Dunia perkuliahan bukan hanya tentang belajar secara akademis hingga mendapatkan gelar sarjana maupun master, tetapi juga masa untuk meningkatkan kemampuan lain yang kita miliki. Menjadi mahasiswa aktif selagi kuliah menjadi poin penting demi mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia profesional setelah lulus nanti.

Tahukah kamu bahwa ternyata ada istilah yang digunakan untuk julukan mahasiswa dengan kegiatan atau cirinya masing-masing loh! Ada dua istilah yang umum, yakni mahasiswa “kupu-kupu” dan mahasiswa “kura-kura”.

Baca Juga: 2 Istilah Lucu Bagi Mahasiswa di Indonesia

Mahasiswa “kupu-kupu” itu adalah mahasiswa yang setelah mengikuti mata kuliah satu per satu sesuai jadwal, mereka umumnya langsung pulang ke rumah, tanpa kembali menyibukkan diri di lingkungan kuliah.

Sebaliknya, mahasiswa “kuru-kura” adalah mahasiswa yang tidak hanya sibuk secara akademis, dimana mengikuti jadwal kuliah sebagai kewajiban, tetapi mereka juga sibuk mengikuti beragam kegiatan perkuliahan, seperti menjadi kepanitiaan, gabung organisasi, dan lain sebagainya.

Nah, sebaiknya kamu jangan menjadi mahasiswa “kupu-kupu” ya sobat! Pasalnya, sangat disayangkan jika masa perkuliahan kamu hanya dimanfaatkan secara akademis saja, tanpa meningkatkan kemampuan lain yang mungkin selama ini kamu tidak ketahui. Selain itu, dengan menjadi mahasiswa aktif selagi kuliah, memberikan kamu beragam keuntungan loh! Ini dia 3 keuntungan besarnya!

Mengelola Prioritas Dengan Membagi Waktu

Keuntungan menjadi mahasiswa aktif selagi kuliah yang pertama adalah mampu mengelola waktu dengan baik. Karena perlu diketahui bahwa ketika nanti lulus dan terjun ke dunia profesional, menjadi sangat penting untuk kamu mampu mengetahui mana yang menjadi prioritas. Dengan demikian, segala pekerjaan dapat selesai tepat waktu.

Menjadi kepanitiaan ataupun bergabung di salah satu organisasi di dunia perkuliahan akan membuat diri kamu super sibuk. Bagaimana tidak, selain sudah disibukkan dengan jadwal kuliah yang padat, kamu juga harus mengikuti jadwal sesuai organisasi atau kepanitiaan yang kamu ikuti.

Namun jangan jadikan hal itu sebuah beban, melainkan menjadikannya sebagai momen untuk belajar mengelola prioritas dengan membagi waktu sebaik mungkin. Ini sangat berguna ketika kamu berada di dunia profesional kelak.

Catatan penting, jangan memaksakan diri untuk mengikuti semua organisasi maupun kepanitiaan yang berlangsung selama kuliah. Poin pentingnya adalah ketika sudah bergabung organisasi atau menjadi kepanitiaan acara kampus, lakukan dengan semaksimal mungkin. Jangan setengah-setengah karena hal itu hanya akan membuat kamu terasa sia-sia menjalaninya.

Mengasah Soft Skill

Selain akan membuat kamu pintar dalam membagi waktu sekaligus mengetahui mana yang menjadi prioritas, keuntungan mahasiswa aktif selagi kuliah, kamu juga akan mampu meningkatkan kemampuan lain yang mungkin selama ini terpendam.

Hard skill memang menjadi poin penting untuk membangun karir di dunia profesional nanti, tapi bukan berarti soft skill diabaikan ya sobat goKampus! Sebagai contoh, kamu ingin berkarir di dunia profesional sebagai seorang desainer, tentu kamu akan meningkatkan hard skill dalam bidang seni gambar. Tapi, ketika kamu berkarir secara mandiri sebagai desainer, maka ilmu manajemen menjadi penting dalam mengelola usaha yang kamu mulai.

Dengan bergabung organisasi atau menjadi kepanitiaan, maka segala kemampuan baru akan muncul dari diri kamu. Dan itu artinya pula, dunia perkuliahan tidak hanya momen untuk meningkatkan hard skill semata, tetapi juga soft skill yang pastinya akan berguna di dunia profesional kelak.

Menambah Pengalaman dan Membangun Relasi

Dan keuntungan mahasiswa aktif selagi kuliah yang ketiga adalah menambah pengalaman sekaligus membangun relasi. Sebagai diketahui bersama bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Dan, relaasi itu juga menjadi jembatan untuk membangun karir.

Pengalaman dipastikan akan kamu dapatkan ketika bergabung organisasi maupun menjadi kepanitiaan. Bagaimana tidak, misal kamu ditunjuk sebagai sekretaris, dimana kamu belum pernah mengikuti sebelumnya, maka tentu saja akan membuat kamu mengetahui bagaimana cara kerja seorang sekretaris.

Dalam hal membangun relasi juga demikian. Ketika kamu ditunjuk sebagai panitia pencari sponsorship untuk menyukseskan acara, maka kamu akan menjalin hubungan dengan seorang profesional. Relasi ini akan sangat berguna untuk membangun karir kamu di dunia profesional.

Meski kamu harus melakukan segala hal di rumah di masa pandemi ini, kamu tetap bisa daftar kuliah loh sobat! Caranya sangat gampang, hanya cukup melalui aplikasi goKampus, kamu bisa langsung diterima di kampus pilihan loh!

Tidak cuma bisa daftar kuliah aja, melalui aplikasi goKampus yang sudah tersedia di App Store dan Google Play Store, sobat juga bisa berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah. Untuk kamu yang juga butuh informasi magang, event kampus dan dana pendidikan, kamu juga bisa cukup mengandalkan aplikasi goKampus. Satu lagi, di aplikasi goKampus, banyak promo yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like