apa yang dimaksud dengan puisi
Kategori Kelas

Apa yang Dimaksud dengan Puisi? Cek Artinya Menurut Sastrawan

Apakah kamu gemar membaca dan bahkan menulis puisi? Atau mungkin kamu belum paham sebenarnya apa yang dimaksud dengan puisi? Biasanya, puisi bisa kita temukan di film, buku, poster, caption dari post orang-orang di media sosial, hingga mungkin gombalan gebetanmu? Nah, agar bisa membuat puisi yang bagus, tentu kamu harus memiliki banyak referensi agar penggunaan bahasa dan kosakatamu menjadi semakin indah. Namun, sebelum itu, yuk kita cari tahu terlebih dahulu sebenarnya apa yang dimaksud dengan puisi? Baca artikel ini sampai tuntas, ya!

Apa yang Dimaksud dengan Puisi?

Kamu mungkin merasa penasaran dengan apa yang dimaksud dengan puisi, ya? Secara umum, puisi adalah karya sastra yang mengandung unsur irama, ritma, diksi, lirik, serta menggunakan berbagai kata kiasan di setiap baitnya untuk menciptakan estetika bahasa yang padu. Namun, puisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Selain kedua pengertian tersebut, mengutip dari buku Mengenal Lebih Dekat “Puisi Rakyat” (2020) karya Sri Khairan Lubis, dkk., puisi memiliki beragam pengertian menurut para ahli loh, seperti sastrawan hingga cendekiawan. Yuk, kita intip pengertian puisi berdasarkan sastrawan dan penulis!

1. Hans Bague Jassin, Pengarang dan Kritikus Sastra

Puisi menurut Jassin merupakan karya sastra yang kita ucapkan dengan perasaan yang ada di dalamnya. Perasaan ini memuat pikiran-pikiran dan tanggapan.

2. Herman Waluyo, Penulis Buku dan Cendekiawan

Puisi menurut Herman adalah karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair yang tersusun secara imajinatif, serta memfokuskan semua kekuatan bahasa dalam suatu struktur fisik dan batin.

3. Djososuroto, Sastrawan Indonesia

Menurut Djososuroto, puisi adalah hal yang berkaitan dengan mencari dan melukiskan yang kita idamkan.

4. Usman Awang, Penyair dan Penulis

Puisi menurut Usman adalah nyanyian orang putus asa yang mencari ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang pembuatnya tulis.

5. Rahmat Joko Pradopo, Sastrawan Indonesia

Menurut Pradopo, puisi adalah bentuk ekspresi pemikiran yang mampu membangkitkan dan imajinasi panca indera dalam suasana yang berirama.

6. Zulfahnur, Penulis Buku dan Cendekiawan

Puisi menurut Zulfahnur adalah ekpresi pengalaman batin dan jiwa seseorang tentang kehidupan manusia, alam, dan Tuhan dengan menggunakan media bahasa yang indah, terpadu, dan utuh, serta kata-kata yang padat dalam bentuk teks.

Baca Juga: 5 Contoh Puisi Karya Sastrawan Indonesia, Kamu Pernah Baca?

Sekarang kamu sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan puisi? Ternyata puisi memiliki banyak sekali pengertian, ya! Kesimpulannya, puisi adalah karya sastra yang mengungkap perasaan dan tertuang ke dalam bentuk bahasa yang indah.

Oh iya, kalau kamu tertarik dengan puisi dan segala hal yang berhubungan sastra, kamu bisa ambil kuliah jurusan sastra dan daftar di goKampus. Gampang banget caranya, loh! Cukup upload rapor, 1 jam langsung diterima. Penasaran? Yuk, cobain daftar kuliah instan di sini kalau gak percaya.

Sambil mempersiapkan diri kamu untuk terjun ke dunia kerja nanti, kamu bisa juga loh ambil kelas Nanyang Technological University Singapore di goKampus. Ada beragam pilihan kelas yang bisa kamu ikuti dari mana saja secara online PLUS dapat sertifikat profesional berlisensi dari kampus ternama di Asia dengan biaya terjangkau, cukup Rp1 juta/bulan. Kalau kamu tertarik, bisa sign up sekarang atau cek kelas NTU di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *