Sudah selesai dengan kegiatan ospek di kampusmu? Inilah saatnya kamu melepas baju putih abu-abu dan menggantinya dengan warna almamater kampus favoritmu! Tentu saja saat menjadi Mahasiswa Baru (Maba) di kampus, kamu akan menemukan banyak sekali kegiatan yang memaksamu untuk terus beradaptasi dengan keadaan perkuliahan.

Kamu tau gak? Waktu jadi Maba, kamu harus bisa melakukan segala sesuatunya sendiri. Beda banget dengan dunia SMA, saat kuliah kamu akan diajari dan dilatih untuk menjadi mahasiswa yang aktif dalam bidang akademik maupun non-akademik, sehingga sejak awal perkuliahan, kamu akan diperkenalkan dengan banyak sekali kegiatan atau acara kampus yang sedang berjalan!

Nah, supaya kamu gak galau gimana caranya beradaptasi, goKampus akan kasih kamu 4 tips menjadi mahasiswa baru yang kece di kampus. Ini dia!

1. ‘Malu Bertanya Sesat di Jalan’

Kamu pasti tidak asing lagi kan dengan peribahasa ‘malu bertanya sesat di jalan?’ benar banget! Menjadi mahasiswa yang aktif bertanya di kelas merupakan suatu hal positif yang bisa membantu kamu mengasah kemampuan dalam berpikir. Sehingga, kamu akan mudah menjalin pertemanan dengan teman sekelas ataupun dosen. Contohnya, jika kamu bisa bertanya beberapa pertanyaan yang kamu tidak mengerti jawabannya, atau kamu membantu memecahkan sebuah persoalan di mata kuliah itu. Otomatis kamu akan dianggap sebagai Maba kece di kelas!

tips mahasiswa baru

2. Jadi Mahasiswa ‘Kura-Kura’

Mahasiswa ‘Kura-Kura’ artinya mahasiswa yang ‘Kuliah-Rapat-Kuliah-Rapat’. Kamu bakal jadi Maba yang kece nih kalau kamu aktif banget di organisasi yang kamu suka. Jangan cuma selesai kelas langsung pulang ke rumah, sebisa mungkin jadikan dirimu mahasiswa ‘Kura-Kura’, secara tidak langsung kamu akan melatih dirimu bagaimana caranya membagi waktu antara kuliah dan organisasi. Kamu juga akan mendapatkan banyak ilmu dan kesempatan untuk berkontribusi membawa nama baik kampus dalam kegiatan-kegiatan di organisasi kamu.

3. Aktif Media Sosial

Tips menjadi mahasiswa baru yang ketiga adalah memanfaatkan media sosial. Media sosial bukan cuma untuk panjat sosial, tapi ada banyak sekali keuntungan kalau kamu bisa menggunakan media sosial dengan baik saat kuliah. Dengan media sosial, kamu bisa memperluas jaringan dan pertemanan bahkan dengan mahasiswa di universitas lain. Kamu juga bisa berteman dan saling belajar dari satu sama lain. Selain itu, media sosial juga bisa membantu kamu mempertahankan eksistensi di kampus.

Baca Juga: Lebih Baik Mana, Kuliah di PTN atau PTS?

4. Berprestasi di Bidang akademik dan Non-Akademik

Selama kuliah berlangsung, kamu jangan sampai menyia-nyiakan kesempatanmu untuk berprestasi juga dalam bidang non-akademik, ya! Kamu bisa bergabung dengan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang kamu suka. Bukan nggak mungkin loh, untuk berprestasi di bidang akademik, tapi juga eksis di bidang-bidang non-akademik! Yang penting adalah sebagai mahasiswa baru kamu harus berusaha untuk terus beradaptasi dan tumbuh dengan dunia kampusmu sebanyak mungkin! Siapa tahu kedepannya kamu akan menjadi lulusan terbaik di kampus favoritmu.

tips mahasiswa baru

Gimana? Sudah siap menjadi Maba kece favorit di kampusmu? Semoga tips dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like