Perkembangan industri pariwisata dunia mengalami peningkatan secara signifikan. Indonesia termasuk negara dengan kontribusi tertinggi dalam peningkatan angka tersebut. Tidak heran, kebutuhan tenaga kerja di bidang pariwisata juga meningkat. Tidak hanya di luar negeri, tapi juga dalam negeri.

Sekolah Tinggi Pariwisata NHI (National Hotel Institute) Bandung menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang telah berhasil menghadirkan para tenaga kerja di bidang pariwisata yang berkualitas sekaligus menjadi aset nasional.

Baca Juga: Jurusan Perjalanan di STP NHI Bandung

Mengenai aset nasional tersebut, tidak terlepas dari status STP NHI Bandung itu sendiri. Perlu diketahui bahwa perguruan tinggi ini berada dibawah naungan Kementerian Pariwisata, namun secara teknis akademis tetap dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

STP NHI Bandung menyelenggarakan program pendidikan dari jenjang Diploma III (D3), Diploma IV (D4), Strata 1 (S1) dan Magister Manajemen Pariwisata (S2), dengan beragam jurusan kuliah yang disediakan. Salah satunya adalah jurusan Hospitaliti.

Jurusan Hospitaliti di Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung terdiri dari beberapa program studi. Diantaranya, Studi Akomodasi & Katering (SAK), D4 Administrasi Hotel (ADH), D3 Manajemen Divisi Kamar (MDK), D3 Manajemen Tata Hidang (MTH). Dan Manajemen Tata Boga (MTB) dengan ada pilihan tambahan yakni Manajemen Tata Boga Kelas Internasional (MTBI), serta Manajemen Patiseri (MPI).

S1 Studi Akomodasi & Katering (SAK)

Program S1 Studi Akomodasi & Katering (SAK) mempelajari ilmu kepariwisataan, khususnya di bidang akomodasi dan katering. Tujuannya untuk melahirkan lulusan yang berkompeten dalam mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian dan diseminasi.

Masa kuliah program SAK ini berlangsung 8 semester dengan maksimal 7 tahun. Beban studinya sendiri sebanyak 150 SKS (Satuan Kredit Semester). Dan untuk sebutan lulusannya adalah Sarjana Pariwisata (S.Par). Adapun mengenai akreditasi dari program ini adalah A.

Lulusan program S1 SAK dapat bekerja sebagai birokrat di industri pariwisata. Selain itu, juga bisa sebagai teknokrat atau perancang, peneliti, administrator, akademisi, dan entrepreneur di bidang dan bisnis hospitalitas.

D4 Administrasi Hotel (ADH)

Program D4 Administrasi Hotel bertujuan untuk menghadirkan para lulusan yang memiliki kemampuan konseptual dalam mengelola usaha perhotelan, berkualitas, dan mampu berkompetisi secara global.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah menetapkan D4 ADH dengan akreditasi A. Dan untuk masa kuliah program ini berlangsung selama 8 semester dengan beban studi sebanyak 154 SKS. Sarjana Sain Terapan Pariwisata (S.Tr.Par) menjadi sebutan dari lulusan D4 ADH.

D3 Manajemen Divisi Kamar (MDK)

Tujuan program pendidikan D3 Manajemen Divisi Kamar (MDK) ini untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan kompeten dalam mensupervisi operasional pada bagian Divisi Kamar.

Profil lulusan D3 MDK diantaranya adalah sebagai Housekeeping Supervisor dan Front Office Supervisor. Dan sebutan yang diberikan untuk lulusan program ini adalah Ahli Madya Pariwisata (A.Mad. Par). Adapun mengenai masa kuliah program D3 MDK adalah 6 semester dengan beban studi sebanyak 117 SKS.

D3 Manajemen Tata Hidang (MTH)

Program D3 Manajemen Tata Hidang (MTH) bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkompetensi pada hal mensupervisi usaha di bagian penyajian makanan dan minuman. Lulusan dari program ini adalah Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Waktu kuliah yang ditempuh pada program ini adalah 6 semester dengan hanya diberi beban studi sebanyak 114 SKS. Adapun profil para lulusan program D3 MTH adalah restaurant supervisor atau head waiter dan bartender.

D3 Manajemen Tata Boga (MTB)

Program studi D3 Manajemen Tata Boga (MTB) mempelajari tentang ilmu kepariwisataan khususnya di bidang makanan dan minuman. Tujuan dari program ini untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, bermutu handal, dan mampu bersaing di era global.

Akreditasi A telah ditetapkan oleh BAN-PT untuk program MTB, dengan masa kuliah berlangsung 6 semester. Adapun beban studinya sebanyak 120 SKS, dan lulusannya disebut Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

D3 Manejemen Patiseri (MPI)

Tujuan dari program D3 Manajemen Patiseri (MPI) ini adalah menghasilkan lulusan berkompeten dalam hal pengelolaan di pariwisata, khususnya bidang pastry dan bakery. Lulusan program ini disebut Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Beban studi yang diberikan pada program D3 MPI sebanyak 120 SKS dengan masa studi berlangsung 6 semester. Untuk akreditasi program ini adalah A.

Dapatkan kesempatan untuk meraih beasiswa kuliah sampai 20 juta per semester hanya dengan download goKampus di Google Play Store dan App Store! Bukan hanya berkesempatan kuliah gratis, urusan kampus kamu jadi lebih mudah berkat aplikasi ini. Informasi seputar dunia perkuliahan juga disajikan secara menarik. Mulai dari pendaftaran kuliah, dana pendidikan, magang, hingga event kampus, dan promo mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like