prospek kerja kehutanan
Kategori Kelas

Prospek Kerja Jurusan Kehutanan, Lengkap Dan Seru Banget!

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil alam. Salah satu alasannya adalah masih banyak hutan belantara di negara kita tercinta. Meski terus menyusut, luas hutan di Indonesia masih mencapai lebih dari 100 juta hektare, loh! Artinya, prospek kerja di bidang kehutanan cukup cerah nih.

Yang harus kamu ketahui, lulusan kehutanan akan memiliki gelar Sarjana Kehutanan dan nantinya mampu bekerja sebagai manajer, fasilitator, wirausaha, dan pengelola lahan. Tempat kerjanya di mana? Tenang, gak harus di hutan rimba kok.

Prospek Kerja Lulusan Kehutanan Bisa Jadi Pengusaha

Kamu tahu gak kalau Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merupakan lulusan Jurusan Kehutanan di Universitas Gadjah Mada? Apa artinya lulusan kehutanan bisa jadi presiden? Bisa saja. Tapi, kamu harus ingat kalau sebelum jadi politisi, Jokowi adalah seorang pengusaha mebel.

Setelah lulus dari UGM pada 1985, beliau jadi pengusaha mebel kayu. Bahkan, bisa berjualan mebel hingga ke Eropa. Jokowi memanfaatkan ilmu yang didapatnya dari Jurusan Kehutanan, seperti struktur kayu, pemanfaatan kayu, dan teknologi pengolah kayu.

Selain pengusaha mebel seperti Jokowi, kamu juga bisa menjadi pengusaha dalam bidang ekowisata setelah lulus. Kamu bisa banget bikin hutan yang instagrammable, sekalian menanamkan cinta lingkungan pada generasi muda.

Baca Juga: Bukan Cuma Pengusaha, Lulusan Fakultas Kehutanan UGM Bisa Jadi Presiden!

Asisten Sipil Negara

Ingin hidup aman dan nyaman sebagai abdi negara setelah lulus dari Jurusan Kehutanan? Bisa banget! Ada beberapa institusi pemerintahan yang menampung para lulusan Jurusan Kehutanan, antara lain Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BPN, Kementerian Keuangan, Bappenas, Konsultan, dan berbagai dinas-dinas di pemerintahan daerah (Dishut, BAPPEDA, BLHD, dan sebagainya).

Pegawai Bidang BUMN Dan Swasta

Banyak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memerlukan tenaga kerja dari Jurusan Kehutanan, misalnya Perhutani (Perusahaan Umum Kehutanan Negara), Inhutani, dan Perkebunan Nusantara.

Untuk sektor swasta, kamu bisa bekerja di sektor industri sebagai konsultan kehutanan, konsultan lingkungan, manajemen hutan, manajemen satwa liar, pemetaan hutan, ahli konservasi hutan, dan sebagainya.

Lembaga Swadaya Masyarakat

Kondisi hutan di Indonesia bisa terbilang kritis. Lahan semakin sempit karena ulah oknum tidak bertanggung jawab yang merusak hutan. Nah, kalau kamu memiliki jiwa peduli lingkungan yang tinggi, kamu bisa menjadi relawan di berbagai LSM, baik sebagai pendamping atau fasilitator masyarakat lokal. Seru kan!

Lembaga Penelitian Dan Tenaga Pendidik

Bagi kamu yang haus ilmu, kamu bisa menjadi peneliti bidang kehutanan di berbagai lembaga penelitian seperti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) atau di lembaga penelitian internasional.

Nah, seru kan prospek kerja Jurusan Kehutanan? Kalau kamu tertarik, kamu bisa mencari berbagai artikel menarik mengenai Jurusan Kehutanan atau mencari jurusan lain di goKampus. Yuk, jelajahi minat belajarmu! Klik linknya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *