science
FAQ goKampus Tips Belajar Upskill

Mau Kuliah Di Amerika? Oregon State University aja!

Buat kamu anak-anak kelas 12 SMA khususnya yang memiliki keinginan untuk kuliah di Amerika, pastinya sudah gak akan diragukan lagi kualitas sistem pendidikannya. Kira-kira nih buat kamu yang memang memutuskan untuk kuliah di negeri Paman Sam ini. Apa sih yang harus kamu persiapkan?

1. Matang secara finansial

Buat kamu yang berencana untuk kuliah di Amerika, kamu wajib banget loh untuk matang secara keuangan dulu! Karena biaya kuliah di Amerika bisa dibilang gak murah, tapi ada beberapa kampus yang harganya masih sangat terjangkau.

Kalau misalnya kamu sudah aman secara keuangan, maka kamu gak akan menghadapi masalah tersebut! Karena beberapa kali ditemukan banyak masalah yang dihadapi oleh para pelajar internasional adalah mengenai biaya akomodasi bahkan tempat tinggal. Jadi, persiapkan keuanganmu dari sekarang ya!

2. Pelajari Budaya!

Pastinya yang akan kamu persiapkan sebagai calon mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri adalah budaya dan cuaca. Cara pertama yang harus kamu pelajari adalah bahasa asing khususnya bahasa inggris, karena rata-rata orang Amerika menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa komunikasi mereka.

Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas yang mungkin memang fokus ke minat yang sama atau yang sama-sama memiliki keinginan untuk bergabung kuliah di Amerika.

Untuk cara bersosialisasinya, kamu juga gak perlu takut loh karena suasana belajar cenderung santai dan informal. Sebagai mahasiswa, kamu udah gak perlu sungkan dan malu untuk bertanya dan berpendapat karena gaya belajar di Amerika lebih mengedepankan interaksi dua arah.

Kamu harus bisa mengutarakan pikiranmu dibandingkan kamu hanya menyerap apa saja yang harus disampaikan oleh dosen tanpa berpendapat sama sekali.

Nah, untuk kamu yang masih bingung dan belum ketemu mau kuliah di kampus mana di Amerika, tenang aja, Oregon State University adalah jawabannya! Ada beberapa alasan loh kenapa harus memilih Oregon State University sebagai tempat kamu melanjutkan pendidikan. Apa aja sih? Yuk simak!

1. Jurusan kehutanan terbaik nomor 2!

Mungkin kalau di Indonesia jurusan ini belum terlalu terkenal, tapi di Oregon State University, jurusan kehutanan mendapatkan peringkat kedua terbaik di dunia loh.

Oregon State University juga merupakan universitas terkemuka yang mungkin diakui secara nasional dalam praktik pengajaran, penelitian, pelayanan, dan manajemen yang memang mengedepankan kelestarian dan tanggung jawab lingkungan. Dijamin deh jurusan kehutanan di OSU akan menghasilkan kamu sebagai lulusan yang oke dan siap untuk berkarir di masa depan!

2. Program oseanografi tiga besar dunia!

Program studi oseanografi yang ada di Oregon State University menduduki peringkat tiga besar dunia loh. Buat kamu yang masih bingung program studi oseanografi itu apa sih? Kok sampai jauh-jauh harus kuliah di Amerika? Pada dasarnya, ilmu oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan, tapi jurusan ini berbeda dengan jurusan kelautan itu sendiri, bedanya dimana?

Nah, kalo ilmu oseanografi, kamu akan lebih mendalami berbagai fenomena laut yang kemudian bisa diaplikasikan ke berbagai macam bidang misalnya tentang lingkungan, bencana laut, atau mitigasi bencana.

Sedangkan kalau jurusan ilmu kelautan, biasanya kamu akan lebih banyak mempelajari tentang ilmu dasar dan teorinya yang nanti baru dikaitkan dengan kelautan misalnya saja seperti biota atau sumber daya alamnya.

Nah, ini dia yang membuat jurusan ini lebih sering dikaitkan dengan topik perikanan dan lebih dikenal dengan sebutan jurusan ilmu kelautan dan perikanan.

Selain program studinya, kira-kira prospek kerjanya akan menjadi apa ya? Nah, prospek kerjanya akan lebih fokus menjadi tenaga ahli kelautan atau kamu bisa menjadi engineering yang memang fokus ke bidang bawah laut. Seru banget kan? Yuk kuliah di bidang oseanografi di Oregon State University aja!

3. Program Kuliah Online Terbaik Di Amerika!

Wah.. kamu gak perlu susah-susah lagi untuk kuliah di Amerika khususnya di OSU, karena OSU merupakan salah satu universitas terbaik yang menyediakan program online sejak lama yaitu semenjak tahun 2000-2001.

OSU sendiri adalah universitas publik yang menawarkan lebih dari 80 program gelar secara online dan pilihan program studi yang ditawarkan pun bisa sangat beragam loh. Kamu bisa mengambil kuliah online di program bisnis, komputer, teknik, seni, hingga di bidang kesehatan.

Baca Juga : Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kuliah Di Amerika

Kamu gak perlu khawatir lagi tentang kesulitannya dalam menempuh pendidikan di OSU, karena OSU selalu menawarkan mahasiswa internasional pengalaman pendidikan terbaik di universitas yang paling oke di Amerika.

Selain S1, OSU juga menawarkan program jalur masuk langsung ke program S2 dan S3 loh. Memang universitas ini berkomitmen terhadap pendidikan internasional dan kesuksesan mahasiswa juga. Wah.. keren banget ya!

4. Empat Besar Jurusan Teknik Robotik Di Amerika

Kamu tau gak sih kalo sebenarnya Oregon State University terkenal banget dengan program studi teknik robotik mereka, bahkan menduduki posisi empat besar loh di Amerika.

Sempat terkenal juga waktu 2017 lalu, bahwa para peneliti dari Oregon State University menciptakan sebuah robot yang bisa bergerak secara fleksibel tapi sangat efisien seperti tubuh binatang. Robot ini sengaja dibuat agar robot ini mampu untuk bisa memiliki energi layaknya tubuh manusia dan bisa menghadapi segala situasi. 

Robot ini diberi nama Casey yang dimana berbentuk menyerupai burung unta, dan dengan dukungan dana sebesar $1 juta dari pemerintah AS, maka para peneliti dari OSU juga mengembangkan robot berkaki dua lainnya. Jadi, buat kamu yang suka banget dengan robotik, yakinkan dirimu untuk bisa kuliah di Amerika ya!

5. Fasilitas terjamin dan ramah pelajar!

Untuk kamu seorang mahasiswa Oregon State University pastinya gak akan ketinggalan untuk bisa memanfaatkan seluruh fasilitas dan sumber daya di kampus ini karena ada banyak banget fasilitas yang menunjang proses pembelajaranmu.

Misalnya saja seperti perpustakaan yang selalu terbuka 24 jam yang dimana kamu bisa menggunakan perpustakaan OSU kapan aja dan pastinya akan selalu ada tutor yang siap membantu kamu jika kamu ada kesulitan selama di perpustakaan.

Yang kedua adalah fasilitas olahraga dimana OSU memiliki berbagai fasilitas olahraga yang sangat lengkap. OSU memiliki kolam renang berukuran 23 meter dan mahasiswa juga memiliki akses untuk pergi ke pusat rekreasi Dixon dan bisa mengikuti salah satu tim olahraga.

Yang ketiga adalah akomodasi, dimana sebagai mahasiswa internasional yang kuliah di Amerika, OSU adalah pilihan yang sempurna bagi mahasiswa internasional untuk bisa bersantai dan berkenalan dengan banyak teman baru.

Nah, biasanya lokasinya adalah dekat dengan gedung perkuliahan dan fasilitas kampus. Gak perlu khawatir deh dengan asrama yang disajikan di OSU!

Nah, gimana menurutmu kuliah di Amerika? Gak perlu bingung lagi ya untuk mencari tahu kampus terbaik untukmu di Amerika. Klik halaman ini untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai Oregon State University!

Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *