Menjalani kuliah online selama masa pandemi ini memang gak mudah, kamu secara mendadak dipaksa untuk mengubah gaya perkuliahanmu dari offline menjadi online. Pasti kebayang banget kan dari yang tiap hari bisa ketemu teman-teman di kampus sekarang harus kuliah di rumah sendirian. Tapi, ada banyak tips loh untuk membuat kuliah online-mu tidak membosankan dan berjalan lancar. Penasaran? Nih, goKampus kasih kamu tips-tips kuliah online selama pandemi agar menyenangkan!

1. Susun jadwal kuliah secara rapi

Memulai kuliah online memang harus butuh waktu untuk menyesuaikan diri dulu nih sama metode pembelajarannya. Kalo waktu kuliah offline, kamu bisa mengikuti pembelajaran secara tatap muka dan terkesan lebih santai karena kamu gak perlu on time banget di kelas. Tapi beda dengan kuliah online, saat kuliah online kamu harus menyusun jadwal kuliah secara rapi dan teratur, hal ini akan membantu kamu untuk bisa fokus mengikuti kuliah.

2. Kerjain tugas-tugas sesuai deadline yang ditentukan

Perbedaan kuliah online dan offline yang paling terlihat adalah dari cara pengumpulan tugasnya juga nih guys… Kamu wajib banget untuk mencatat kapan aja deadline pengumpulan tugas yang diberikan oleh dosen. Karena semua sistem tercatat secara online, jadinya gak ada toleransi lagi nih kalo kamu telat ngumpulin tugas.

Baca Juga : 4 Manfaat Menjalin Relasi Dengan Dosen

3. Cari tempat yang membuatmu nyaman di rumah

Tips ketiga ini penting banget guys… Selama kuliah online pastinya kamu hanya akan duduk saja di depan laptop dan mengerjakan tugas-tugasmu, sehingga kamu butuh banget mencari posisi atau lokasi yang nyaman di dalam rumah, seperti di kamar atau di ruang tamu. Kamu juga bisa membuat dan mengubah lingkungan belajarmu sekreatif mungkin. Misalnya saja kamu bisa belajar di taman sambil mendengarkan musik favorit. Dijamin deh kuliah online-mu akan lebih menyenangkan!

4. Catat hal-hal penting selama perkuliahan

Meskipun kamu sedang menjalankan kuliah online bukan berarti kamu bisa tidak menyimak semua materi perkuliahan yang diberikan oleh dosen. Gak cuman itu, kamu juga wajib banget untuk mencatat semua hal-hal penting dalam dalam materi perkuliahan, sehingga kamu masih bisa mendapatkan poin-poin penting selama mata kuliah berlangsung.

tips kuliah online

5. Buat suasana belajar lebih menyenangkan

Buatlah suasana kuliah online menjadi menyenangkan dan bersemangat ya! Sebelum memulai kuliah online kamu bisa menikmati sarapan yang kamu suka untuk membuat pagi harimu bersemangat. Kamu juga harus menanamkan pikiran bahwa kuliah online ini tidak seburuk yang kamu bayangkan sehingga kamu harus mampu untuk melewatinya. Selain itu, di sela-sela jam istirahat kamu bisa melakukan olahraga kecil-kecilan untuk membuat hari-harimu semangat menjalani kuliah online!

Jangan lupa diterapkan ya tips-tips seru biar kuliah online bisa dijalankan secara lebih menyenangkan!  Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like