revolusi industri 4.0
goKampus Tips Belajar Upskill

Simak Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis!

Siapa yang ada rencana untuk melanjutkan pendidikan kuliah di luar negeri? Kalau ada kesempatan untuk bisa menempuh pendidikan ke luar negeri pastinya dibutuhkan nilai yang cukup dan tekad yang kuat! Selain itu, akses untuk mencari informasi pendidikan di luar negeri gampang banget loh sekarang apalagi adanya berbagai beasiswa kuliah ke luar negeri.

Tentunya banyak manfaatnya saat kamu ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, selain diperkaya dengan pengalaman hidup, kamu juga bisa belajar menjadi mandiri dan punya banyak teman yang berasal dari negara lain.

Meskipun begitu ada beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang akan dijabarkan di artikel ini loh! Banyak berbagai program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah yang bekerja sama dengan universitas lokal dan luar negeri untuk memberikan beasiswa secara gratis.

Nah, buat kamu yang berencana untuk melanjutkan pendidikan ke kampus idamanmu dengan beasiswa gratis, kamu wajib pertimbangkan beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis! Ini dia.

`1. Mencari informasi sebanyak mungkin

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang pertama adalah dengan mencari informasi yang kamu butuhkan sebanyak mungkin. Kamu gak akan bisa mendapatkan beasiswa kalau kamu gak memiliki niat dan kemauan yang kuat nih. Semuanya harus dimulai dari tindakan. Jadi, kalau kamu ingin mengajukan beasiswa gratis ke pemerintah, kamu harus melihat dengan teliti seluruh persyaratannya. 

2. Menentukan bidang studi yang diinginkan

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang kedua adalah kamu harus bisa menentukan bidang atau program studi yang kamu inginkan. Jangan pernah terburu-buru untuk memilih program beasiswa yang mau kamu jadikan batu loncatan untuk belajar di kampus idamanmu. Kamu bisa mulai dengan mengenali minat dan bakatmu sejak dini. Kebanyakan mahasiswa memilih program studinya berdasarkan dengan minat yang diinginkan sejak dulu.

3. Memiliki kampus idaman

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis yang selanjutnya adalah kamu harus pintar-pintarnya memilih kampus idaman tempat kamu melanjutkan pendidikan nanti. Setidaknya kamu harus memiliki tujuan untuk kuliah ke kampus mana karena ada beberapa beasiswa yang mengharuskan mereka untuk mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) seperti beasiswa DIKTI, DIKNAS, dan beasiswa LPDP.

4. Siapkan seluruh dokumen penting

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis selanjutnya adalah kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen penting dulu seperti ijazah, transkrip nilai, serta seluruh sertifikat yang kamu miliki. Jadi, saat kamu mendaftar langsung lengkap semua nih.

5. Siapkan nilai TOEFL atau IELTS!

Kamu juga harus melampirkan nilai TOEFL dan IELTS agar kamu bisa meyakinkan berbagai pihak kalau kamu layak mendapatkan beasiswa kuliah gratis. Tapi, lampiran nilai ini khusus untuk kamu yang ingin mengambil beasiswa untuk kuliah ke luar negeri ya. Kalau kamu ingin mengambil beasiswa gratis di dalam negeri, kamu bisa mempersiapkan nilai rapor serta sertifikat yang sudah kamu ikuti.

6. Punya tujuan yang jelas!

Cara mendapatkan beasiswa kuliah gratis selanjutnya adalah kamu harus memiliki tujuan yang jelas. Kamu harus pastikan ketika kamu mengajukan permohonan beasiswa, kamu sudah harus tau dulu nih program studi apa yang ingin kamu pelajari. Mulailah untuk memberikan alasan yang kuat, jelas, dan logis secara tertulis mengapa kamu memilih kampus ini.

Nah, untuk kamu yang menunggu informasi beasiswa S1 ke luar negeri, goKampus bakal kasih tau kamu tiga beasiswa yang mungkin bisa kamu ikuti loh! Ini dia!

1. Taiwan ICDF Higher Education Scholarship Program

Hal ini merupakan program beasiswa S1,S2, dan S3 yang diberikan oleh Taiwan ICDF (International Cooperation and Development Fund) untuk 50 negara.  Program beasiswa ini diberikan maksimal 4 tahun untuk Program Sarjana (S1), 2 tahun untuk program magister (S2), dan 3 tahun untuk program doktor.

Ada 31 alternatif jurusan yang bisa kamu pilih. Mulai dari pertanian, agrikultur, administrasi bisnis, hubungan internasional, teknik, keperawatan, manajemen, kedokteran, hingga jurnalistik.

Jika terpilih, beasiswa Taiwan ICDF akan menanggung biaya perkuliahan, tiket pesawat (PP) Indonesia-Taiwan- Indonesia (dengan ketentuan lulus tepat waktu), tempat tinggal di asrama mahasiswa, biaya kuliah, dan asuransi kesehatan. Tambahan lainnya berupa tunjangan buku, tunjangan hidup setiap bulan 12.000 NTD (sekitar 5,4 Juta rupiah) untuk program sarjana, 15.000 NTD (sekitar 6.8 Juta rupiah) untuk master, dan 17.000 (sekitar 7,7 Juta rupiah) untuk doktor.

Untuk kamu yang berminat, bisa langsung mendaftarkan diri ke universitas Taiwan yang diminati dan mengisi formulir aplikasi online Taiwan ICDF. Semua dokumen beasiswa bisa kamu kirimkan ke Kantor Ekonomi dan Perdagangan Kantor Taipei yang berlokasi di jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.

Berikut persyaratan dokumen yang harus kamu penuhi:

  1. Formulir aplikasi online yang sudah diisi, dicetak, dan kemudian ditandatangani.
  2. Fotokopi paspor, kartu keluarga, dan akte kelahiran.
  3. Fotokopi ijazah dan transkrip yang  diterjemahkan terlebih dahulu dalam bahasa Inggris.
  4. Fotokopi sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL / IELTS).
  5. Keterangan kesehatan Taiwan ICDF: (termasuk tes HIV) tertanggal tiga bulan terakhir.
  6. Dua surat persetujuan (dimasukkan dalam amplop tertutup dan ditandatangani). Bisa dari profesor, pimpinan, atau pembimbing.
  7. Fotokopi bukti pendaftaran (aplikasi online) masuk ke universitas (misalnya: – Formulir aplikasi online, aplikasi penerimaan di universitas / LOA, email atau izin pengiriman biaya pendaftaran dll).
  8. Pendaftar beasiswa WAJIB untuk melakukan pendaftaran langsung terlebih dahulu ke universitas.

2. Dr. Goh Keng Swee (GKS) Singapore

Yang kedua adalah beasiswa S1 ke luar negeri merupakan sebuah program beasiswa yang disediakan oleh Association of Banks in Singapore (ABS). Di beasiswa ini, kamu bisa memilih satu dari tiga universitas yang bergengsi di Singapura yaitu Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology & Design (SUTD).

Berikut beberapa persyaratan yang mungkin kamu butuhkan dan harus kamu penuhi, yaitu:

  1. Memenuhi persyaratan nilai dan dokumen lengkap untuk mendaftar di salah satu universitas tersebut.
  2. Prestasi akademik bagus dan stabil.
  3. Punya jiwa kepemimpinan dan aktif di organisasi.
  4. Bersedia dikontrak kerja tiga tahun di perusahaan Singapura setelah kelulusan.

3. Romanian Government Scholarship

Beasiswa kuliah S1 ke luar negeri lainnya adalah Romanian Government Scholarship ini adalah program beasiswa S1,S2, dan S3 yang diberikan oleh pemerintah Rumania.

Untuk mendaftar, kamu harus datang ke Kedutaan Besar Rumania di Jakarta yang terletak untuk menyerahkan dokumen aplikasi dan minta surat pengantar. Berikut persyaratan yang harus kamu penuhi adalah:

  1. Formulir aplikasi untuk penerbitan surat penerimaan (Acceptance letter) dari – Kemendikbud Rumania. Acceptance letter diperlukan untuk pendaftaran di universitas dan pengajuan aplikasi visa tinggal.
  2. Salinan ijazah kelulusan yang dilegalisir (ijazah sekolah menengah atas, ijazah S1, atau ijazah S2) dan terjemahannya secara resmi dalam bahasa Rumania, Inggris, atau Perancis.
  3. Salinan akte kelahiran yang telah dilegalisir dan diterjemahkan secara resmi ke dalam bahasa Rumania, Inggris, atau Perancis.
  4. Surat keterangan sehat yang menyatakan bahwa kandidat tidak mengidap penyakit menular atau penyakit lain yang kiranya dapat menghambat studi yang bersangkutan.
  5. Curriculum vitae/daftar riwayat hidup dalam bahasa Inggris,dll.

Untuk mendukung semangat para pelajar untuk menempuh pendidikan di dunia, pastinya banyak sekali beberapa yayasan atau lembaga pemerintah yang menyediakan dana bantuan atau beasiswa bagi para pelajar yang ingin dan mampu secara intelektual melanjutkan studi di tempat terbaik.

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk mencari informasi selanjutnya yang kamu butuhkan ya. Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *