Mewujudkan impian untuk mengenyam pendidikan tinggi memang tidaklah mudah. Dibutuhkan persiapan yang matang, tidak terkecuali saat daftar kuliah. Sebuah langkah awal untuk menjadi mahasiswa baru. Jadi, sudah siap untuk melangkah sobat?

Persiapan matang harus kamu lakukan ketika melakukan pendaftaran mahasiswa baru. Tanpa itu, jangan berharap kamu dapat menjadi mahasiswa. Karena perlu diketahui juga bahwa persiapan menjadi hal pembeda antara orang sukses dan orang gagal.

Baca Juga: Begini Ternyata Cara Daftar Kuliah Online

Mungkin menganggap sepele akan hal pendaftaran kuliah. Padahal, kalau satu berkas saja tertinggal atau dilewatkan, tentu saja proses pendaftaran akan tertunda dan bahkan tidak menutup kemungkinan gagal.

Jika gagal, yang merasa rugi tentu saja diri kamu sendiri. Impian kamu untuk mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi harus tertunda setidaknya hingga tahun depan saat pendaftaran mahasiswa baru kembali dibuka.

Untuk menghindari proses belajar mengajar di jenjang yang lebih tinggi tertunda hanya karena tidak teliti dalam proses pendaftaran, berikut ini setidaknya 3 kesalahan yang sering dilakukan saat daftar kuliah.

1. Menunda-nunda

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh para calon mahasiswa ketika daftar kuliah adalah menunda-nunda. Tenggat waktu pendaftaran mahasiswa baru yang masih cukup lama, membuat kamu menunda untuk mulai mengerjakannya. Ini menjadi penyakit yang tidak hanya dialami oleh satu calon mahasiswa, tapi lebih.

Layaknya sebuah penyakit, tentunya memiliki obat penawarnya. Salah satu cara untuk terhindar dari rasa malas dalam mulai mengerjakan adalah pahami apa dampak yang akan dirasakan. Sebagai contoh, jika kamu menunda-nunda pendaftaran kuliah, maka kamu bisa saja tidak bisa mendaftar karena berbagai alasan, seperti kurangnya berkas hingga server down.

Perlu diketahui bahwa di era modern ini segala hal menjadi lebih mudah dan efisien untuk dilakukan, termasuk daftar kuliah. Proses awal dari serangkaian seleksi penerimaan mahasiswa baru ini sudah bisa dilakukan secara online. Namun tidak semua universitas menyediakan fitur tersebut.

Kemudahan tersebut ternyata membuat para calon mahasiswa kembali menunda-nunda untuk mulai daftar kuliah. Alasannya selain tenggat waktu masih cukup lama, pendaftaran bisa dilakukan hanya melalui laptop, komputer maupun smartphone.

Semua berkas sudah lengkap hanya tinggal submit pada website resmi pendaftaran. Tapi apa yang terjadi, server mengalami gangguan yang diakibatkan karena banyaknya orang yang mengakses website tersebut. Hasilnya, proses submit tidak bisa dilakukan dan itu artinya pendaftaran gagal.

2. Ikut-ikutan

Selain menunda-nunda, kesalahan berikutnya dalam proses daftar kuliah adalah ikut-ikutan. Dalam hal ini, kamu tidak mengetahui tujuan yang sebenarnya kenapa kamu daftar kuliah. Hanya ikut-ikutan teman saja.

Padahal, yang akan menjalani masa perkuliahan adalah diri kamu sendiri, bukan orang lain. Masa depan kamu ada ditangan kamu sendiri, bukan orang lain. Kesuksesan kamu juga begitu, bukan ditangan orang lain.

Untuk menghindari kesalahan yang satu ini, ketahuilah diri kamu sebenarnya. Tanyakan kepada keluarga tentang diri kamu, begitu juga kepada teman. Selain itu, kamu bisa pergi ke suatu tempat yang tenang untuk merenung, sebenarnya kamu ingin menjadi apa di masa depan.

3. Asal-asalan

Dan kesalahan terakhir yang seringkali dilakukan oleh para calon mahasiswa adalah asal-asalan. Dalam hal ini asal-asalan memilih kampus yang akan menjadi tempat belajar dan jurusan kuliah. Tidak sedikit yang ketika ditengah jalan-semester 3 atau 4- bilang “aku salah jurusan” atau “kayanya aku salah masuk kampus”.

Perkataan-perkataan seperti itu sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua. Dan parahnya lagi bahwa akan ada yang mengalami hal tersebut di masa-masa mendatang. Jika dibiarkan terus, tentu menjadi sebuah penyakit “mematikan”.

Untuk itu, pastikan bahwa kamu sudah tepat baik dalam memilih perguruan tinggi tujuan termasuk juga jurusan kuliah. Cari tahu tentang minat dan bakat diri kamu. Pertimbangkan juga peluang di masa depan.

Tiga kesalahan umum tersebut tidak akan kamu alami ketika daftar kuliah melalui aplikasi goKampus. Aplikasi yang telah tersedia di Google Play Store dan App Store ini dipastikan membuat segala urusan kampus kamu beres. Tidak hanya urusan daftar kuliah, tetapi kamu juga bisa berkesempatan mendapatkan beasiswa. Selain itu, kamu bisa juga untuk mengajukan dana pendidikan, mendapatkan informasi magang. Hingga membuat acara kampus kamu semakin banyak pengunjung, karena dibantu untuk dipromosikan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like