Mengatasi Kendala Biaya Kuliah
Upskill

Biaya Kuliah Jurusan Psikologi Di Kampus Swasta

biaya kuliah jurusan psikologi – Siapa di sini yang gak kenal dan masih asing sama jurusan psikologi? Pastinya sudah familiar dong ya dengan jurusan yang bisa dibilang sangat sering dicari oleh para pelajar di Indonesia untuk melanjutkan pendidikan S1 nya.

Nah, goKampus akan kasih tau kamu biaya kuliah jurusan psikologi di tiga kampus swasta terbaik versi goKampus nih. Tentunya, penjelasan mengenai biaya kuliah ini bisa membantu dan jadi referensi dalam memilih jurusan ya! Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai biaya kuliah jurusan psikologi, kita bahas sedikit yuk tentang jurusan psikologi!

1. Ilmu psikologi apa sih?

Ilmu psikologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari lebih dalam mengenai mental, pikiran, dan perilaku manusia. Biasanya Ilmu psikologi ini sering kali dimanfaatkan untuk menyelesaikan masalah atau mencari solusi tepat dalam serangkaian aktivitas manusia yang kompleks.

Kalau berdasarkan sejarahnya, akar psikologi berasal dari filosofi manusia dimulai dari tipe-tipe kepribadian manusia, bagaimana manusia berperilaku, serta sifat-sifat manusia, karena itulah ilmu psikologi merupakan ilmu yang mudah diaplikasikan di kehidupan sehari-hari, sehingga kamu akan mendapatkan banyak sekali ilmu yang membuatmu mengenal diri sendiri, mengenal orang lain, dan mempelajari cara berinteraksi satu sama lain sesuai dengan kepribadian masing-masing. 

Oleh karena itu, gak sedikit mahasiswa psikologi yang akhirnya jatuh cinta banget sama ilmu yang dipelajarinya setelah masuk kuliah!

2. Selama kuliah belajarnya apa aja ya?

Selama 4 tahun kamu kuliah, kamu akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan perilaku, pola pikir, dan mental manusia secara ilmiah. Kamu akan belajar beberapa mata kuliah seperti filsafat, psikologi kepribadian, psikologi klinis, dan banyak mata kuliah lainnya. 

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak sekali kemampuan dan pengetahuan loh, salah satunya adalah pengetahuan membaca data, melakukan analisis, komunikasi, dan mengelola empati. Hmm.. gak kebayang betapa serunya belajar di kelas psikologi deh!

3. Kerjanya bisa jadi apa dan dimana aja?

Banyak sekali peluang kerja yang bisa diambil oleh mahasiswa psikologi, contohnya saja jika kamu ingin berkarir di dunia pemerintahan atau perusahaan swasta, biasanya mereka mencari lulusan psikologi untuk menjadi Human Resources (HR) di perusahaan tersebut. Tugasmu adalah mengelola Sumber Daya Manusia (SDM), melakukan penerimaan karyawan baru serta menyelenggarakan berbagai program pelatihan. 

Baca Juga : Cari Tau Prospek Kerja Psikologi Di Dunia Kerja

Selain itu, kamu juga bisa bergabung ke perusahaan konsultan dan menjadi bagian dari HR konsultan di perusahaan tersebut. Gak cuman itu, kamu juga bisa berkarir di berbagai kantor Kementerian di Indonesia. Wah.. peluang kerjanya banyak banget ya!

A. Biaya kuliah jurusan psikologi

Ini adalah daftar biaya kuliah jurusan psikologi di tiga kampus favorit versi goKampus nih. Ada Universitas Pelita Harapan, Universitas Tarumanagara, dan Universitas Surabaya. 

1. Universitas Tarumanagara (UNTAR)

Program Studi Psikologi telah dirintis sejak tahun 1981. Ilmu Psikologi mulai digunakan pada Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur, dan Fakultas Kedokteran dalam bentuk mata kuliah Pengantar Psikologi. Pada tahun yang sama didirikan pula Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi yang dikelola langsung oleh Yayasan Tarumanagara.

Ini adalah biaya kuliah jurusan psikologi UNTAR:

Program studiSPPBPPBiaya sks/blokJumlah sks/blokTotal biaya kuliah semester 1Total biaya kuliah
Psikologi25,000,0008,500,000400,0002016,500,000117.100.000

2. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Dengan enam konsentrasi pilihan (pendidikan psikologi, psikologi klinis, psikologi sosial, psikologi industri dan organisasi, psikologi perkembangan, serta psikologi konseling), UPH memiliki tujuan untuk menghasilkan profesional dengan integritas dan kemampuan dalam membuat kemajuan yang diperlukan di bidang psikologi.

Fakultas psikologi UPH memberikan mahasiswanya gambaran tentang studi dasar psikologi dan bentuk aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

Kurikulum fakultas psikologi dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan perspektif yang luas dalam bidang psikologi, kemampuan luar biasa untuk melakukan penelitian di bidang teknologi perilaku dan konseling, serta dedikasi yang tinggi dalam pelayanan kesehatan mental sesuai dengan profesionalisme.

Untuk bisa mengoptimalkan proses belajar mengajar, mahasiswa akan diberikan penjelasan langsung oleh dosen atau tenaga pengajar yang memiliki pengalaman dan profesional di bidang psikologi. UPH juga memberikan fasilitas berupa laboratorium yang bisa digunakan sebagai tempat workshop.

Berikut ini adalah biaya kuliah jurusan psikologi UPH:

Program studi
First payment

2nd semester – complete

Total study fee
Admission feeJacket, orientation,facilities1st semester (semester fee + credit fee)
psikologi45,000,00016,000,00018,850,000127,595,000207,445,000

3. Universitas Surabaya

Fakultas Psikologi UBAYA telah menjadi institusi yang digunakan untuk mendidik mahasiswanya lebih dari sekedar mengembangkan ilmunya melalui pengajaran di kelas yang unggul, tetapi juga untuk mengembangkan soft skill mahasiswanya. 

Ubaya juga memberikan mahasiswanya pengajaran softskill melalui pengajaran di ruang kelas, program co curricular dan ekstrakurikuler. Fakultas psikologi memiliki berbagai dosen dan tenaga pengajar yang sudah ahli dan profesional di bidangnya masing-masing. Dan fakultas psikologi Ubaya terbuka dari S1 sampai S3.

Berikut ini adalah biaya kuliah jurusan psikologi Ubaya:

Fakultas Program studi
UPP (per semester)
Persyaratan khusus
totalAngsur 5xtunai
Psikologi19,950,0003,990,00019,000,000

Yuk, klik halaman UNTAR untuk mencari informasi lebih lanjut seputar jurusan psikologi yang ada di UNTAR. Jangan lupa juga untuk konsultasikan persoalan kampusmu bersama goKampus.

Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *