Masa pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pun akhirnya diperpanjang demi memutus rantai penyebaran virus korona. Masyarakat pun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah aja, mungkin sampai lupa bagaimana rasanya di luar sana seperti apa. Secara perlahan, kesehatan mental mulai terasa terganggu. Menjadi penting untuk tetap menjaga kesehatan mental selama di rumah aja, dan berikut ini tipsnya!

Kesehatan mental selama pandemi Covid-19 dapat terjadi dari berbagai faktor. Diantaranya seperti rasa kekhawatiran yang besar akibat wabah yang belum juga berakhir, rasa terasingkan selama menjalani masa karantina, kesedihan dan kesepian akibat jauh dari orang-orang tersayang, dan rasa bingung akan segala informasi yang  bertebaran.

Baca Juga: Meski di Rumah Aja dan Berpuasa, Yuk Tetap Produktif!

Faktor-faktor tersebut menghadirkan tekanan dan secara perlahan akan mengakibatkan gangguan kesehatan mental, seperti tingkat kecemasan dan ketakutan yang lebih tinggi dari sebelumnya, perubahan pola makan dan pola tidur, sulit berkonsentrasi, penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol stress, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana untuk tetap menjaga kesehatan mental selama di rumah aja sekaligus juga membantu memutus rantai penyebaran Covid-19? Berikut ini 3 tips untuk tetap menjaga kesehatan mental selama di rumah aja!

Selektif Dalam Memilih Informasi

Untuk tips menjaga kesehatan mental selama di rumah aja yang pertama adalah selektif dalam mencari informasi. Jangan mudah untuk terhasut atau terbius dengan segala informasi yang beredar, terlebih jika itu tidak sesauai dengan kebenaran.

Seperti diketahui bersama, di era keterbukaan seperti ini, bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk mencari informasi dengan cepat, tetapi justru sudah termasuk kedalam kategori kebanjiran informasi. Begitu banyak informasi yang bertebaran di dunia internet.

Oleh karena itu, menjadi penting untuk selektif dalam memilih dan mempercayai sebuah informasi yang beredar. Hal ini karena akan berdampak pada kesehatan mental kita, dimana meminimalisir rasa cemas dan ketakutan setelah membaca berita tentang Covid-19.

Namun jangan dibalik ya pengertiannya. Maksudnya, kita memilih untuk menghindari segala informasi tentang Covid-19 agar tidak meningkatkan rasa cemas dan ketakutan kita. Hal itu tidaklah baik untuk dilakukan, karena juga akan berdampak pada kekurangan pengetahuan dan informasi dalam menyelesaikan pandemi ini. Terpenting adalah bijak dan kritis dalam memilih informasi.

Tetap Menjaga Komunikasi

Tips kedua untuk tetap menjaga kesehatan mental selama pandemi Covid-19 ini adalah dengan tetap menjaga komunikasi. Manfaatkan kecanggihan teknologi untuk memberikan jawaban terhadap rindu yang hadir.

Tetap menjalin komunikasi menjadi penting untuk dilakukan. Hal ini tidak hanya mengetahui kabar dari orang-orang tersayang seperti keluarga, tetapi juga mengurangi rasa kekhawatiran dan rasa terasingkan dari dunia luar selama pandemi ini.

Bukan hal sulit untuk melakukan tips yang kedua ini, mengingat kita sekarang ini tinggal di era teknologi, Melakukan beragam hal jauh menjadi lebih mudah, termasuk untuk menjalin komunikasi. Manfaatkan segala platform yang tersedia, seperti Whatsapp, Line, Zoom, dan lain sebagainya.

Jalani Kehidupan Sehat

Dan tips terakhir agar kesehatan mental tidak terganggu selama di rumah aja adalah menjalani pola kehidupan yang sehat. Selama di rumah aja, bukan berarti waktunya untuk bermalas-malasan, bukan juga waktunya untuk bebas melakukan apa saja tanpa memikirkan dampak yang terjadi.

Selama di rumah aja, menjadi tantangan untuk menjalani pola hidup sehat. Mulailah dengan mengatur pola istirahat. Kemudian mengatur pola makan yang sehat, dan jangan lupa juga untuk mengatur waktu produktifitas, dalam hal ini bukan hanya bekerja, tetapi juga berolahraga.

Selain itu, hindari juga kebiasaan buruk seperti meminum alkohol dan mulailah untuk membiasakan diri mengonsumsi makanan bergizi. Dengan begitu, kesehatan mental tetap sehat sekaligus juga membantu menghentikan pandemi Covid-19 ini.

Itulah menjaga kesehatan mental selama di rumah aja. Dan tahukah kamu, bahwa meski di rumah aja, kamu tetap bisa loh daftar kuliah. Caranya gampang banget, cukup dengan download aplikasi goKampus di App Store maupun Google Play Store dan kamu langsung bisa daftar kuliah dengan cepat dan mudah tentunya.

Dan tahukah juga kamu bahwa melalui aplikasi goKampus, kamu bisa langsung diterima di universitas pilihan tanpa tes. Bahkan, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan cashback hingga 500ribu Rupiah. Formulir pendaftarannya pun GRATIS.

Tak hanya itu, melalui aplikasi goKampus, kamu juga bisa mendapatkan beasiswa, mengajukan dana pendidikan, informasi mengenai magang dan event kampus, dan beli makanan favorit dengan promo mahasiswa. Jadi, download sekarang dan rasakan manfaat nyatanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like