peternakan
Kategori Kelas

Kupas Tuntas Jurusan Peternakan, Bukan Cuma Menggembala Sapi!

Apa yang terbayang di kepala jika mendengar seorang temanmu kuliah di Jurusan Peternakan? Mungkin terbayang ia sedang memberi makan sapi, menggiring domba, atau membersihkan kandang ayam sebagai salah satu tugas kuliah. Ya memang tidak sepenuhnya salah sih. 

Mungkin kamu bertanya-tanya, “Ngapain kuliah tinggi-tinggi kalau ujung-ujungnya cuma jadi peternak?” Waduh, salah besar jika kamu menganggap kalau kuliah tersebut hanya bisa berakhir menjadi peternak. Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Prospek Kerja Jurusan Peternakan

Pada umumnya, lulusan peternakan nantinya bisa meningkatkan produktivitas hewan ternak dengan memanfaatkan teknologi dan ilmu manajemen modern. Terus, setelah lulus prospek kerjanya seperti apa? 

Ternyata banyak sekali bidang kerja yang tersedia untuk lulusan jurusan ini. Soalnya, kontribusi lulusan ini sangat berguna untuk masa depan Indonesia yang lebih cerah. 

Oh iya, peternakan juga merupakan penghasil protein hewani –salah satu bahan pangan yang paling dibutuhkan dunia loh. Kalau kamu suka makan soto kambing, ayam geprek, rendang sapi, atau menikmati olahan susu dan keju seperti martabak, cheesecake, dan latte, itu artinya kamu menikmati hasil kerja keras para peternak.

Selain itu, masa depan Indonesia dijamin lebih cerah kalau anak mudanya banyak yang bisa menjadi peternak unggulan atau turut terjun di industri pangan hewani. Apalagi saat ini konsumsi daging sapi dan ayam masyarakat Indonesia masih berada di urutan terendah di antara seluruh negara-negara ASEAN. 

Padahal, protein hewani dari daging merupakan sumber pangan yang sangat baik, terutama untuk masa pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Kurangnya protein hewani bisa menyebabkan pertumbuhan badan dan tingkat kecerdasan anak menjadi lamban. Nah, dengan kuliah di fakultas ini, kamu bisa membantu pemerintah untuk memperbaiki nutrisi generasi muda Indonesia di masa depan.

Jadi, baik industri swasta maupun pemerintah, pasti akan membutuhkan jasa Sarjana Peternakan. Kamu bisa jadi ahli bioteknologi, industri pakan ternak, industri obat hewan, formulator pakan ternak, manajer peternakan, dan industri pengelolaan limbah ternak. 

Contohnya, perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri pengolahan makanan pasti akan membutuhkan lulusan Peternakan untuk memperkuat divisi riset dan pengembangan produk, juga sebagai bagian dari kontrol kualitas dan jaminan mutu. Saat ini juga banyak perusahaan yang bergerak di bidang peternakan, khususnya produksi. Lulusan ini bisa menempati posisi supervisor, manajerial, ataupun operasional.

Selain itu, lulusan jurusan ini juga pastinya bakal siap untuk menjadi wirausaha. Dengan segala ilmu semasa kuliah, mestinya bisa mengerjakan semua yang berhubungan dengan peternakan. 

Kamu gak hanya bisa memilih, merawat, dan mengolah produk hewan ternak, tapi bisa memasarkan produk hewan ternak dan menerapkan ilmu manajemen modern pada peternakanmu. Jika kamu bisa mengaplikasikan ilmu tersebut pada peternakanmu, kamu bisa menjadi pengusaha sukses. Hitung-hitung sekalian membuka lapangan pekerjaan, kan?

Persiapannya Apa Saja?

Untuk masuk Jurusan Peternakan, kamu harus punya dasar Ilmu Pengetahuan Alam yang kuat, terutama untuk pelajaran biologi dan kimia. Kamu juga bisa melengkapi diri dengan dasar-dasar manajerial dan teknik pemasaran sebagai persiapan sebelum masuk jurusan ini. Selain itu, nantinya kemampuan meneliti dan melakukan analisis akan diperlukan selama kuliah.

Belajarnya Apa Sih?

Dalam Jurusan Peternakan kamu akan mempelajari cara beternak, tapi bukan sekadar jadi gembala sapi ya. Kamu bakal mempelajari apa saja yang mesti dilakukan agar hewan ternak memiliki nilai tambah. Mulai dari pemeliharaan, pemasaran, hingga mengembangkan bisnis ternak dari sisi manajemen dan teknologinya. 

Intinya, apa yang kamu pelajari adalah beternak secara canggih dan terstruktur. Sebab, kalau cuma sekadar menggembala sapi sih, orang yang enggak sekolah juga bisa melakukannya, kan?

Kamu akan mempelajari bioteknologi, genetika, nutrisi, teknologi, pengelolaan limbah, manajemen kesehatan ternak, sosiologi pedesaan, ekonomi pembangunan, manajemen usaha ternak, bioteknologi pangan, hingga pengendalian mutu hasil ternak.

Seperti bidang studi lainnya, Jurusan Peternakan terbagi menjadi beberapa peminatan. Umumnya kamu bisa memilih dari Agribisnis Peternakan, Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak, Teknologi Hasil Ternak, atau Sosial Ekonomi Peternakan. Kamu tinggal pilih mau yang mana.

Namanya juga Jurusan Peternakan, tentu saja perkuliahannya enggak sekadar duduk manis di kursi kelas. Kamu akan mempelajari banyak materi yang sifatnya praktik. Misalnya memelihara ayam, belajar cara penetasan telur dan memotong daging ayam. Kamu juga bakal terlibat di lapangan dan belajar langsung ke peternak dan perusahaan peternak di sekitar kampus. Artinya, kamu mesti siap-siap kotor yaaa….

Baca Juga: 3 Alasan Kamu Kuliah di Fakultas Peternakan

Dapat Gelar Dan Kuliah Di Mana?

Kalau kamu menyelesaikan kuliah di salah satu bidang studi pada fakultas peternakan tingkat strata 1 (S-1), kamu akan mendapat gelar Sarjana Peternakan (S.Pt). 

Memang gak semua perguruan tinggi memiliki fakultas peternakan, tapi ada yang tetap memiliki program studi tersebut, meski tergabung di fakultas lain. Misalnya di Universitas Sebelas Maret, program studi peternakan tergabung dalam fakultas pertanian. Meski begitu, gelar kesarjanaan kepada mahasiswanya tetap sama, bukan jadi Sarjana Pertanian (S.P).

Dalam program akademik internasional, Sarjana Peternakan masuk ke dalam Bachelor of Science in Agriculture, karena program studi Animal Husbandry, Farmed Animal Science, dan sejenisnya berada dalam ruang lingkup Agriculture.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang memberikan gelar Sarjana Peternakan adalah sebagai berikut:

  • Institut Pertanian Bogor
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Andalas
  • UNPAD
  • Universitas Jambi
  • Universitas Sam Ratulangi
  • UGM
  • Universitas Hasanuddin
  • Universitas Jenderal Soedirman
  • UNDIP
  • Universitas Muhammadiyak Malang, melalui Fakultas Pertanian Peternakan
  • Universitas Sebelas Maret, melalui Fakultas Pertanian

Nah, itu tadi serba-serbi ilmu peternakan. Gimana, kamu sudah yakin untuk kuliah di jurusan ini? Semua informasi tentang kuliah jurusan apapun bisa kamu cari di goKampus! Yuk, langsung cari tahu, klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *