Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung adalah perguruan tinggi negeri yang berada dibawah naungan Kementerian Pariwisata sedang secara akademis dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Berstatus sebagai milik pemerintah, STP NHI Bandung bertujuan untuk menghadirkan lulusan yang berkompeten dan berkualitas di bidang pariwisata dengan tetap memegang prinsip dan budaya Tanah Air yang sopan dan ramah, namun juga bisa bersaing di kancah internasional.

Baca Juga: Apa Itu Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung?

Meski dengan status milik pemerintah, namun STP NHI Bandung bukanlah perguruan tinggi yang sifatnya ikatan dinas. STP NHI Bandung pun telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

STPB menyelenggarakan program pendidikan mulai dari jenjang Diploma III (D3), Diploma IV (D4), Strata 1 (S1) hingga Magister Manajemen Pariwisata, dengan beragam jurusan kuliah yang disediakan.

Tidak heran, banyak pelajar Indonesia yang berencana untuk kuliah di STP NHI Bandung. Terlebih bagi mereka yang memang memiliki minat dan bakat di bidang pariwisata. Karena memang STPB menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di bidang pariwisata.

Lantas pertanyaannya adalah bagaimana cara menjadi mahasiswa STP NHI Bandung? Terdapat dua jalur penerimaan mahasiswa baru dalam menjawab pertanyaan tersebut. Pertama, SMMPTNP yang merupakan singkatan dari Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata. Dan kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP).

Apa itu SMMPTNP dan SBMPTNP STP NHI Bandung

Untuk mendaftarkan diri menjadi mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung, terdapat dua jalur, yakni SMMPTNP dan SBMPTNP. Kedua jalur tersebut sama-sama dilakukan tes tertulis.

SMMPTNP (Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata) merupakan proses pendaftaran sekaligus seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh pihak STP NHI Bandung.

Sementara SBMPTNP (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata) adalah proses pendaftaran dan seleksi yang diselenggarakan secara bersama dan terintegrasi antara beberapa Sekolah Tinggi Pariwisata lainnya. Diantaranya STP NHI Bandung, STP Bali, Poltekpar Lombok, Poltekpar Palembang, Poltekpar Makassar, dan Poltekpar Medan.

Pendaftaran SMMPTNP dan SBMPTNP STP NHI Bandung

Calon peserta yang bisa mendaftarkan SMMPTNP dan SBMPTNP adalah Nasional yang artinya seluruh pelajar dari Sabang hingga Merauke, dan Internasional. Pendaftarannya sendiri dilakukan di situs resmi STP NHI Bandung untuk SMMPTNP, sementara SBMPTNP di situs Kementerian Pariwisata.

STP NHI Bandung menerima mahasiswa baru melalui dua jalur seleksi tersebut. Meskipun untuk SBMPTNP tidak hanya untuk menerima mahasiswa baru STP NHI Bandung, tetapi juga perguruan tinggi pariwisata lainnya dibawah Kementerian Pariwisata.

Proses pembayaran formulir SMMPTNP dilakukan dengan cara setor tunai melalui PORTAL Bank BRI atas nama SPMB PTP KEMENPAR, tanpa perlu menuliskan nomor rekening. Begitu juga berlaku untuk SBMPTNP.

Mengenai program studi, kedua jalur seleksi ini berbeda. Untuk SMMPTNP, calon peserta hanya bisa memilih prodi yang tersedia di STP NHI Bandung. Sedangkan SBMPTNP, dapat memilih jurusan sebanyak 3 pilihan di 6 Perguruan Tinggi Pariwisata Kementerian Pariwisata (PTP Kemenpar).

Untuk lokasi tes SMMPTNP, dilaksanakan di STP NHI Bandung. Sementara SBMPTNP, calon peserta dapat memilih di lokasi PTP Kemenpar terdekat, diantaranya Bandung, Makassar, Palembang, Lombok, Bali dan Medan.

Adapun untuk biaya pendidikan SMMPTNP dan SBMPTNP, keduanya tidak ada perbedaan. Informasi lebih detail bisa langsung kunjungi masing-masing situs resmi, STP NHI Bandung dan Kementerian Pariwisata.

Zaman sekarang serba digital dan memudahkan kita untuk melakukan berbagai hal, salah satunya mendapatkan informasi seputar dunia perkuliahan. Cukup hanya download aplikasi goKampus juga di Google Play Store dan App Store, semua urusan kuliah beres. Mulai dari mudahnya melakukan pendaftaran kuliah, berkesempatan mendapatkan beasiswa dan magang, hingga informasi dana pendidikan, event kampus, dan promo mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like