kekeringan
Tips Belajar

6 Cara Mencegah Kekeringan yang Bisa Dilakukan Siapa Pun!

Kekeringan merupakan bencana yang berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lain. Untuk mencegahnya, pemerintah bisa melakukan reboisasi, membangun waduk, bendungan, atau dam, dan segala macam hal lain. Terus, gimana dengan masyarakat biasa seperti kita? Apa yang bisa kita perbuat?

Baca Juga: Yuk, Cegah Degradasi Lahan dan Kekeringan dari Diri Sendiri!

Siapa Pun Bisa Mencegah Kekeringan Kok!

Mulai Dari Menutup Keran yang Terbuka

Kamu bisa mencegah kekeringan dengan mengonsumsi air secukupnya. Bisa mulai dengan hal-hal kecil ya, misalnya menutup keran yang terbuka yang mengalirkan air. Selain keran di rumah, jika kamu menemukan keran yang terbuka di tempat umum padahal tidak ada yang menggunakannya, segera tutup ya. 

Mandi dengan Shower

Mandi dengan shower (pancuran) terbukti lebih irit air ketimbang dengan gayung, apalagi bathtub. Selain hemat air, mandi dengan shower juga bikin rumahmu bebas nyamuk. Jika kamu mandi dengan gayung, kemungkinan kamu memiliki ember atau bak untuk menampung air. Penampungan air tersebut bisa menjadi sarang nyamuk.

Cuci Baju Lebih Efisien

Mesin cuci adalah penemuan spektakuler. Kamu yang pernah cuci baju secara manual pasti tahu kalau mencuci adalah kegiatan yang melelahkan, apalagi jika kita mencuci celana berbahan jeans. Tapi, jangan boros air saat menggunakan mesin cuci. Jika pakaian kotor belum terlalu banyak, lebih baik cuci bajunya tunda dulu. Menggabungkan pencucian hingga memenuhi kapasitas mesin cuci akan lebih efisien.

Memperbaiki Kebocoran

Pipa air di rumahmu bocor? Segera diperbaiki, karena sayang banget airnya terbuang begitu saja. Selain menghemat air, kamu juga menghemat tagihan bulanan untuk air. Soal ini juga mesti kamu perhatikan. Jika suatu ketika tagihan airmu melonjak, kemungkinan ada kebocoran yang harus kamu temukan dan perbaiki segera.

Menanam Pohon

Pemerintah pernah menggalakkan penghijauan dan reboisasi untuk mencegah kekeringan. Sebab, akar pohon berfungsi untuk menyimpan cadangan air dan bisa mencegah kekeringan. Tapi menyiram tanaman juga jangan terlalu sering. Selain membuang air, kebanyakan air juga berakibat buruk bagi tanaman. Mereka bisa terkena jamur dan bakteri.

Tampung Air Hujan

Saat musim hujan, kamu bisa menghemat air dan mencegah kekeringan dengan membuat penampungan air hujan. Kamu bisa menggunakan air cadangan ini untuk menyiram tanaman, mengepel lantai, menyiram kloset, dan sebagainya. Caranya dengan menggunakan tong hujan, sebuah wadah untuk mengumpulkan air yang diletakkan di bawah pipa pembuangan di atap rumah.

Itulah beberapa cara mencegah kekeringan dengan menghemat air yang bisa dilakukan setiap orang. Mudah kan? Yang penting niatnya mesti ada dulu. Sambil berperan dalam aksi nyata mencegah kekeringan, kamu juga mesti mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia kerja ya! Sediakan waktu untuk upgrade skill lewat kelas profesional di sini.

Untuk ikutan kelas online, kamu bisa memilihnya di goKampus! Kalau kamu join kelas di goKampus, kamu bisa mendapatkan sertifikat langsung dari universitas terkenal di Singapura, Nanyang Technological University (NTU). Btw, ada promo cicilan menarik dan diskon up to 65%! Penasaran? Cek kelasnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *