Biaya pendidikan setiap tahunnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Ini tentu tidak terlepas dari perkembangan zaman yang berjalan begitu pesat. Dampaknya, banyak mahasiswa yang harus memikirkan biaya kuliah. Dan sebagian dari mereka menyiasatinya dengan bekerja. Namun, apakah benar-benar bisa kuliah sambil kerja? Jawabannya satu kata: Bisa!.

Baca Juga: Kuliah Cuma Belajar. Benarkah?

Hidup di era modern seperti sekarang ini, dimana segalanya berjalan begitu cepat mengharuskan kamu untuk dapat beradaptasi. Tanpa mampu menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar, dapat dipastikan bahwa kamu hanya akan terjebak pada kebiasaan lama yang lambat dan membuang-buang banyak waktu.

Untuk itulah mengapa kembali melanjutkan pendidikan tinggi menjadi sebuah keharusan. Dengan kembali belajar yang dimana prosesnya dibimbing langsung oleh tenaga pengajar profesional, maka kemampuan diri kamu akan meningkat. Tidak hanya itu, kamu juga akan jauh lebih bisa mengembangkan diri sendiri.

Memang kuliah bukan satu-satunya jalan untuk menuju tangga kesuksesan dan solusi untuk beradaptasi akan keadaan zaman yang begitu modern ini. Namun perlu digaris bawahi bahwa universitas negeri di Indonesia misalnya, merupakan sebuah wadah dalam mengembangkan kemampuan seseorang. Tidak sedikit cerita kesuksesan seseorang yang berawal dari bangku kuliah.

Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri kamu sedini mungkin dalam menyongsong fase kehidupan selanjutnya setelah selesai menempuh pendidikan di bangku sekolah. Jangan hanya puas pada pencapaian di tingkat SMA dan sederajatnya. Tingkatkan kemampuan kamu lebih jauh di perguruan tinggi.

Namun, biaya kuliah di Indonesia itu termasuk mahal, lantas bagaimana mengatasinya? Jawaban atas pertanyaan itu sangatlah beragam, mulai dari mengajukan program beasiswa, hingga kuliah sambil kerja. Jawaban terakhir apakah benar-benar bisa? Tentu saja bisa. Tapi, penting untuk lebih dulu mengetahui 3 tips berikut ini.

1. Pilih Jenis Pekerjaan Yang Sesuai

Tips pertama agar kuliah tetap lancar meski sambil bekerja adalah memilih jenis pekerjaan yang sesuai. Maksudnya, sesuaikan jam kerja dengan waktu kuliah kamu. Jangan sampai, bekerja dengan jenis pekerjaan yang fulltime karena itu tidak mungkin bisa dilakukan jika kamu mengambil kelas reguler. Kecuali kamu memang kuliah kelas karyawan, dan pekerjaan fulltime itu dilakukan pada malam hari.

Ambilah jenis pekerjaan yang tidak mengganggu kuliah. Tetaplah fokus pada masa pendidikan tinggi kamu di masa perkuliahan. Jangan justru sebaliknya, pekerjaan yang diutamakan namun kuliah justru terbengkalai. Pekerjaan partime menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan penghasilan dalam membantu biaya kuliah yang mahal.

2. Atur Waktu Sebaik Mungkin

Setelah mengetahui jenis pekerjaan yang sesuai dengan diri kamu, tips kedua dalam upaya mengatasi biaya pendidikan yang mahal dengan cara kuliah sambil kerja adalah mengatur waktu sebaik mungkin. Bagi waktu dengan cermat, mulai dari waktu untuk kuliah, kerja dan istirahat.

Pastikan bahwa waktu istirahat kamu cukup. Jangan justru fokus kuliah dan kerja namun melupakan waktu istirahat. Karena penting untuk diingat bahwa badan dan pikiran kamu juga butuh waktu untuk sejenak keluar dari rutinitas. Waktu istirahat ini juga termasuk waktu untuk refreshing. Manjakan dirimu sesekali dengan hal-hal yang kamu sukai, seperti nongkrong, liburan, dan lain sebagainya.

3. Maksimalkan Kesempatan Yang Ada

Tips sukses kuliah sambil kerja yang terakhir adalah memaksimalkan setiap kesempatan yang ada. Maksudnya adalah bahwa kamu harus benar-benar pandai dalam melihat keadaan. Dengan begitu, meminimalisir waktu yang terbuang sia-sia.

Contohnya, kamu sedang bekerja namun pekerjaan itu tidak terlalu sibuk. Manfaatkan waktu sedang tidak sibuk tersebut untuk mencicil tugas kuliah kamu. Sehingga, setelah pekerjaan selesai, tugas kuliah kamu sudah setengah jalan tinggal menyelesaikan sisanya. Ini bisa disebut dengan kerja cerdas.

Untuk lebih banyak mengetahui berbagai tips-tips mahasiswa, kamu bisa menggunakan aplikasi goKampus. Tak hanya tips mahasiswa, pendaftaran kuliah, informasi acara kampus, beasiswa, kerja magang hingga dana pendidikan juga bisa kamu akses dengan mudah di aplikasi goKampus. Jadi, tunggu apalagi? Download aplikasinya sekarang di Google Play Store dan App Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like