jurusan keperawatan
Kategori Kelas

Serba-serbi Jurusan Keperawatan yang Perlu Kamu Tahu!

Tahukah kamu kalau tepat pada 12 Mei, dunia memperingati Hari Perawat Internasional? Ngomongin soal perawat nih, salah satu jurusan favorit di bidang kesehatan adalah jurusan keperawatan, loh! Yuk, mengenal serba-serbi jurusan keperawatan, apalagi buat kamu yang mau ambil dan tertarik untuk mengambil kuliah ini!

FYI, jurusan keperawatan menjadi salah satu jurusan populer di kalangan siswa Saintek. Pada SBMPTN 2022, peminat jurusan yang satu ini di Universitas Padjadjaran (Unpad) mencapai 1.796. Begitu juga dengan universitas lain, seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Diponegoro (Undip), jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang ramai peminatnya.

Apa Itu Jurusan Keperawatan?

Mengutip dari web Gramedia, jurusan keperawatan adalah jurusan yang akan menjadikanmu tenaga kesehatan profesional. Fokus jurusan ini ialah bagaimana kamu dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan meningkatkan kualitas hidup pasien. Berbeda dengan dokter, perawat merupakan partner atau mitra dokter dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Ketika ambil jurusan ini, maka kamu harus melalui tahapan pendidikan, seperti dokter. Kamu harus melalui pendidikan profesi hingga pendidikan spesialis. Mengutip dari web Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia, ada beberapa spesialisasi dalam keperawatan, yaitu Keperawatan Komunitas, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Jiwa dan Keperawatan Anak.

Apa Gelar Jurusan Ini?

Jenjang jurusan keperawatan di Indonesia bermacam-macam, mulai dari D3 yang bergelas A.Md.Kep atau Ahli Madya Keperawatan, lalu D4 yang setara S1 dengan gelar S.Tr.Kep atau Sarjana Terapan Keperawatan, sedangkan gelar sarjana jurusan keperawatan adalah Sarjana Keperawatan atau S.Kep. Setelah lulus S1, kamu perlu melanjutkan pendidikan profesi Ners selama 1 tahun.

Kalau kamu lulus pendidikan profesi, akan ada tambahan gelar Ns. di depan namamu dan kalau melanjutkan studi keperawatan ke jenjang S2, kamu akan bergelar Magister Keperawatan atau M.Kep dan yang terakhir adalah jenjang S3 yang akan bergelar Doktor atau Profesor.

Jurusan Keperawatan Belajar Apa Saja?

Tentunya, kamu akan mempelajari banyak hal terkait kesehatan beserta pelayanannya di jurusan keperawatan. Kamu akan mempelajari struktur tubuh manusia lengkap dengan letak, bentuk, ukuran hingga hubungan satu dengan yang lainnya.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari berbagai macam penyakit, obat-obatan, merawat pasien bedah atau operasi, berkomunikasi yang baik dengan pasien hingga melayani kebutuhan mental dan rohani pasien.

Mata kuliah yang akan kamu pelajari pun bermacam-macam, seperti Ilmu Biomedik Dasar, Etika dan Hukum dalam Bidang Kesehatan, Komunikasi Kesehatan, Ilmu Dasar Keperawatan, Keselamatan Pasien, Promosi Kesehatan, Keperawatan Dasar, Teknologi Informasi Keperawatan, Biostatistik, dan Keperawatan Jiwa.

Kamu juga akan belajar tentang Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Keluarga dan Komunitas, Keperawatan Transkultural, Keperawatan Kritis dan Gawat Darurat dan sebagainya. Di jurusan ini, kamu akan menjumpai banyak praktikum yang menarik. Pasti seru banget, deh!

Universitas yang Ada Jurusan Ini

Jurusan ilmu keperawatan sudah banyak tersebar di berbagai universitas di Indonesia, loh. Berikut beberapa universitas di Indonesia yang memiliki jurusan yang satu ini!

  1. Universitas Indonesia
  2. UGM Yogyakarta
  3. Universitas Diponegoro
  4. Unpad Bandung
  5. Universitas Brawijaya
  6. Unair Surabaya
  7. Universitas Pelita Harapan
  8. Unhas Makassar
  9. Universitas Riau
  10. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Baca Juga: Daftar Universitas Dengan Jurusan Kesehatan Masyarakat Terbaik Indonesia

Semakin tertarik untuk masuk ke jurusan keperawatan? Kira-kira universitas mana yang akan kamu pilih untuk lanjut kuliah dan ambil jurusan ini?

Oh iya, saat ini banyak loh pekerjaan yang membutuhkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris. Contohnya, kalau kamu bekerja di rumah sakit. Nah, kamu bisa memperlancar bahasa Inggris dengan ikutan kelas secara online.

Yuk, perlancar kemampuan bahasa Inggris kamu terutama jika kamu nantinya tertarik bekerja sebagai perawat di rumah sakit dengan ikutan kelas Cepat Cakap Bahasa Inggris untuk Keperawatan di sini.

Jangan lupa pakai kode voucher GOCAKAP untuk dapat diskon hingga Rp30 ribu untuk pembelian kelas minimal Rp250 ribu. Psst, kode voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk lebih dari 1 kelas, loh. Buruan upgrade kemampuan bahasamu sekarang atau explore kelas Cakap lainnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *