bauran pemasaran
Tips Belajar

Peran Penting Bauran Pemasaran dalam Kesuksesan Bisnismu

Sudah mengeluarkan banyak dan melakukan segala cara hingga menyewa ahli untuk menangani bisnis yang kamu jalankan, namun rasanya bisnis yang kamu jalani gak juga ada peningkatan atau perkembangan. Keuntungan dari pendapatan pun terhitung kecil. Kalau sudah begini, ingin menyerah saja rasanya. Jangan khawatir dulu, masih ada cara lain menuju kesuksesan, kok. Mungkin kamu bisa menggunakan atau menerapkan bauran pemasaran atau marketing mix dalam bisnismu. Yuk, ketahui peran pentingnya di artikel ini!

Apa Itu Bauran Pemasaran?

Bauran pemasaran atau marketing mix merupakan strategi pemasaran yang menggabungkan berbagai unsur agar tujuan pemasaran tercapai. Strategi yang bagus sangat berpengaruh dalam keberhasilan bisnis. Dengan menjalankan bauran pemasaran, kamu dapat bersaing secara kompetitif dan mudah beradaptasi dengan kompetitor lain. Selain itu, kamu juga dapat mengunnggulkan kelebihan dan mengetahui serta menangani kekurangan dari bisnismu. Bahkan, kamu juga dapat melakukan kolaborasi dengan pihak mitra. Menurut Kotler dan Amstrong (2013) mengutip dari Buku Ajar Management Pemasaran Bauran, alat pemasaran yang baik meliputi produk, penentuan harga, promosi dan distribusi. Semua itu digabungkan untuk menghasilkan respon yang diinginkan pasar.

Apa Saja Konsep Marketing Mix?

Terdapat beberapa konsep bauran pemasaran atau marketing mix yang bisa kamu aplikasikan dalam bisnismu. Konsep ini terkenal juga dengan sebutan 7P, yaitu products, price, promotions, place, people, process dan physical evidence.

1. Produk (Products)

Terdapat 2 jenis produk yang dapat kamu produksi untuk memenuhi kebutuhan publik atau pelanggan, yaitu barang dan jasa. Pastikan produk yang kamu miliki itu tepat, sesuai dan mampu menjawab permasalahan yang target pasarmu miliki. Kamu juga harus memperhatikan dan menjaga kualitas serta keunikan dari produkmu.

2. Harga (Price)

Harga adalah faktor yang sangat penting dalam pemasaran karena menentukan keuntungan dan kerugian bisnismu. Pelanggan akan merasa puas menggunakan produkmu jika harga yang kamu tawarkan sepadan dengan kualitas yang pelanggan peroleh. Dengan menyesuaikan harga produk sesuai dengan pasar, kamu dapat menciptakan pelanggan setia.

3. Promosi (Promotions)

Ini merupakan salah satu aspek yang penting karena promosi bisnis yang kamu lakukan dapat meningkatkan brand awareness ke publik. Promosi bisnis yang dapat kamu lakukan bisa melalui periklanan, kemitraan, mengikuti event atau bazaar, kerja sama dengan berbagai pihak dan sebagainya. Dengan melakukan promosi, maka kamu dapat menarik dan memperluas pelanggan baru hingga memotivasi pelanggan untuk datang atau membeli produkmu.

4. Tempat (Place)

Tempat atau lokasi bisnis juga sangat berdampak dalam keuntungan bisnis ke depannya. Pilihlah tempat yang strategis dan mudah pelanggan temukan. Toko atau bangunan bisnismu juga harus kamu perhitungkan agar pelanggan betah berlama-lama di tokomu. Karena mudah terjangkau oleh pelanggan dan memiliki suasana yang nyaman, maka jumlah transaksi pun akan meningkat.

5. Orang (People)

Perkembangan bisnis juga ditentukan oleh sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Karena orang-orang inilah yang berhubungan langsung dengan bisnis. Jika performance sumber daya manusia dalam bisnis bagus, maka perusahaan dapat berkembang maju. Begitupun sebaliknya, jika kualitas sumber daya manusia yang dimiliki rendah, maka dapat menyebabkan kemunduran. Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dari sumber daya manusia ini adalah attitude, motivasi dan loyalitas.

6. Proses (Process)

Perusahaanmu harus memiliki proses produksi yang baik untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Proses produksi yang baik juga dapat menekan dan mengoptimalkan biaya produksi yang harus kamu keluarkan. Selain itu, pelanggan juga harus merasa nyaman dalam proses transaksi di bisnismu. Pelayanan yang baik, ramah dan cepat dalam transaksi jual beli juga harus menjadi perhatianmu.

7. Tampilan fisik (Physical evidence)

Produk yang kamu hasilkan, desain bangunan toko, packaging dan sebagainya mampu menarik perhatian pelanggan. Tampilan fisik harus kamu buat kreatif dan semenarik mungkin agar dapat menimbulkan rasa ingin tahu pelanggan. Komponen visual ini juga berperan penting dalam bisnismu. Konsep tampilan fisik ini dapat disebut juga branding.

Baca Juga: Kamu Entrepreneur Muda? Yuk Intip Kunci Sukses Pemasaran!

Itulah peran penting bauran pemasaran atau mix marketing yang dapat kamu terapkan dalam bisnismu. Kalau kamu tertarik menggali informasi lebih jauh seputar mengelola bisnis, kamu bisa loh ikutan kelas online di goKampus! Selain mendapatkan mendapatkan insight menarik dari pengajar yang profesional, kamu juga akan dapat sertifikat dari Nanyang Technological University Singapore. Yuk, ikutan kelasnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *