apa itu IPK
Tips Belajar

Takut Karir Buntu? 5 Tips Persiapkan Karir Sejak Kuliah

Banyak orang yang bilang, permasalahan hidup itu selalu saja muncul dan berkelanjutan. Setiap baru lulus SMA pasti akan selalu di tanya “kamu mau kuliah di mana?”, setelah udah melanjutkan kuliah, ujung-ujungnya akan ditanya “sudah persiapkan karir di masa depan?”, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya gak akan ada habisnya deh guys!

Menentukan jurusan aja udah bikin pusing, apalagi membangun karir di masa depan kan? Tapi tenang aja! goKampus akan kasih tau kamu tips and trick bagaimana mempersiapkan karir sejak kuliah. Simak artikel ini yuk!

Ada banyak cara yang bisa kamu ikuti dalam mempersiapkan karir semenjak kuliah, namun gak bisa dipungkiri kalau setiap orang memiliki metode yang berbeda-beda. Berikut ini adalah 5 tips bagaimana caranya mempersiapkan karir di masa depan meskipun kamu masih duduk di bangku kuliah, yaitu:

1. Fokus 60% IPK, 40% relasi

“Kok bisa IPK? Bukannya IPK gak berpengaruh di kerjaan?” jawabannya benar. Tapi, IPK bisa membantu kamu untuk diperhitungkan di dunia kerja nanti. Ada beberapa perusahaan besar yang masih memberikan standar nilai IPK mu jika kamu ingin melamar menjadi seorang karyawan. Jadi kalau IPK mu bisa sesuai standar, that would be great!

Tapi, selama kuliah nanti jangan hanya berfokus kepada IPK saja, tapi kamu juga harus aktif mencari relasi. Relasi yang kamu kenal selama kuliah akan membantu kamu di masa depan. Semakin banyak relasi, semakin banyak wawasan dan pertemananmu. Kamu bisa menjalin relasi dengan aktif mengikuti kegiatan di kampus, ikut komunitas, dan sering bergaul dengan teman-teman baru di kampus.

2. Kembangkan diri di luar kampus demi karir

Nah, selain sibuk di kampus, sah-sah saja kok kalau kamu sebagai anak kuliahan juga membangun dirimu di luar kampus. Misalnya saja dengan ikut kursus yang bisa menunjang diri untuk persiapan karir mu. Seperti kursus Bahasa Inggris atau Mandarin, karena kedua bahasa tersebut menjadi salah satu yang “wajib” kamu miliki untuk bisa bersaing pada saat mencari kerja.

3. Aktif ikut magang

Magang ini menjadi salah satu hal yang sangat penting dan gak bisa dilewatkan oleh anak kuliahan, baik diwajibkan oleh kampus atau tidak. Dengan melakukan magang, kamu bisa mencicipi langsung bagaimana dunia kerja sesungguhnya, bukan sekadar teori dari bukumu. Sebagai anak kuliahan, hal ini tentu penting karena bisa membuatmu lebih dulu adaptasi dan tidak kaget saat nanti benar-benar bekerja dan membangun karir.

4. Cari tau karir yang sesuai dengan minat bakat

Sebagai anak kuliahan kamu harus tahu benar apa yang kamu sukai, dan di mana kemampuan terbaikmu. Misalnya saja, kamu senang berinteraksi dengan orang lain, mempresentasikan atau menjelaskan suatu hal, juga senang menulis dan mempromosikan suatu produk. Kamu bisa mulai melirik pekerjaan di bidang marketing atau pun komunikasi.

5. Lebih awal lebih baik

Persiapkan karirmu lebih awal tentu akan lebih baik. Jangan nunggu sampai last minute ya baru kebingungan, nanti kamu stress sendiri! Mempersiapkan karir lebih awal akan membantu kamu memberikan gambaran apakah karir kamu ini cocok untuk hidupmu dan apakah kamu benar-benar memiliki passion di sini.

Masih bingung memilih karir? Persiapkan karirmu bareng goKampus aja yuk. Cari kuliah yang sesuai, kuliah yang pas, jurusan yang sesuai passion dengan aplikasi goKampus. Tinggal upload rapor, 1 jam diterima!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *