karier cemerlang di masa depan
Tips Belajar

Karier Cemerlang di Masa Depan? Kuasai Beragam Skill Ini!

Punya karier yang cemerlang tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun, untuk mencapai hal tersebut, kamu tentu harus punya skills serta berkeinginan untuk terus belajar dan berkembang. So, apa saja skills yang dibutuhkan di masa depan? Yuk, kepoin di artikel ini!

Skill yang Dibutuhkan di Masa Depan

Di masa depan, menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, melalui Sindonews, ada beberapa pekerjaan yang akan hilang dan bertahan di 2030. Pekerjaan yang tetap bertahan, mulai dari software dan game developer, digital marketer, hingga content creator. Nah, agar kamu tetap bersaing di dunia kerja nantinya, berikut skills yang harus kamu kuasai di masa depan!

Hard Skills yang Penting di Masa Depan

1. Skills yang berhubungan dengan information technology

Kalau kamu tertarik menjadi software atau game developer, kamu tentu harus menguasai kemampuan, seperti algoritma, bahasa pemrograman, serta software development life cyle. Data scientist atau big data analyst juga harus memahami pemrograman, seperti Phyton dan R. Selain itu, kamu juga harus menguasai database management, data visualization, data mining, dan familier dengan clouds.

2. Digital marketing

Tahukah kamu kalau digital marketer juga merupakan salah satu pekerjaan yang tetap ada di 2030? Nah, kalau kamu ingin bersaing di dunia kerja nantinya, kamu harus menguasai search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), content marketing, hingga analytics dan data insights. 

3. Social media

Digital content creator juga masih tetap dibutuhkan di 2030 loh, guys. Kemampuan di social media marketing dan menggunakan social media tools, seperti analytic dan ads perlu kamu pelajari. Kamu juga perlu melakukan riset, mengikuti perkembangan tren, membuat content plan, dan memahami content pillar jika ingin menjadi digital content creator di masa depan.

4. Copywriting

Copywriting merupakan salah satu skill yang gak kalah penting di masa depan. Dengan menguasai skill ini, kamu bisa menciptakan caption di social media atau wording yang website kamu perlukan.

Soft Skills yang Harus Kamu Kuasai

1. Problem solving

Pekerjaan apapun nantinya, kamu harus memiliki skill yang satu ini. Hal ini karena di dunia kerja kamu akan menghadapi berbagai problem. Kamu harus mampu mencari solusi terhadap masalah yang kamu hadapi di pekerjaan.

2. Kreatif

Kalau kamu ingin menjadi game developer, digital marketer, atau content creator, kamu wajib menguasai skill yang satu ini. Dengan skill ini, kamu bisa menciptakan ide-ide yang baru yang berguna untuk pekerjaan. Kamu bisa mengasah kreativitas dengan banyak membaca dan menonton dari berbagai sumber.

3. Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik tentu penting untuk pekerjaan apapun di masa depan. Komunikasi yang baik juga mendukung kerja sama dalam tim. Apalagi, kalau beberapa anggota dalam tim kamu berasal dari negara yang berbeda. Kamu juga harus mampu berkomunikasi dengan bahasa asing, seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, dan lainnya.

Baca Juga: 3 Skill Ini Dibutuhkan di Era Digital, Simak Yuk!

Itulah beragam skills untuk mencapai karier yang cemerlang. Untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai kebutuhan di masa depan, kamu tentu harus selalu mau belajar hal-hal baru dengan mengikuti courses yang bersertifikat. Sertifikat dapat menjadi bukti kalau kamu menguasai kemampuan tertentu dan dapat menarik perhatian recruiter perusahaan.

Ciptakan peluang kerja di masa depan

Mumpung masih ada waktu, yuk ciptakan peluangmu di dunia kerja dengan ikutan courses yang sesuai minatmu dan kebutuhan masa depan. Bareng goKampus, kamu gak hanya upgrade skill dan dapat beragam insights dari pakar, tetapi juga bisa ikutan courses dari mana saja secara online PLUS dapat sertifikat dari institusi terbaik dunia.

Nah, bertepatan dengan World Youth Skills Day 2022 yang jatuh pada 15 Juli nanti, goKampus bagi-bagi voucher potongan bagi kamu yang daftar courses menggunakan kode GOWYSD22 pada 15-31 Juli 2022. Yuk, sign up dan gunakan voucher-nya biar kamu bisa #LearnBetterGoFaster with goKampus! Cek detail promo World Youth Skills Day 2022 di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *