mahasiswa
goKampus Tips Belajar Upskill

Pelajari Mata Kuliah Ilmu Komunikasi Di Kampus

Kamu kebayang gak sih sebenarnya semua hal yang berhubungan di sekitar kita itu selalu ada kaitannya dengan komunikasi? Contohnya, saat kamu sedang mendengar penyiar di radio yang sedang membacakan berita atau saat kamu melihat youtuber sedang melakukan vlog dan menyampaikan semua informasi kepada penontonnya, itu merupakan salah satu bagian dari ilmu komunikasi. Kebayang kan betapa serunya mata kuliah ilmu komunikasi kalau kamu pelajari di perkuliahan?

Di Jakarta, mata kuliah Ilmu Komunikasi bisa merupakan sebagai salah satu program favorit bagi para pelajar di Indonesia, bahkan hampir di seluruh Indonesia yang mengambil mata kuliah Ilmu Komunikasi selalu meningkat.

Tapi, banyak banget loh yang suka salah nangkap bahwa jurusan Ilmu Komunikasi hanya khusus untuk orang-orang yang suka banget “ngomong”, wah.. Jadinya semua orang yang suka ngomong doang dong yang bisa masuk ke jurusan ilmu komunikasi? Salah besar!

Mahasiswa di fakultas Ilmu Komunikasi bukan hanya diperuntukkan untuk orang-orang yang jago ngomong aja loh, karena seluruh kegiatan dan proses pembelajarannya pun juga gak hanya tentang obrolan aja.

Tapi, kamu akan belajar bagaimana sih caranya menyampaikan sebuah pesan dalam berbagai medium apa aja, jadi misalnya nih, selain kamu bisa menyampaikan informasi melalui presentasi, tapi kamu juga harus bisa menyampaikan pesan melalui tulisan, film, foto, dan desain. 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa saja yang akan dipelajari, sebenarnya ilmu komunikasi itu apa sih?  Ilmu Komunikasi merupakan sebuah bidang/program studi yang mempelajari komunikasi di berbagai tingkatan, bisa dimulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, komunikasi media sosial hingga seni. Ilmu Komunikasi juga berhubungan erat dengan masalah fundamental dan dasar-dasar dari hubungan antar manusia dan kehidupan sosial.

Nah, kira-kira kalau kita ingin mengambil mata kuliah Ilmu Komunikasi, apa aja sih yang akan kita pelajari?

1. Segala bentuk-bentuk komunikasi!

Biasanya saat kamu kuliah selama 8 semester atau empat tahun di fakultas Ilmu Komunikasi, kamu akan mempelajari segala bentuk komunikasi. Misalnya nih dari komunikasi personal, komunikasi publik, komunikasi organisasi, dan komunikasi antar budaya. Biasanya di setiap mata kuliah ini, kamu akan diminta untuk kerja kelompok dan melakukan presentasi tentang masing-masing topik perkuliahan.

Kalau mata kuliah komunikasi interpersonal, kamu akan belajar secara mendalam bagaimana sih caranya kamu sebenarnya bisa berkomunikasi dengan diri sendiri dengan tujuan untuk pengembangan pribadi loh, kamu akan diajarkan bagaimana caranya kamu mengenali dirimu sendiri, dimulai dari paham tentang keahlianmu, atau kamu bisa kenal dengan pribadimu saat kamu lagi sedih apa yang harus kamu lakukan, dan kalau kamu lagi senang, hal-hal apa saja yang membuat kamu senang. Jadi seru banget deh kita belajar gimana caranya kenal dengan diri sendiri.

2. Komunikasi dengan berbagai media

Perkuliahan di Ilmu Komunikasi ini juga akan mengasah kemampuan kamu berpikir secara out of the box loh! Sehingga, kamu gak jarang untuk menyalurkan dan mendapatkan berbagai ide yang cemerlang dan kreatif yang kadang-kadang gak sempat terpikirkan oleh orang lain. Inilah salah satu kelebihan dari mahasiswa Ilmu Komunikasi, secara gak langsung, kamu akan terbiasa untuk ngobrol dan berdiskusi dengan orang banyak.

Nah, apa sih yang dimaksud dengan praktek yang berhubungan  dengan media? Di fakultas Ilmu Komunikasi, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah yang berhubungan dengan media (televisi, radio, majalah/koran, online), seperti kajian media, reportase berita atau penyiaran, penulisan berita, bahkan program kreatif radio.

Nah, gak jarang juga loh kamu akan terlibat di berbagai jenis produksi,entah itu produksi film, produksi iklan, atau mungkin produksi berbagai event.

Baca Juga: 12 Jurusan IPS Yang Sepi Peminat Tapi Menjanjikan

3. Siap jadi pemimpin selama perkuliahan!

Salah satu hal yang akan kamu latih selama belajar di jurusan ini adalah kamu akan dilatih untuk menjadi pemimpin, karena kamu akan banyak mengerjakan berbagai tugas secara berkelompok, dan bisa jadi kamu akan dipilih untuk memimpin sebuah kelompok, dimulai dari sebelum produksi, saat produksi, dan setelah produksi. Selain itu, mahasiswa dari fakultas Ilmu Komunikasi juga selalu disebut bisa up-to-date.

Selain kamu mencari tau apa yang bisa kamu pelajari di jurusan Ilmu Komunikasi, kamu juga butuh tau kira-kira kemampuan dan keahlian apa aja sih yang akan kamu miliki sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi, yang pertama adalah kamu akan mendapatkan kemampuan untuk bicara di depan umum, kemampuan dasar fotografi, kemampuan berpikir secara efektif, dan kemampuan untuk memecahkan masalah secara cepat dan benar.

Salah satu kampus yang memang fokus ke mata kuliah ilmu komunikasi di Jakarta adalah London School of Public Relations (LSPR) Jakarta. Fakultas ilmu komunikasi di LSPR hingga saat ini telah menghasilkan berbagai lulusan-lulusan bergengsi yang fokus di bidang profesional seperti  Prilly Latuconsina, Alyssa Soebandono, Ayushita, Sandra Dewi. Ada juga beberapa lulusan LSPR yang menjadi influencer di Indonesia seperti Rachel Vennya dan Paula Verhoeven.

LSPR juga merupakan perguruan tinggi komunikasi terbaik di Indonesia, kiprah LSPR di bidang komunikasi gak perlu kamu ragukan lagi karena LSPR juga mendapatkan banyak penghargaan di sebagai best of the best Indonesia School of Communication sejak 2014 dan 2015.

LSPR juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dari berbagai negara seperti Coventry University (UK), European Business School (Germany), Hotel Institute Montreux (Switzerland), Sogang University (South Korea dan masih banyak lagi! 

LSPR memiliki pilihan bidang studi yang prospektif dimana selain menawarkan program ilmu komunikasi, LSPR juga terkenal dengan program studi di fakultas bisnisnya yang memang menghasilkan berbagai lulusan yang siap berkarir di bidang entrepreneurship.

Mata kuliah Ilmu Komunikasi yang akan diajarkan di LSPR terdiri dari Public Relations & Digital Communication, Marketing Communication, International Relations Communication, Mass Media Communication, Performing Arts Communication, dan Digital Creative Production.

Prospek kerja untuk mahasiswa lulusan Ilmu Komunikasi terbuka sangat luas di industri 4.0 ini. Prospek kerja ilmu komunikasi yang pertama bisa mengambil bagian di bidang Marketing, Public Relations dan Periklanan.

Ketiga bidang ini tentu akan dibutuhkan oleh perusahaan maupun konsultan ternama, yang akan membawamu pada jenjang karir menjanjikan serta kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang menarik.

Nah, gimana nih penjelasan mengenai mata kuliah ilmu komunikasi yang ada di LSPR? Kepingin gak bergabung menjadi salah satu mahasiswa dari salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta? Untuk mencari informasi lebih lanjut kamu bisa langsung mengunjungi halaman ini ya agar tidak ketinggalan informasi lainnya. 

Konsultasikan juga semua kebutuhan perkuliahanmu dengan goKampus, semua masalah perkuliahanmu akan diurusin sampai beres! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *