institut pertanian bogor
Tips Belajar

Fakta Unik! Institut Pertanian Bogor Ternyata Pernah Jadi Bagian Dari Kampus UI

Universitas Indonesia (UI) identik dengan kota Depok, sementara Institut Pertanian Bogor (IPB) sesuai namanya, berlokasi di kota Bogor. Tapi tahukah kamu kalau dulunya IPB merupakan bagian dari UI, tepatnya sebagai Fakultas Pertanian?

Pada 1 September 1963, barulah IPB menjadi sebuah perguruan tinggi mandiri. Peletakkan batu pertamanya dilakukan oleh Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. 

Setahun setelah lepas dari naungan UI, IPB melebarkan sayap dan berkembang menjadi 5 fakultas, yaitu Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan, Fakultas Peternakan dan Fakultas Kehutanan.

Saat ini, IPB memiliki nama internasional IPB University. Sesuai namanya, kampus ini memiliki spesialisasi di Fakultas Pertanian, yang terdiri dari empat bidang studi yaitu Manajemen Sumberdaya Lahan, Agronomi dan Hortikultura, Proteksi Tanaman, dan Arsitektur Lanskap.

Baca Juga: Cek Ini Dulu Sebelum Kamu Kuliah Pertanian

Selain itu, ada Fakultas Teknologi Pertanian yang juga terdiri dari empat bidang studi yaitu Teknik Sipil dan Lingkungan, Teknologi Industri Pertanian, Teknik Pertanian dan Biosistem, serta Ilmu dan Teknologi Pangan.

Di luar dua fakultas tersebut, IPB juga memiliki Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, dan Fakultas Ekologi Manusia.

Banyak Alumni Institut Pertanian Bogor Jadi Tokoh Penting!

Dari berada di bawah bayang-bayang UI, kini IPB menjadi salah satu kampus negeri favorit, bahkan termasuk yang terbaik di Indonesia. Lulusannya banyak yang menjadi orang penting loh! Bahkan, salah satu presiden RI merupakan lulusan IPB yaitu Susilo Bambang Yudhoyono, presiden RI keenam.

Tokoh yang akrab dipanggil SBY itu meraih gelar doktor (Ph.D.) dalam bidang Ekonomi Pertanian dari IPB pada 3 Oktober 2004. Selain beliau, ini beberapa di antara tokoh penting yang merupakan alumni IPB: 

  • Susilo Bambang Yudhoyono, presiden keenam Republik Indonesia
  • Adhyaksa Dault, Menteri Pemuda dan Olahraga RI periode 2004-2009
  • Andung A. Nitimiharja, Menteri Perindustrian Republik Indonesia (2004 – 2005), komisioner PLN
  • Anton Apriantono, Menteri Pertanian Republik Indonesia (2004 – 2009)
  • Bungaran Saragih, Menteri Pertanian Republik Indonesia (2001 – 2004)
  • Nur Mahmudi Ismail, Menteri Kehutanan Republik Indonesia (1999 – 2001), Wali Kota Depok (2005 – 2010)
  • Rokhmin Dahuri, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (2001 – 2004)
  • Siti Nurbaya Bakar, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Kabinet Kerja (2014 – 2019), dan Kabinet Indonesia Maju (2019-2024)
  • Suswono, Menteri Pertanian Republik Indonesia Kabinet Indonesia Bersatu II
  • Taufiq Ismail, penulis dan penyair terkenal Indonesia
  • Zumi Zola, Gubernur Jambi (2016-2021)

Wah, kebayang bakal keren banget kan kalau kamu kuliah di IPB? Apalagi jika kamu tertarik dengan bidang ilmu pertanian atau kehutanan. Cocok banget deh! Yuk, simak informasi apapun tentang kehidupan perkuliahan di goKampus di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *