menu sahur untuk diet
Tips Belajar

Tips Menu Sahur Untuk Kamu yang Sedang Diet

Banyak orang memanfaatkan puasa sebagai sarana untuk menjalankan diet. Dengan larangan untuk makan dan minum selama kurun waktu Subuh-Maghrib, wajar jika banyak orang berpikir demikian. Diet selama berpuasa boleh saja, tapi ada beberapa aturan yang harus diikuti. Inilah menu sahur tepat untuk kamu yang sedang diet.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Sikat Gigi saat Puasa? Yuk, Cari Tahu!

Menu Sahur yang Cocok Untuk Diet Sambil Berpuasa

Pertama, pastikan makanan yang kamu konsumsi menyediakan cukup energi bagimu untuk beraktivitas selama berpuasa. Saat sahur, perhatikan jenis dan porsi makanmu. Gak lucu kalau nantinya kamu malah naik berat badan karena kelebihan makan saat sahur dan berbuka.

Inilah beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu konsumsi saat diet sambil berpuasa.

1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Tubuh kita memerlukan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi. Sehingga, asupan karbohidrat harus ada dalam menu sahur agar tak lemas saat berpuasa. Catat, karbohidrat kompleks gak mesti nasi putih, lho. Kamu bisa menggunakan alternatif yang lebih sehat seperti nasi merah, roti gandum, dan sereal yang kaya serat, sehingga dapat mengatur pelepasan energi secara perlahan.

2. Konsumsi Protein

Fungsi protein adalah cadangan energi pada tubuh. Jadi, protein harus ada dalam menu sahur agar kamu tidak lemas saat berpuasa. Sumber protein bisa kamu dapatkan dari daging ayam, sapi, ikan, putih telur, tempe, dan kacang-kacangan. Tentunya pilih daging rendah lemak seperti ikan salmon, trout, dan sarden, bagian dada ayam, ayam tanpa kulit, punggung luar sapi (sirloin) dan sebagainya.

3. Perbanyak Sayur dan Buah

Jangan makan daging melulu, makan sayur juga dong! Kalimat itu pasti pernah diucapkan seorang ibu pada anaknya. Yup, sayuran dan buah tepat dijadikan menu sahur sehat karena kaya akan kandungan serat. Ini membuat sayuran dan buah bisa mengenyangkan dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga cocok sebagai menu sahur sehat agar kamu tak lemas saat berpuasa.

4. Susu Rendah Lemak

Konsumsi susu boleh saja, tapi sebisa mungkin susu yang rendah lemak. Kamu bisa mengonsumsi susu kedelai.

5. Lemak dan Minyak yang Aman

Boleh saja mengonsumsi lemak, asal bukan lemak jenuh. Contohnya, minyak kelapa, mentega, minyak zaitun, dan minyak ikan.

Itulah beberapa menu sahur tepat untuk kamu yang sedang diet. Yuk, selalu bersiap untuk sahur setiap hari agar tubuh kita senantiasa sehat selama menjalani ibadah puasa pada bulan Ramadhan.

Oh iya, selama puasa Ramadan kamu juga bisa mengisi waktumu dengan ikutan kelas yang bersertifikat di goKampus, loh. Agar gak bosan menunggu waktu berbuka puasa atau bingung melakukan kegiatan apa setelah sahur, yuk cari dan pilih kelas yang kamu minati dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *