gaji content writer
Tips Belajar

Berapa Sih Gaji Content Writer Freelance dan Full Time? Cek Yuk!

Besaran gaji content writer biasanya bergantung pada dua hal, yaitu seberapa bagus kualitas dan seberapa banyak kuantitasnya. Semakin banyak membuat tulisan dalam sebulan, maka penghasilannya pasti lebih besar. Apalagi bila sang content writer sudah memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi, tentu harga per tulisannya juga berbeda dengan fresh graduate. Kita bahas yuk. 

Namun sebelum membahas soal gaji, ada baiknya memahami dulu apa itu content writer. Mengutip dari Copify, content writer adalah penulis profesional yang memproduksi konten-konten menarik di media digital. Konten tersebut bisa berbentuk artikel, postingan media sosial, atau tulisan dalam bentuk apapun ke dalam platform online. Jenis artikelnya pun ada banyak, misalnya feature, advertorial, marketing, ulasan, dan masih banyak lagi. 

Nah, dengan situasi dunia yang sudah masuk era digital, di mana informasi menjadi kebutuhan sehari-hari bagi semua orang, sudah selayaknya setiap orang juga memiliki pilihan dan lebih selektif dalam memilih sumber informasi. Jadi mau gak mau, perusahaan juga harus menyediakan informasi atau konten yang menarik untuk menjadi pilihan audience. Hal inilah yang membuat content writer sangat penting bagi perusahaan.

Baca Juga: 5 Faktor Yang Mempengaruhi Gaji Copywriter

Manfaat Jadi Content Writer

Di sisi lain, content writer juga memberi manfaat tersendiri buat mereka yang memilih profesi ini. Misalnya seperti: 

Menambah Wawasan

Seorang content writer harus berpikir luas dan terbuka. Kebutuhan mencari bahan tulisan mengharuskan kamu sering membaca dan menonton banyak referensi untuk menambah informasi yang bisa memperkaya tulisan. Dengan begitu, wawasan pun bertambah dan kamu akan selalu up to date dengan hal-hal baru. 

Makin Kreatif

Menjadi content writer juga akan membuat seseorang jadi makin kreatif loh. Soalnya, kamu harus membuat tulisan yang menarik agar orang membacanya dan itu jelas gak gampang, guys. 

3 Keunggulan Content Writer

Selain memberi banyak manfaat baik untuk penulis maupun pembacanya, profesi content writer juga memiliki sejumlah keunggulan yang gak ada di profesi lain. Apa saja?

1. Bisa di Mana dan Kapan Saja

Umumnya content writer bekerja secara remote. Kamu gak harus datang ke kantor serta bisa kerja di mana saja, seperti di rumah, kafe, atau tempat-tempat lain yang kamu inginkan. Kamu juga bisa melakukannya kapan pun selama gak melewati batas deadline

2. Jam Kerja Fleksibel

Jam kerja content writer sangat fleksibel. Semua tergantung pada manajemen waktu yang kamu buat sendiri. 

3. Prospek Cerah

Profesi ini akan selalu ada. Sebab, informasi akan selalu menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Apalagi membuat informasi bisa sampai ke audience itu gak mudah, jadi kebutuhan terhadap peran content writer akan selalu ada.

4. Gaji Content Writer

Berapa sih gaji content writer? Ternyata cukup menjanjikan kok. Hanya saja, besarannya akan bergantung pada kualitas dan kuantitas konten yang kamu produksi. Selain itu, gaji content writer juga bergantung pada jenis kontraknya, apakah full time, freelance, atau mandiri. 

Kisaran Gaji Penulis Berdasarkan Kontraknya

Full Time

Gaji content writer full time untuk fresh graduate setidaknya setara dengan UMK tempat tinggalmu. Kisaran gajinya mulai dari Rp4,5 juta hingga Rp6 juta. Ada juga perusahaan yang memberikan lebih dari itu, sesuai dengan kuantitas tulisan.

Freelance

Freelance content writer bisa dibilang jadi yang paling diminati dibanding lainnya. Banyak perusahaan yang cenderung memilih freelance karena sifat pekerjaannya yang memang fleksibel dan bisa dilakukan secara remote. Gaji content writer untuk freelance biasanya dipatok per tulisan di kisaran Rp100-200 ribu. Sekali lagi, ada juga perusahaan yang memberikan lebih dari itu, tergantung pada jenis tulisan dan waktu pengerjaannya. 

Mandiri

Jalur ini belakangan juga semakin tren. Biasanya content writer mengunggah tulisannya di blog pribadi dan ia akan mendapatkan penghasilan dari iklan yang masuk di blognya. Selain iklan, content writer mandiri juga bisa berkolaborasi dengan brand dengan kesepakatan tertentu.

Itulah tadi seputar gaji content writer yang perlu kamu ketahui. Intinya, gaji yang kamu terima bisa lebih dari standar gaji pada umumnya. Pengalaman, skill, lisensi, ataupun sertifikat yang kamu miliki bisa jadi modal kuat untuk meningkatkan harga jual kamu.

Nah, supaya skill kamu di bidang penulisan atau di bidang lainnya bisa terus berkembang, kamu perlu upgrade diri nih! Kamu bisa memilih dan ikutan kelas-kelas terbaik yang ada di goKampus. Bareng goKampus, kamu gak hanya upgrade skill dan dapat beragam insights dari pakar, tetapi juga bisa ikutan courses dari mana saja secara online PLUS dapat sertifikat dari institusi terbaik dunia.

Bertepatan dengan World Youth Skills Day 2022, goKampus lagi bagi-bagi voucher potongan bagi kamu yang daftar courses menggunakan kode GOWYSD22 pada 15-31 Juli 2022. Yuk, sign up dan gunakan voucher-nya biar kamu bisa #LearnBetterGoFaster with goKampus! Cek detail promo World Youth Skills Day 2022 di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *