampuan buat mengoperasikan komputer, menghitung, desain, analisis data, dan lain-lain. Hard skill emang penting, tapi ada juga soft skill yang gak kalah penting buat pengembangan diri. Berorganisasi bisa mengasah banyak soft skill kayak kemampuan komunikasi dan negosiasi, teamwork, problem solving, adaptasi, menyusun perencanaan dan strategi, manajemen waktu, sampai kreativitas. Kemampuan-kemampuan kayak gini gak bakal terasah kalau cuma dipahami secara teori di kelas aja. 

Di organisasi mahasiswa, kamu bisa praktekin soft skill ini secara langsung secara terus-menerus supaya terasah. Kemampuan kayak gini akan selalu dipakai di dunia kerja juga loh. Contoh, kemampuan adaptasi kamu bakal terlihat banget dari cara kamu bertahan di dunia kerja yang lebih “keras” daripada kuliah. Contoh lainnya, kreativitas kamu juga diperlukan buat kasih kontribusi yang fresh untuk perusahaan kamu. Kalau kamu punya hard skill yang bagus digabung sama soft skill yang mumpuni, dijamin karir kamu bakal jadi bagus banget!

3. Memperluas koneksi

Dengan gabung ke organisasi, kamu bakal banyak koordinasi dan kerja bareng temen-temen seangkatan atau senior di kampusmu. Jadi bisa kenal sama anggota-anggota organisasi deh! Selain anggota organisasi, kamu juga bisa kenal dosen, jajaran dekanat, atau bahkan orang-orang penting yang bersinggungan sama organisasi kamu. Semakin aktif ikut organisasi, pasti bakal semakin besar juga kesempatan kamu untuk memperluas jaringan kamu karena orang yang kamu kenal pasti semakin banyak. 

Koneksi yang luas ini juga bisa mempermudah kamu untuk dapetin pekerjaan. Eits, bukan berarti nepotisme ya! Kalau kamu punya track record kamu yang bagus selama organisasi, gak menutup kemungkinan koneksi kamu untuk mereferensikan kamu untuk kerja di kantornya. 

4. Wadah mengembangkan bakat dan minat

Siapa bilang organisasi mahasiswa harus selalu BEM, atau himpunan? Kamu juga bisa berorganisasi lewat Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM loh. UKM sendiri adalah lembaga kemahasiswaan yang anggotanya punya kesamaan minat dan hobi yang bertujuan untuk menyalurkan kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan kampus. UKM bisa mencakup 3 bidang yaitu bidang seni (tari, paduan suara, teater, dan lainnya), bidang olahraga (basket, bola, futsal, voli, renang, dan lain-lain), atau bidang khusus (resimen mahasiswa, koperasi, pencinta alam, dan lain-lain).

Di UKM sendiri ada struktur organisasi yang bertugas untuk mengurus jalannya UKM sehari-hari. Jadi, kalau ikut UKM dan jadi pengurusnya, kamu bisa menyalurkan bakat dan minat kamu sekaligus dapetin manfaat berorganisasi. Seru, kan? 

5. Menambah nilai di CV

Pengalaman kamu ikut organisasi mahasiswa bisa kamu masukkan ke CV kamu buat jadi bekal untuk melamar kerja, loh! Dengan melampirkan pengalaman-pengalaman organisasi di CV, tandanya kamu adalah mahasiswa yang aktif dan suka berkontribusi. Apalagi, kalau IPK yang kamu punya tergolong tinggi, bisa menambah nilai kamu lagi di mata perusahaan. IPK yang tinggi nunjukin kalau kamu bisa mengatur waktu antara kegiatan organisasi sama tugas-tugas dari kampus.

Biasanya perusahaan juga lihat apa aja yang udah kamu kerjakan selama organisasi, kayak divisi tempat kamu berada dulu dan juga program kerja yang pernah kamu kerjain. Bisa jadi nilai plus lagi kalau apa yang pernah kamu kerjain sebelumnya di organisasi ternyata relevan sama pekerjaan yang kamu lamar.

Manfaatkan waktu selama kuliah kamu buat ikut banyak kegiatan tapi jangan lupa juga buat belajar dan pertahankan IPK, ya! Semoga penjelasan tentang manfaat ikut organisasi mahasiswa ini bisa bikin kamu semakin mantap buat ikut organisasi.

Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri juga masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Nah, supaya skill yang kamu miliki relevan dengan kebutuhan industri, yuk persiapkan diri kamu bareng goKampus! Kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier sebagai Digital Marketer di sini, kelas UX Writer di sini, atau Memulai Karier sebagai Product Manager di sini karena ketiga posisi tersebut menjadi incaran para recruiter, loh!

Gak hanya upgrade skill dan dapat beragam insight langsung dari profesional berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura, plus bisa ikutan kelas dari mana saja secara online. Yuk, ikut kelasnya sekarang!

Admin

Hai, Siswa!
Ayo gabung di goKampus!

www.gokampus.com

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *