komunikasi
Kategori Kelas

Pentingnya Kenal Jurusan Komunikasi Sebelum Kuliah

Kamu pasti setuju kalau kehidupan kita sekarang dikelilingi oleh komunikasi kan. Mulai dari pagi hari sampai malam hari, komunikasi selalu berada di sekitar kita. Hal ini juga dianggap menjadi sesuatu yang penting bagi para calon mahasiswa baru yang lebih memilih untuk masuk ke jurusan ilmu komunikasi.

Belajar Gratis: Komunikasi Pemasaran Terintegrasi

Perlu diketahui bahwa sebenarnya kuliah di jurusan ilmu komunikasi bukan hanya sekedar ngomong atau berbicara di depan umum. Jurusan ilmu komunikasi merupakan kurikulum yang kompleks mengenai penyampaian pesan yang efektif. Berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun luar negeri juga selalu menyediakan program studi ilmu komunikasi loh, karena para lulusannya juga cukup dibutuhkan di dunia kerja.

Sebelum membahas bagaimana prospek karir di jurusan ilmu komunikasi, cari tau dulu yuk jurusan ilmu komunikasi belajar apa aja sih? 

1. Berbagai bentuk komunikasi

Biasanya nih selama 8 semester atau empat tahun kamu kuliah di jurusan Ilkom, kamu akan mempelajari segala bentuk komunikasi. Misalnya nih dari komunikasi personal, komunikasi publik, komunikasi organisasi, dan komunikasi massa.

Biasanya di setiap mata kuliah ini, kamu akan dituntut banyak presentasi dan pengembangan diri yang bisa disesuaikan dengan teori yang ada.

Kalau mata kuliah komunikasi personal, kamu akan belajar secara mendalam bagaimana sih caranya kamu sebenarnya bisa berkomunikasi dengan diri sendiri dengan tujuan untuk pengembangan pribadi loh.

Kamu akan diajarkan bagaimana caranya kamu mengenali dirimu sendiri, dimulai dari paham tentang keahlianmu, atau kamu bisa kenal dengan pribadimu saat kamu lagi sedih apa yang harus kamu lakukan, dan kalau kamu lagi senang, hal-hal apa saja yang membuat kamu senang. Jadi seru banget deh kita belajar gimana caranya kenal dengan diri sendiri.

Baca Juga: Kode Etik Jurnalistik untuk Jadi Jurnalis Andal

2. Familiar dengan berbagai Media

Perkuliahan di jurusan ilkom ini juga akan mengasah kemampuan kamu berpikir secara out of the box loh! Sehingga, kamu gak jarang nih untuk menyalurkan dan mendapatkan berbagai ide yang cemerlang dan kreatif yang kadang-kadang gak sempat terpikirkan oleh orang lain.

Inilah salah satu kelebihan dari mahasiswa Ilmu Komunikasi, secara gak langsung, kamu akan terbiasa untuk ngobrol dan berdiskusi dengan orang banyak.

Selain itu, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah yang berhubungan dengan media (televisi, radio, majalah/koran, online), seperti kajian media, reportase berita atau penyiaran, penulisan berita, bahkan program kreatif radio.

Nah, gak jarang juga loh kamu akan terlibat di berbagai jenis produksi,entah itu produksi film, produksi iklan, atau mungkin produksi berbagai event.

3. Belajar jadi “Team Leader”

Salah satu hal yang akan kamu latih selama belajar di jurusan ini adalah kamu akan dilatih untuk menjadi pemimpin, karena kamu akan banyak mengerjakan berbagai tugas secara berkelompok, dan bisa jadi kamu akan dipilih untuk memimpin sebuah kelompok, dimulai dari sebelum produksi, saat produksi, dan setelah produksi. Selain itu, anak Ilmu Komunikasi juga selalu disebut bisa up-to-date.

Selain kamu mencari tau apa yang bisa kamu pelajari di jurusan Ilmu Komunikasi, kamu juga butuh tau kira-kira kemampuan dan keahlian apa aja sih yang akan kamu miliki sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, yang pertama adalah kamu akan mendapatkan kemampuan untuk bicara di depan umum, kemampuan dasar fotografi, kemampuan berpikir secara efektif, dan kemampuan untuk memecahkan masalah secara cepat dan benar.

Sebagai lulusan mahasiswa jurusan ini, nanti kamu bisa melanjutkan karirmu di berbagai bidang loh, kamu bisa menjadi reporter di media online ataupun TV, bekerja di periklanan, marketing, copywriter, content writer, dan lain sebagainya.

Mau mulai belajar komunikasi secara gratis di goKampus? Coba cek 3 kelas komunkasi ini:

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *