pertanyaan seputar snmptn
goKampus Tips Belajar Upskill

Asing Di Telinga?Kenali Penjelasan Jurusan Aktuaria

Jurusan aktuaria di Indonesia merupakan salah satu jurusan yang cukup terkenal loh. Meskipun kamu mungkin masih bingung dengan jurusan ini, tapi jurusan aktuaria masuk ke dalam jurusan saintek karena kamu akan belajar lebih banyak mengenai matematika. Jadi, kalau kamu anak yang suka hitung-hitungan, kuliah di jurusan aktuaria cocok banget buat kamu nih. Simak penjelasan lebih lengkap mengenai jurusan aktuaria yuk!

Apa Itu Jurusan Aktuaria?

Jurusan Aktuaria mempelajari bidang matematika yang kerap kali disebut sebagai matematika asuransi. Nah, ilmu aktuaria sendiri adalah ilmu tentang asuransi atau pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan mendatang.

Mahasiswa Aktuaria akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer dengan tujuan akhirnya nanti para mahasiswa bisa memiliki keahlian praktis dalam bidang administrasi asuransi dan aktuaria serta keahlian dalam profesi perencanaan keuangan personal.

Meskipun bisa dibilang jurusan ini termasuk baru di Indonesia, namun peluang kerjanya bisa dibilang terkenal cukup besar loh di Indonesia. Kira-kira prospek kerja jurusan aktuaria apa aja ya?

1. Aktuaris 

Yang pertama adalah kamu bisa berkarir menjadi seorang aktuaris. Aktuaris ini adalah orang yang bertugas untuk menyelesaikan persoalan bisnis suatu perusahaan yang berhubungan dengan analisa kejadian di masa mendatang dengan menggunakan ilmu keuangan dan statistik.

Umumnya, aktuaris akan bekerja di industri keuangan dan kamu bisa bekerja di lembaga keuangan loh. Gaji yang didapatkan oleh seorang aktuaris yaitu Rp 4,000,000 hingga Rp 7,000,000.

2. Surveyor Resiko Akuntansi

Yang kedua, kamu bisa menjadi seorang surveyor resiko akuntansi. Ini adalah profesi di mana kamu akan menjadi seorang ahli untuk memberikan opini atas kondisi fisik dan risiko objek tertentu. 

Tugas seorang surveyor risiko akuntansi di antaranya adalah melakukan survey pada objek yang akan diasuransikan. Kamu menilai dan memberikan opini terkait risiko dari objek yang Kamu survey tersebut. Kisaran gaji yang didapatkan seorang surveyor resiko akuntansi tergolong lumayan, yaitu sekitar Rp. 3.000.000 hingga Rp.6.000.000.

3. Konsultan Keuangan

Prospek kerja jurusan aktuaria yang selanjutnya adalah kamu bisa bekerja menjadi seorang konsultan keuangan atau financial advisor. Ilmu aktuaria yang kamu miliki akan membuat kamu menjadi ahli untuk menjadi seorang konsultan keuangan yang memberi masukan mengenai keuangan dan finansial, baik untuk pribadi maupun perusahaan.

Sebagai lulusan jurusan aktuaria, Kamu memiliki kemampuan untuk mengukur risiko keuangan. Jika Kamu menggunakan kemampuan ini sebagai karir untuk menjadi konsultan keuangan, Kamu akan mampu menghitung risiko keuangan klien kamu. Kisaran gaji yang didapatkan seorang konsultan keuangan adalah Rp.4.500.000 hingga Rp.8.000.000.

4. Analis Investasi

Prospek kerja jurusan aktuaria yang selanjutnya adalah kamu bisa bekerja menjadi seorang analis investasi. Kamu akan bertugas melakukan riset dan analisa terkait performa perusahaan dan kondisi pasar saat ini. Analisa yang kamu lakukan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan terkait investasi, baik itu keputusan yang diambil oleh pengelola dana investasi, pedagang, maupun pialang saham. Kisaran gaji yang didapatkan seorang analis investasi adalah Rp.4.000.000 hingga Rp.8.000.000.

5. Perencana Keuangan

Prospek kerja jurusan aktuaria yang selanjutnya adalah menjadi seorang perencana keuangan. Perencana keuangan merupakan pekerjaan yang banyak dibutuhkan saat ini untuk membantu individu atau keluarga dalam menyiapkan perencanaan keuangan mereka mulai dari jangka pendek hingga panjang. Gaji yang didapatkan seorang perencana keuangan cukup tinggi, yaitu sekitar Rp.8.000.000.

Baca Juga: Simak 8 Prospek Kerja Teknik Kimia Cocok Untukmu!

6. Pemeriksa Klaim Asuransi

Yang keenam, Kamu bisa berkarir menjadi seorang pemeriksa klaim asuransi. Tugas seorang pemeriksa klaim asuransi adalah untuk mengulas klaim-klaim asuransi para klien yang telah lunas untuk memastikan pelunasan dan pembayaran tersebut telah sesuai dengan prosedur perusahaan. Banyak peserta asuransi yang tidak paham dengan polis asuransi yang mereka beli. Akibatnya, mereka juga kesulitan ketika ingin mengajukan klaim asuransi. Kisaran gaji yang didapatkan seorang pemeriksa klaim asuransi adalah mulai Rp.3.000.000 hingga Rp.5.000.000.

7. Penaksir Akuntansi

Yang ketujuh, Kamu bisa menjadi seorang penaksir akuntansi. Penaksir akuntansi adalah pekerjaan dimana Kamu akan mendapat tugas untuk menentukan nilai sesungguhnya dari suatu barang atau jasa untuk kepentingan perusahaan.Kisaran gaji yang didapatkan seorang penaksir akuntansi adalah Rp.5.000.000.

8. Manajer Investasi

Selanjutnya, kamu juga bisa menjadi seorang manajer investasi. Tugas dan tanggung jawab seorang manajer investasi adalah untuk mengelola portofolio para nasabah dan juga portofolio investasi kolektif untuk para nasabah. Untuk menjadi manajer investasi, Kamu harus memiliki pengetahuan investasi yang bagus dan juga lulus sertifikat keahlian yang dibutuhkan. Kisaran gaji yang didapatkan oleh seorang manajer investasi adalah mulai Rp.5.000.000 hingga Rp.10.000.000.

9. Analis Keuangan

Selanjutnya, kamu bisa berkarir menjadi seorang analis keuangan. Sebagai seorang analis keuangan, Kamu akan bertugas untuk menilai peluang, stabilitas, serta prospek dari suatu usaha atau proyek dari segi keuangan. Kisaran gaji yang didapatkan oleh seorang analis keuangan adalah Rp.4.000.000 hingga Rp.7.000.000.

9. Pengusaha

Yang terakhir kamu bisa bekerja sebagai seorang pengusaha. Sebagai seorang lulusan ilmu aktuaria, Kamu tentu memiliki ilmu mengenai cara menganalisa resiko dan keuangan dari suatu bisnis. Ini membuat kamu bisa menjadi pengusaha dan menjalankan bisnismu sendiri. Gaji yang Kamu dapatkan tergantung dari omset penjualan yang Kamu dapatkan.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

1. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

2. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

3. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

4. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa cari tau tentang jurusan aktuaria di Universitas Pelita Harapan dan President University loh. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *