menu sahur sehat
Tips Belajar

Menu Sahur Sehat Untuk Menjaga Kondisi Tubuh Saat Berpuasa

Saat berpuasa, kita harus menjaga kondisi tubuh. Sebab, ketika puasa selama belasan jam. Agar tubuh tetap terjaga, inilah beberapa menu sahur sehat yang dapat kamu terapkan saat bersiap menjalani hari.

Baca Juga: Tips Diet saat Puasa Agar Berat Badan Tetap Ideal

Daftar Menu Sahur Sehat

Oatmeal Kurma Pisang

Oatmeal adalah salah satu jenis makanan yang cocok saat berpuasa. Soalnya, oatmeal memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang diserap lebih lambat oleh tubuh, sehingga kita gak cepat lapar saat berpuasa selama belasan jam. Tapi makan oatmeal saja rasanya mungkin membosankan, sehingga kamu bisa menambahkan kurma dan pisang sebagai pelengkap.

Sup Kacang Merah

Sup kacang merah merupakan menu sahur yang memiliki kandungan lengkap. Menu ini memiliki kandungan protein dan karbohidrat untuk menjaga tubuh dari rasa lapar. Sup kacang merah juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin c, vitamin b, dan folat. Lengkap banget kan?

Telur Gulung

Fungsi protein adalah cadangan energi pada tubuh. Jadi, protein harus ada dalam menu sahur agar kamu gak lemas saat berpuasa. Telur merupakan salah satu sumber protein yang murah dan prosesnya mudah. Untuk melengkapi menu sahurmu, kamu bisa membuat telur gulung sebagai variasi lauk yang kaya akan protein.

Salad

Sebelum salat Subuh, ada baiknya kamu mengonsumsi salad. Isi salad bisa bermacam-macam, dari sayur, buah-buahan, hingga sumber protein seperti telur rebus dan dada ayam rebus. Agar rasa salad lebih enak, kamu bisa menambahkan dressing seperti minyak zaitun, minyak wijen, honey mustard, hingga thousand island.

Jus Alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengenyangkan. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan lemak baik, juga memiliki kadar serat yang tinggi. Kadar serat sangat berguna untuk memperlancar pencernaan kita, sehingga kondisi tubuh saat berpuasa lebih terjaga.

Jangan Lupa Banyak Minum Air Putih

Saat puasa, kita bakal lebih mudah terkena dehidrasi karena gak bisa minum. Oleh karena itu, kebutuhan air putih sangat penting saat kita sahur. Umumnya, asupan air putih yang sehat sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari. Jadi, saat sahur usahakan minum air putih setidaknya sampai 4 gelas, sisanya minum saat berbuka.

Bagi yang menjalani puasa Ramadan, semoga puasanya lancar ya! Jangan lupa untuk meningkatkan skill dan menambah ilmu meski di bulan Ramadan. Kamu bisa mendapatkan kemudahan belajar online di goKampus. Kursus online di goKampus, dapat skill baru, dapat sertifikat siap kerja berlisensi universitas di Singapura. Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *