unej
Upskill

Kampus Favorit di Jember, Cek 5 Keuntungan Kuliah di UNEJ!

Mungkin kamu penasaran, ada gak sih tempat kuliah di daerah yang punya mutu pendidikan bagus dan lulusannya gak kalah oke dengan kampus-kampus terkenal? Nah, kalau orientasi kamu soal kualitas kampus dan punya tujuan yang jelas buat kuliah, kamu bisa memilih Universitas Jember (UNEJ) sebagai tujuan utama melanjutkan pendidikan.

Keuntungan Kuliah di UNEJ

Karena nama dan reputasi UNEJ gak banyak orang tau, wajar kalau masih ada yang skeptis dengan PTN yang berlokasi di Kota Jember, Jawa Timur ini. Padahal, kuliah di kampus yang satu ini enak banget, loh! Kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan yang tak terduga sebelumnya. Apa saja itu? Yuk, simak penjelasannya!

1. Suasananya sejuk karena banyak pohon di kampus 

Kalau kamu mau kuliah di tempat yang tenang, asri dan sejuk, UNEJ adalah pilihan yang tepat. Selama mengelilingi kampus, kamu akan berjalan di bawah pohon-pohon yang rindang. Asyik, kan? Soalnya, luas Ruang Terbuka Hijau (RTH) di UNEJ sekitar 34,96%. Berkat hal itu, UNEJ telah menyumbang 195.19 ton oksigen per hari.

2. Banyak tempat wisata alam di sekitar kampus

Karena banyak pohon dan nuansa yang tenang, kamu gampang banget menemukan banyak tempat wisata alam yang bisa kamu jelajahi di sekitaran UNEJ. Mulai dari gunung, laut, pantai, bukit, taman nasional dan lainnya.

Kamu juga bisa melakukan short trip ke kota lain, seperti Lumajang, Malang, Bondowoso, Banyuwangi, Bali, dan lainnya ketika kamu ingin refreshing dari banyaknya tugas-tugas kuliah. Tiket kereta dari Jember ke Banyuwangi juga cuma Rp 8 ribu, loh. Murah banget, kan?

3. Biaya hidup yang murah

Selain nyaman, biaya hidup selama kamu kuliah di UNEJ juga terbilang murah, loh! Bahkan, Jember merupakan sebagai salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Misalnya, harga satu porsi nasi kucing sekitar Rp4-6 ribu dan ayam crispy hanya Rp7 ribu. Murah banget, kan?

Bukan hanya biaya makan saja nih yang murah, biaya tempat tinggal juga sangat terjangkau. Kamu bisa mendapat harga kos-kosan mulai dari Rp200 ribu.

4. Akreditasi jempolan dan ada berbagai jurusan

Siapa bilang mutu pendidikan di UNEJ biasa saja? Kampus ini sudah terakreditasi A, loh. Ini menunjukkan bahwa pelayanan dan kualitas belajar mengajar di UNEJ sudah terbukti bagus dan setara dengan PTN di kota besar.

Kampus ini juga menyediakan 15 fakultas dan 61 jurusan yang bisa kamu pilih. Tentu saja, program studi (prodi) yang paling banyak peminat atau favorit adalah Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Gigi. Namun tenang, prodi lainnya juga gak kalah unggul kok. Bahkan, mampu bersaing secara global. Hal ini terbukti dengan banyak lomba ajang nasional dan internasional yang berhasil para mahasiswa UNEJ menangkan.

5. Tempatnya mahasiswa kreatif

Kota Jember menjadi kota kreatif peringkat ke-3 di Jawa Timur setelah Malang dan Surabaya. Dengan predikat ini, mahasiswa UNEJ telah menghasilkan berbagai karya yang kreatif. Terbukti, di kampus ini lahir karya-karya unik dan menarik, seperti Sinosi, Bokar, Beras Cadas dan Titen GX6.

Sinosi adalah mobil listrik yang diciptakan oleh mahasiswa Teknik UNEJ pada 2013. Mobil ini memiliki kecepatan 20 km per jam. Sinosi sendiri merupakan singkatan dari Sing Nomer Siji. Selain Sinosi, mahasiswa UNEJ juga membuat mobil listrik lain bernama Titen GX-6. Mobil ini menjadi juara umum dalam kontes Mobil Listrik Indonesia ke-6 di Bandung berkat desain mobil yang sangat unik.

Sementara Bokar (Boneka Karnaval) terinspirasi dari kegiatan Jember Festival Carnaval yang pemerintah selenggarakan. Kini, Bokar dinobatkan sebagai salah satu produk kewirausahaan yang bernilai jual tinggi.

Gak hanya itu, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian UNEJ telah berhasil menciptakan beras tiruan berbahan ketela. Untuk menanak beras cadas ini sangat mudah karena bisa menggunakan penanak nasi elektrik.

Baca Juga: 3 Cara Sukses Daftar Kuliah di Universitas

Gimana guys? Apakah UNEJ cocok dengan kriteria kamu untuk melanjutkan tempat kuliah? Kalau kamu masih mau cari-cari informasi lagi seputar tempat kuliah favorit lain dan mencari program beasiswa, kamu bisa cari di goKampus! Mau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Tertarik? Langsung klik link di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *