fakultas kehutanan ugm
Kategori Kelas

Bukan Cuma Pengusaha, Lulusan Fakultas Kehutanan UGM Bisa Jadi Presiden!

Kuliah jurusan Kehutanan bisa jadi presiden? Kok, seperti gak nyambung? Jangan salah, hal ini terbukti oleh terpilihnya Presiden RI Joko Widodo. Beliau merupakan lulusan Fakultas Kehutanan di Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta.

Pada 1985, Presiden Jokowi berhasil menyelesaikan pendidikannya di UGM dengan judul skripsi “Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta”.

Sebelum terjun ke dunia politik dan menjabat sebagai Walikota Surakarta, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden, beliau memanfaatkan ilmu selama kuliah di Fakultas Kehutanan UGM sebagai pengusaha mebel di PT. Rakabu. Gak main-main, Jokowi bisa menjual mebel hingga ke Eropa.

Fakultas Kehutanan UGM resmi berdiri pada 1951. Namun di awal berdirinya Fakultas Kehutanan, fakultas ini masih menjadi satu dengan Fakultas Pertanian dengan nama Fakultas Pertanian dan Kehutanan.

Seiring berjalannya waktu, fakultas ini terbagi menjadi tiga, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, dan Fakultas Kehutanan.

Nah, sejak 2010 hingga sekarang, Fakultas Kehutanan UGM sudah menjadi fakultas yang hanya menyediakan satu program studi, yaitu Program Studi Kehutanan (Forestry Study Program).

Dalam program studi ini, kamu bisa memilih satu dari empat peminatan yang tersedia, yaitu Manajemen Hutan, Silvikultur, Teknologi Hasil Hutan, dan Konservasi Sumber Daya Hutan.

Baca Juga: Selamatkan Bumi! Hasil Hutan Jadi Pedoman Lulusan Fakultas Kehutanan

Lulusan Fakultas Kehutanan UGM Bisa Jadi Apa?

Dilansir dari situs resmi Fakultas Kehutanan UGM, jurusan kehutanan diharapkan mampu melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Mengelola ekosistem secara lestari dari aspek ekologi, sosial, ekonomi dan politik.
  • Menguasai konsep teknologi silvikultur intensif yang meliputi pembangunan dan pemeliharaan ekosistem hutan, rekayasa genetika serta tapak tumbuh dan perlindungan hutan.
  • Menguasai dasar dan aplikasi teknologi hasil hutan serta menguasai teknik pelestarian sumber daya hutan untuk melindungi, mengawetkan dan memanfaatkan secara berkelanjutan.

Prospek karier dari lulusan jurusan ini cukup cerah loh. Lulusan jurusan kehutanan bisa bekerja di lembaga pemerintah seperti Kementerian Kehutanan, Kementerian Pertanian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Keuangan, dan bekerja di Pemerintah Daerah (Pemda).

Selain itu, lulusan Jurusan Kehutanan UGM bisa bekerja di berbagai instansi/perusahaan baik itu BUMN ataupun swasta, biro konsultan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), perguruan tinggi, serta lembaga penelitian di bidang industri kehutanan dan perkayuan.

Tentu saja lulusan Kehutanan UGM juga bisa menjadi pengusaha di bidang perkayuan seperti Jokowi dan ujung-ujungnya bisa jadi presiden. Tapi gak semudah itu ya. Kalau kamu punya cita-cita yang tinggi, kamu bisa memilih jurusan apapun. Cari infonya di goKampus ya! Penasaran? Yuk, cari informasinya dengan klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *