macam-macam psikologi
goKampus Tips Belajar Upskill

Melihat Seluk Beluk Ketentuan UTBK 2021

Udah masuk tahun 2021 nih! Saatnya kamu bersiap-siap untuk melanjutkan pendidikan di dunia perkuliahan! Sebagai lulusan SMA, kamu pasti sering banget denger yang namanya SNMPTN, SBMPTN, UTBK, jalur mandiri dan istilah-istilah sejenisnya.

Nah, buat kamu yang masih kebingungan dan belum terlalu paham mengenai istilah-istilah tersebut, goKampus bakal bahas satu dulu di artikel ini yaitu UTBK 2021! Apa sih UTBK 2021 itu dan bagaimana kelompok pembagiannya? Yuk kita bahas sama-sama!

A. Apa sih UTBK itu?

UTBK merupakan singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer yang merupakan ujian atau tes seleksi yang kamu ambil untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri. Untuk mengikuti UTBK pun berarti kamu akan menempuh ujian menggunakan komputer bukan kertas lembar jawaban dan pensil.

UTBK 2021 pun baru diresmikan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi)  saat 2018 dan mulai dilaksanakan pada 2019 yang juga mengelola pendaftaran, penjadwalan, hingga pengumuman hasil ujian.

B. Apa saja pilihan mata ujian UTBK?

Untuk pilihan mata ujian UTBK 2021 terbagi menjadi tiga kelompok yaitu Soshum, Saintek, dan campuran. Saintek merupakan kepanjangan dari Sains dan Teknologi yang biasa dikenal dengan kelompok IPA, dan beberapa contoh jurusan yang ada di kelompok Saintek yaitu Kedokteran, Teknik, Farmasi, Kimia, Matematika, dan Fisika.

Soshum merupakan singkatan dari Sosial dan Humaniora yang biasa dikenal dengan kelompok IPS, dan contoh jurusan yang terdapat di kelompok Soshum adalah jurusan Ekonomi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Sastra, dan Hubungan Internasional.

Untuk kelompok campuran merupakan gabungan antara kelompok Saintek dan Soshum. Misalnya saja seperti di SBMPTN nanti kamu akan memilih pilihan pertama di jurusan Kedokteran dan pilihan kedua ada di jurusan Akuntansi, maka kamu harus mengambil kelompok campuran.

Baca Juga : Apa itu Tes Potensi Skolastik Buat UTBK?

Buat kamu yang masih bingung gimana menentukan kelompok-kelompoknya.  Ada beberapa cara yang mesti kamu ketahui ya, yaitu:

1. Tata Cara dan Ketentuan Memilih Kelompok

Seperti yang kamu tahu untuk memasuki dunia perkuliahan nantinya akan dibagi menjadi dua kelompok, ada yang studi IPA (Saintek) dan studi IPS (soshum). Saintek sendiri merupakan singkatan dari sains dan teknologi.

Biasanya, hanya siswa yang berasal dari jurusan IPA yang diperbolehkan untuk mengambil peminatan studi ini. Sedangkan untuk kelompok Soshum adalah singkatan dari sosial dan humaniora. Dan ini hanya diperuntukkan untuk mengambil jurusan pada kelompok IPS.

2. Apa aja materi yang diujikan pada kelompok jurusan tersebut?

Untuk Kelompok saintek, ada beberapa materi yang sering diujikan dalam kelompok saintek ini, antara lain adalah Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia. 

Sedangkan untuk kelompok Soshum, materi yang diujikan terkait dengan pelajaran yang dipelajari di jurusan IPS, antara lain adalah Matematika Soshum, Ekonomi, Geografi, Sejarah, Sosiologi, Sejarah, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Dan untuk kelompok campuran, materi yang akan diujikan adalah campuran dari Saintek dan Soshum.

3. Jurusan apa saja yang masuk ke dalam Saintek dan Soshum?

Pastinya gak oke kan rasanya kalau membahas Saintek dan Soshum tanpa kamu mengetahui mengetahui apa aja sih jurusan yang termasuk pada kedua kelompok studi tersebut. 

a) Kelompok Soshum

Jurusan yang masuk ke dalam kelompok studi ini adalah

  1. Ilmu Ekonomi

Jurusan ekonomi tentu dibutuhkan oleh semua perusahaan karena semua perusahaan pasti akan melakukan kegiatan perekonomian untuk mendapatkan berbagai keuntungan.

Nah, sebagai lulusan ekonomi nih untuk soal peluang karir kamu sudah pasti sangat besar dan terjamin loh! Gak hanya bisa kerja di perusahaan aja, tapi kamu juga bisa membuka jasa sendiri yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Bisa dikatakan deh bahwa pekerjaan dari lulusan ekonomi sangat bervariasi dan peminatnya akan selalu meningkat.

  1. Akuntansi

Di fakultas akuntansi kamu akan mempelajari materi yang terkait dengan metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang berguna membantu perusahaan mengambil sebuah keputusan nih.

Nah, selama 4 tahun kamu akan belajar dasar-dasar membuat laporan keuangan seperti dari bagaimana caranya membuat laporan keuangan yang sesuai sama standar masing-masing perusahaan, melakukan analisis laporan keuangan, menilai standar kelayakan usaha melalui laporan keuangan, bahkan kamu bisa menerawang dan menilai prospek kedepannya. 

  1. Manajemen

Buat kamu yang pengen jadi entrepreneur atau pebisnis sukses? Jurusan bisnis dan manajemen ini cocok banget buat kamu yang suka banget belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, wirausaha dan lain-lainnya, kamu bisa menekuni jurusan bisnis dan manajemen. Selain itu, kamu bisa merintis karir di banyak bidang nih seperti analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis, dan masih banyak lagi.

  1. Ilmu Politik

Ilmu politik adalah bidang yang sangat menarik untuk ditekuni, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti sosiologi, antropologi, Hak Asasi Manusia (HAM), bahkan kamu akan mendalami sistem politik luar negeri loh!

Meskipun terdengar berat, tapi peluang karir yang ada di jurusan ilmu politik ini gak hanya membawa kamu jadi politikus aja, tapi kamu bisa mengembangkan minat dan bakat kamu menjadi analisis politik, dosen, peneliti, pengamat politik, bahkan berkarya di bidang lain seperti ekonomi dan bisnis.

  1. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan yang juga bisa dianggap paling menjanjikan di masa depan, karena Ilmu Komunikasi sangat dibutuhkan oleh perusahaan khususnya di industri kreatif.

Jurusan Ilmu Komunikasi juga memiliki beberapa cabang ilmu seperti jurnalistik ataupun public relations yang dimana akan cukup dibutuhkan di masa depan. Dengan munculnya berbagai inovasi di bidang teknologi, maka lulusan jurusan ilmu komunikasi sangat diperlukan dan selalu dibutuhkan oleh pemilik perusahaan.

  1. Hubungan Internasional

Nah, jurusan ini termasuk jurusan kuliah IPS yang paling bergengsi nih! Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain-lainnya. 

Nantinya mahasiswa lulusan Hubungan Internasional biasanya akan banyak bekerja sebagai pejabat, dosen, PNS, jurnalis, dan bahkan mendominasi Kementerian Luar Negeri. Buat kamu yang suka dengan politik luar negeri, bisa nih jurusan HI jadi pilihan utama!

  1. Hukum

Ilmu Hukum merupakan jurusan dengan prospek kerja yang sangat cemerlang dan familiar. Gak heran nih, kalo jurusan ilmu Hukum punya banyak banget peminatnya. 

Di Ilmu Hukum, kamu akan belajar dasar-dasar ilmu hukum seperti hukum pidana dan perdata, hukum pajak, hukum internasional, filsafat hukum, hukum dagang, dan lain-lainnya.

  1. Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia nih. Gak jarang kalau kamu dianggap sebagai cenayang karena kamu bisa membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitar. 

Nah, untuk prospek kerja jurusan psikologi pun bisa beragam, kamu bisa bekerja sebagai HRD, peneliti, maupun jadi psikolog loh!

  1. Sastra

Kalau kamu senang belajar bahasa baru, jurusan sastra adalah pilihan yang cocok untuk jurusan kuliah IPS. Gak cuma belajar bahasa Inggris aja, tapi kamu akan belajar Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Jawa, dan lain sebagainya. 

Kamu tinggal pilih aja sastra mana yang paling sesuai dengan minatmu. Selain itu, jurusan sastra juga memiliki prospek kerja yang luas yang bisa kamu kembangkan di berbagai bidang seperti penerjemah, jurnalis, dosen, bahkan sampai kerja di Kedutaan Besar. Wah.. keren banget kan?

b) Kelompok Saintek UTBK 2021

  1. Kedokteran

Jurusan kuliah terbaik nomor satu adalah program studi kedokteran. Mungkin kamu sudah gak asing lagi kan prodi yang setiap tahun peminatnya selalu saja bertambah.

Di prodi kedokteran ini, kamu akan mempelajari berbagai ilmu medis, tentang memelihara kesehatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit. 

Nah, buat kamu yang mempelajari ilmu kedokteran ini, kamu bisa memahami anatomi, fungsi, dan interaksi yang terjadi di dalam tubuh manusia nih mulai dari otot, indera, saraf, dan bagian-bagian lainnya.

  1. Kedokteran gigi

Jurusan ini juga banyak banget diminati oleh para mahasiswa yang ingin mengambil jurusan kedokteran gigi loh. Pada dasarnya, jurusan Kedokteran Gigi mengajak mahasiswanya untuk mempelajari tentang kesehatan oral manusia, mulai dari daerah gigi dan mulut, hingga cara menangani dan mengobati permasalahan yang ada di area tersebut.

Selain mempelajari tentang kesehatan gigi, kamu juga akan mempelajari tentang estetika gigi dan mulut.

  1. Kedokteran hewan

Jurusan Kedokteran Hewan mempelajari semua jenis tentang pengobatan dan pencegahan penyakit yang terjadi pada hewan ternak dan berbagai hewan lainnya. Kalau kamu adalah seorang mahasiswa dari jurusan Kedokteran Hewan, kamu akan mempelajari hubungan antara hewan dan masyarakat.

Kamu juga mendalami ilmu tentang perkembangbiakan hewan, pengelolaan, dan pengolahan produk peternakan.

  1. Farmasi

Farmasi merupakan jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa yang belajar di jurusan Farmasi pasti akan mendalami dan mengenali struktur senyawa obat dan bagaimana cara mengolahnya untuk bisa menjadi bahan yang aman untuk dikonsumsi.

Mahasiswa lulusan Farmasi diharapkan bisa menjadi ahli dalam membuat, meracik, mengidentifikasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang bisa memenuhi standar kualitas.

Biasanya prospek kerja lulusan Farmasi adalah menjadi apoteker, spesialis Kimia, dan lain-lain.

  1. Jurusan Matematika

Saat kamu belajar di jurusan matematika, kamu akan banyak banget menemukan mata kuliah seperti mendalami dasar ilmu matematika, kalkulus, metode numerik, aljabar, dll. Meskipun peminat dari jurusan Matematika ini tergolong sedikit, namun ilmu Matematika ini banyak banget dimanfaatkan di berbagai macam bidang sehingga peluang kerjanya pun sebenarnya sangat luas.

  1. Jurusan Teknik

Jurusan Teknik merupakan sebuah bidang yang mengkombinasikan ilmu dan teknologi untuk bisa menyelesaikan suatu permasalahan. Dan di ilmu Teknik ada banyak sekali cabang-cabang atau bagian yang bisa kamu pilih untuk dipelajari. Beberapa di antaranya adalah Teknik Industri, Teknik Fisika, Teknik Mesin, Teknik Perminyakan, dan lain sebagainya.

  1. Jurusan Kimia

Meskipun kamu mendapatkan banyak sekali pelajaran tentang Kimia di saat SMA, tapi saat di perkuliahan kau akan mendalami lebih banyak ilmu-ilmu Kimia dan mengkajinya secara spesifik loh! Ada banyak juga materi fisika kimia yang mempelajari sifat-sifat zat di lapangan untuk lebih memfokuskan diri pada senyawa organik, protein, dan lain-lainnya.

  1. Jurusan Fisika

Jurusan fisika merupakan bidang ilmu yang fokus untuk mempelajari gejala alam gak hidup (materi) dalam lingkup ruang dan waktu. Belajar fisika secara fundamental dan modern seperti dinamika, gaya elektromagnetik, mekanika kuantum, termodinamika, dan sebagainya.

Cek halaman ini ya untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai UTBK 2021 ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *