tips magang kuliah
Upskill

Ketahui 4 Tujuan Magang Untuk Mahasiswa

Mungkin beberapa di antara kalian masih ada yang bertanya-tanya sebenarnya kenapa sih saat di tengah kuliah, kamu harus masih diminta untuk menyelesaikan magang dulu? Apa tujuan magang dan kenapa anak kuliah wajib mengikuti magang? Biasanya di semester 6 atau semester 7 di dunia perkuliahan, kamu akan mendapatkan mata kuliah khusus magang di perusahaan yang sesuai dengan jurusan yang kamu ambil sekitar 3-6 bulan lamanya.

Bisa dibilang mata kuliah magang ini adalah mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa untuk melanjutkan ke skripsi atau tugas akhir. Nah, supaya kamu gak bingung, goKampus akan kasih tau kamu apa aja sih manfaat dan tujuan magang untuk mahasiswa. Ini dia!

Magang merupakan sebuah aktivitas yang perlu untuk dilakukan oleh mahasiswa, biasanya kegiatan magang diatur oleh pihak kampus sebagai salah satu syarat kelulusan. Magang adalah kegiatan di mana kamu akan bekerja menjadi karyawan magang di sebuah perusahaan dalam kurun waktu 3 hingga 6 bulan.

Hal ini penting untuk kamu melihat secara langsung kegiatan kerja di lapangan sebelum nantinya kamu lulus dari perkuliahan. Beda kampus pasti beda kebijakan, gak jarang mahasiswa harus mencari lokasi magang secara mandiri melalui portal lowongan kerja karena pihak kampus gak menyediakan informasi atau link terkait dengan magang.

Tapi, ada juga beberapa kampus yang sudah menyediakan perusahaan agar mahasiswa bisa mengambil program magang di sana.

Program magang biasanya akan dilakukan oleh mahasiswa sesuai dengan latar belakang jurusan yang diambil sehingga mahasiswa akan lebih siap ketika diminta terjun langsung ke lapangan.

Untuk menghasilkan mahasiswa yang kompeten di bidangnya, tentu aja gak hanya diperlukan teori tapi juga praktik yang ada di lapangan. Ini adalah beberapa tujuan magang untuk mahasiswa antara lain:

1. Menambah wawasan mahasiswa

Tujuan magang yang pertama untuk mahasiswa adalah bisa menambah wawasan mahasiswa. Kuliah aja gak cukup kalau gak diimbangi dengan praktek langsung di lapangan. Dengan adanya praktek kerja langsung di lapangan, kamu bisa mengimplementasikan teori-teori yang diajarkan di dalam kelas ke tempat kerjamu dan kamu juga bisa beradaptasi secara nyata untuk memecahkan masalah yang ada di tempat kerjamu.

2. Membina hubungan baik kampus dan perusahaan

Tujuan magang yang kedua adalah gak hanya berdampak positif untuk mahasiswanya namun juga berdampak baik untuk relasi kampus dan perusahaan. Mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman di perusahaan, sebaliknya perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dengan memiliki banyak sumber daya yang membantu jalannya bisnis di perusahaan.

Dari pihak kampus pun juga akan memiliki relasi yang baik dengan perusahaan yang menyediakan tempat magang apalagi jika para mahasiswanya memberikan kualitas dan citra yang baik di tempat kerja.

3. Memaksimalkan potensi mahasiswa

Magang juga bisa membantu para mahasiswa untuk meningkatkan potensinya dalam bekerja. Mulai dari cara berpikir kritis, cara memecahkan masalah, hingga bagaimana para mahasiswa bisa beradaptasi dengan alur kerja perusahaan bersama dengan orang-orang yang mungkin lebih tua dan berpengalaman. Ini bisa membantu mahasiswa untuk merasa tertantang dengan pekerjaan-pekerjaan baru dan keluar dari zona nyaman.

4. Menjalin relasi dengan orang banyak

Tujuan magang yang selanjutnya untuk mahasiswa adalah kamu bisa menjalin relasi dengan orang banyak. Hal ini bagus untuk kamu di masa depan, jika kamu membutuhkan sesuatu atau suatu saat membutuhkan jasa mereka, kamu bisa langsung menghubungi mereka.

Baca Juga: Penting! 3 Persiapan Sebelum Magang Kuliah!

Nah, untuk perusahaannya, kamu memiliki kebebasan untuk memilih apakah ingin bekerja di korporat atau startup. Di zaman sekarang, banyak sekali startup-startup yang membuka kesempatan untuk anak muda sehingga banyak mahasiswa yang lebih memilih untuk bekerja di startup dibandingkan ke perusahaan. Katanya sih magang di perusahaan startup dianggap lebih menyenangkan dan banyak keuntungannya. Benar gak sih? Nah, goKampus bakal ngebahas 3 keuntungan magang di perusahaan startup. Ini dia!

1. Suasana Kerja yang Fun!

Saat kamu bekerja di startup, kamu akan menemukan banyak fasilitas dan suasana kerja yang menyenangkan. Salah satunya adalah gaya berpakaian. Para karyawan startup akan berpakaian senyaman mungkin yang bisa membantu mereka lebih produktif saat bekerja, hal ini dikarenakan karyawan startup lebih mengutamakan hasil dibandingkan dengan penampilan. Jadi, kamu jangan kaget kalau melihat mereka hanya memakai kaos oblong dan sandal jepit saat berangkat ke kantor ya!

Sama halnya dengan fasilitas, biasanya perusahaan startup menyediakan fasilitas yang gak kalah keren dari perusahaan tradisional seperti makan siang, kopi, bahkan kasur untuk istirahat sejenak. Hal ini karena banyak startup percaya bahwa dengan fasilitas yang oke, kreativitas para karyawannya akan terbentuk dan menjadi lebih produktif dalam bekerja!

2. Alur Kerja yang Unik

Biasanya para karyawan di perusahaan startup memiliki alur kerja yang cukup unik karena perusahaan startup hanya terdiri dari sedikit orang. Hal inilah yang menyebabkan beberapa struktur perusahaan belum terlalu ribet, sehingga di saat inilah kamu bisa memanfaatkan kesempatanmu untuk bergaul dan bekerjasama langsung dengan para pemimpin, bahkan sampai dengan CEO perusahaan!

Kesempatan buat belajar banyak nih! Dijamin deh selama kamu magang di perusahaan startup, kamu gak akan butuh waktu lama untuk bisa bergaul dengan seluruh divisi yang ada.

3. Mudah mengaplikasikan ide-ide

Saat bekerja di perusahaan startup, biasanya seluruh karyawan akan diminta untuk menyampaikan berbagai ide-ide yang kreatif atau out of the box untuk kebutuhan sebuah proyek. Karena itu, kamu bisa dengan bebas untuk menyampaikan berbagai ide-ide apapun untuk kebutuhan perusahaan.

Jangan malu-malu untuk menyampaikan idemu karena meskipun kamu anak magang, kalau idemu dianggap bagus dan bisa diaplikasikan ke perusahaan, jangan kaget kalau kamu terpilih menjadi leader dalam proyek tersebut. Yang seru adalah jika hasil kerjamu bagus, maka gak jarang kamu akan diberikan kesempatan untuk menjadi karyawan tetap loh!

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *