contoh program c++
Tips Belajar

5 Contoh Keunggulan Program yang Menggunakan C++

Bahasa pemrograman C++ sudah hadir sejak 1985 dan kerap menjadi fondasi awal bagi seseorang yang ingin mendalami dunia pemrograman. Meski sudah berusia 40 tahun lebih, banyak orang yang menganggap bahwa C++ punya banyak keunggulan. Apa saja sih contoh keunggulan program yang menggunakan bahasa pemrograman C++? Sebelum kamu mempelajari C++, mari kita bahas berbagai keunggulannya.

Apa Saja Contoh Program C++?

1. Portabel

Penggunaan bahasa pemrograman C++ sangat luas di berbagai industri, dari video game, finance, multimedia, manufaktur, dan sebagainya. Soalnya C++ bersifat portabel. Artinya, kamu bisa menulis coding, lalu melakukan compile (mengeksekusi coding) pada sistem operasi yang berbeda-beda.

Misalnya, kamu bisa menulis coding di sistem operasi terbuka seperti Linux, tapi nantinya kode bisa di-compile di sistem operasi lain seperti Windows. Intinya, belajar C++ lebih nyaman karena kamu bisa bebas menggunakan sistem operasi manapun.

2. Berorientasi Pada Objek

C++ merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek (object oriented programming/OOP). OOP merupakan sebuah paradigma dalam pemrograman. Dengan OOP, seorang programmer menyelesaikan masalah dengan menyediakan objek-objek yang terdiri dari attribute dan method. 

Kemudian, susun objek-objek tersebut ke dalam satu kelompok dengan istilah class. Data dan function dalam C++ disatukan ke dalam kelas dan objek dan saling berinteraksi untuk memecahkan sebuah masalah. 

Hal ini bakal mempercepat kamu dalam menulis kode. Sebab, ada fitur inheritance yang memungkinkan kamu menggunakan kode class yang sama. Metode OOP juga memudahkan kamu untuk mendeteksi bug/kendala pada aplikasi.

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Pemrograman C++ Untuk Pemula

3. Pengaturan Memori Dinamis

C++ memiliki fitur Dynamic Memory Allocation (kemampuan mengatur memori secara dinamis). Fitur ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan memori tambahan saat program berjalan. Mengalokasikan memori secara dinamis juga membantu programmer untuk menyimpan data tanpa perlu mengetahui ukuran data ketika menulis program.

4. Skalabilitas 

Bahasa pemrograman C++ memiliki skalabilitas yang bagus. Bahkan, kamu bisa mengembangkan program sesuai kebutuhanmu. Misalnya, kamu membuat aplikasi penghitung omzet lebih dulu. Nantinya, kamu bisa mengembangkannya menjadi aplikasi yang lebih besar, seperti aplikasi akuntansi untuk toko kelontong, misalnya.

5. Eksekusi Lebih Cepat

Dengan bahasa pemrograman C++, kamu bisa mengeksekusi coding secara lebih cepat di komputermu. Kemungkinannya karena dengan C++ kamu bisa melakukan low level manipulation, sehingga akan ada jeda waktu yang minim saat program melakukan interpretasi kode.

Itu tadi berbagai contoh program yang menggunakan bahasa pemrograman C++. Kamu tertarik untuk belajar lebih lanjut? Yuk ikutan kursus online C++ di goKampus! Selain belajar dasar C++, kamu juga bisa ikutan kursus online sesuai minat dan kebutuhanmu loh! Tertarik? Yuk klik infonya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *