Masa kuliah berlangsung selama 8 semester. Ketika sudah berada di semester akhir, mahasiswa lebih dikenal dengan sebutan mahasiswa tingkat akhir, dimana memang mereka hanya fokus pada penyusunan skripsi atau tugas akhir.

Tidak heran, mahasiswa semester akhir hanya datang ke kampus untuk keperluan bertemu dengan dosen pembimbing dan menanyakan tentang skripsi mereka. Hal itu memang karena mereka tidak lagi disibukkan dengan jadwal mata kuliah.

Baca Juga: Hal Yang Perlu Dipikirkan Mahasiswa Tingkat Akhir Selain Skripsi

Lantas, bagaimana jika mahasiswa tingkat akhir ini tidak mampu menyelesaikan skripsi sesuai dengan batas waktu yang diberikan? Jawabannya tentu saja mereka harus kembali menambah satu semester.

Kegagalan dalam mengerjakan skripsi tidak terlepas dari berbagai faktor. Berikut ini setidaknya 4 faktor yang menjadi alasan mengapa mahasiswa semester akhir merasa malas dalam mengerjakan skripsi.

1. Menunda Untuk Memulai

Alasan mahasiswa tingkat akhir malas mengerjakan skripsi yang pertama adalah menunda untuk memulai. Sifat manusiawi memang kalau kita sering menunda-nunda sebuah pekerjaan. Namun, tidak baik jika dilakukan secara terus-menerus.

Buang jauh-jauh pikiran “nanti aja, masih panjang waktunya” dan mulailah untuk mengerjakan skripsi sedini mungkin. Memang waktu pengerjaan skripsi itu cukup lama, yakni satu semester yang artinya 6 bulan. Tapi ingatlah waktu tidak dapat diputar-kembali. Untuk itu, atur jadwal sekarang juga!

Tidak ada istilah sulit dan mudah dalam menyusun skripsi, karena semua skripsi itu pada dasarnya sama. Maksudnya, tergantung pada mahasiswa itu sendiri dalam mengatur waktu. Dengan sedini mungkin mengerjakan tugas akhir kuliah tersebut, maka semakin baik dalam prosesnya. Sebaliknya, jika menunda-nunda, waktu terasa menghantui dan tentu hal itu akan memperlambat dalam proses penulisan skripsi.

2. Magang

Terlepas dari salah satu syarat kelulusan, program magang itu ternyata menjadi alasan kedua mengapa banyak mahasiswa yang malas mengerjakan skripsi. Padahal sesungguhnya bahwa magang itu tidak dapat dijadikan sebagai alasan karena waktu dari program ini hanya berlangsung selama 3 bulan. Itu artinya masih menyisakan 3 bulan.

Titik kesalahan dari mahasiswa yang menjadikan magang sebagai alasan mereka malas mengerjakan skripsi adalah tidak dapat membagi waktu dengan baik. Untuk itu, aturlah waktu sebaik mungkin sehingga magang bisa berjalan dengan baik, bersamaan dengan penyusunan skripsi.

3. Dosen Pembimbing

Alasan ketiga yang menjadi alasan mahasiswa malas menyusun skripsi adalah dari faktor dosen pembimbing. Fakta mengungkapkan bahwa memang tidak sedikit dosen pembimbing yang mudah ditemui untuk keperluan konsultasi skripsi.

Namun harus disadari pula bahwa dosen pembimbing itu layaknya kita, memiliki urusan lain. Untuk itu, jika Ia sulit ditemui pada hari biasa karena disibukkan dengan jadwal kuliah, temuilah di akhir pekan, tentunya dengan lebih dulu menghubunginya. Penting untuk diterapkan, sopanlah ketika menghubungi dosen pembimbing dan pilihlah waktu yang tepat.

4. Liburan

Liburan adalah hal yang harus dilakukan ketika menemui titik jenuh. Tekanan dosen pembimbing dan berulangkali melakukan revisi skripsi menjadi alasan utama mengapa mahasiswa tingkat akhir memutuskan untuk sejenak berlibur.

Akan tetapi, tidak sedikit mahasiswa yang justru lebih banyak meluangkan waktu untuk berlibur hingga menyampingkan tugas akhir kuliah. Hal itu tentu tidak terlepas dari fakta sebagai mahasiswa akhir yang memang tidak lagi disibukkan dengan jadwal mata kuliah, dan hanya menemui dosen pembimbing.

Liburan memang perlu, tapi jangan sampai melupakan tugas utama sebagai mahasiswa semester akhir, yakni menyusun skripsi. Jangan sampai kelulusan kamu tertunda karena tidak pandai dalam mengatur waktu.

Kini, mendapatkan ragam informasi seputar dunia perkuliahan menjadi lebih mudah hanya dengan melalui satu aplikasi, goKampus namanya. Dalam aplikasi yang sudah tersedia di Google Play Store dan App Store ini, kamu mudah untuk memperoleh informasi seperti pendaftaran beasiswa, dana pendidikan, kerja magang dan acara kampus. Jadi, buat mudah urusan kuliah kamu sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like