industri kreatif
Kategori Kelas

Tertarik dengan Industri Kreatif? Inilah Jurusan yang Bisa Kamu Ambil

Saat ini, industri kreatif tengah maju pesat. Mungkin, beberapa dari kamu ada yang tertarik untuk terjun ke industri kreatif melalui berbagai subsektor. Yuk, cek pilihan jurusan bagi kamu yang tertarik dengan industri kreatif! Apa saja sih?

Jurusan yang Berhubungan dengan Industri Kreatif

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Lulusan jurusan yang sering disingkat jadi DKV ini punya peluang kerja yang luas di industri kreatif, mulai dari agensi perikanan, pengembang web, start-up, konsultan bahkan bisa bekerja mandiri sebagai pekerja lepas (freelancer). 

Kamu akan mempelajari cara menyampaikan pesan dan mempersuasi penerima pesan dengan menggunakan bahasa rupa (desain) jika mengambil jurusan ini. Hal ini adalah salah satu faktor yang paling penting dalam industri kreatif.

Seperti namanya, kamu akan mempelajari gabungan antara komunikasi dengan unsur visual melalui estetika desain. Kamu akan bisa menciptakan karya, seperti poster, logo, ilustrasi, fotografi, videografi, animasi, desain web dan sebagainya. Tentu saja, saat mengambil jurusan DKV, kamu akan melakukan praktik. 

2. Ilmu Komunikasi

Jurusan yang satu ini sangat erat kaitannya dengan industri kreatif. Kamu akan mempelajari berbagai aspek komunikasi, seperti public speaking, menulis berita, teknik wawancara, fotografi, membuat iklan, film dan sebagainya. 

Jurusan ini juga memiliki berbagai macam ilmu turunan yang erat kaitannya dengan industri kreatif, seperti Public Relation (PR), Periklanan (Advertising), Jurnalistik dan sebagainya. Itulah sebabnya lulusan jurusan ini punya prospek kerja sangat luas di industri kreatif.

3. Broadcasting

Tertarik dengan industri penyiaran (broadcasting)? Kamu bisa masuk ke jurusan yang satu ini. Di sini, kamu akan mempelajari cara menciptakan sebuah ide menjadi program untuk diproduksi dan disiarkan pada masyarakat. Nantinya, lulusan jurusan ini gak selalu bakal tampil di layar, tapi juga bisa menjadi kru di balik layar sebuah program. 

4. Televisi dan Film

Ingin menjadi sineas (filmmaker)? Dalam program studi Televisi dan Film, tentu kamu akan mempelajari cara membuat film dan program televisi. Mulai dari menulis skrip, menata kamera, membuat storyboard, menjadi sutradara dan produser hingga menyunting video bakal kamu pelajari lebih detail dalam program studi ini.

Nantinya, lulusan jurusan ini bisa menjadi sineas. Gak hanya sutradara atau produser, tapi juga kru di balik layar sebuah film, mulai dari penata kamera, penata cahaya, penulis skenario, dan sebagainya. Selain itu, kamu bisa bekerja di sektor kreatif lain, seperti periklanan.

5. Seni Rupa

Kalau mengambil jurusan ini, kamu bakal mempelajari sejarah seni rupa serta berbagai teori, sosiologi dan manajemen seni rupa. Tentu saja, kamu akan banyak melakukan praktik untuk menciptakan karya seni, seperti gambar, lukisan, pahatan, patung dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa menjadi peninjau/kritikus/pengulas seni rupa. Hal tersebut juga akan kamu pelajari jika mengambil jurusan ini.

Baca Juga: Kreatif, Sifat yang Berperan Penting dalam Kehidupan Manusia

Itulah berbagai pilihan jurusan untuk kamu yang tertarik dengan industri kreatif. Oh iya, kamu juga bisa loh cari informasi seputar jurusan yang kamu minati atau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Ga percaya? Yuk, cobain di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *