perbedaan kreatif dan inovatif
Tips Belajar

Apa Perbedaan Kreatif dan Inovatif? Ternyata Ini Bedanya!

Di dunia kerja, sifat-sifat seperti kreatif dan inovatif penting dan perlu, loh. Saat mendengar kedua kata tersebut, kamu mungkin berpikir, bukannya kedua kata tersebut mirip, ya? Memang ada bedanya? Apa sebenarnya perbedaan kreatif dan inovatif? Biar kamu gak penasaran, yuk ketahui perbedaannya di artikel ini!

Pertama, mari kita lihat perbedaan kedua kata tersebut dari segi bahasa. Keduanya merupakan kata serapan dari bahasa Inggris, yaitu creative dan innovative, sedangkan berikut pengertian kedua kata tersebut menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

  1. Kreatif: (1) memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan; (2) bersifat (mengandung) daya cipta. Contoh kalimat: Pekerjaan yang kreatif menghendaki kecerdasan dan imajinasi.
  2. Inovatif: bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru; bersifat pembaruan (kreasi baru). Contoh kalimat: Kita mencoba memecahkan masalah pendidikan yang kronis dengan cara-cara inovatif.

Lalu, Apa Perbedaan Kreatif dan Inovatif?

Kurang lebih, perbedaan kreatif dan inovatif terletak pada wujudnya. Maksudnya seperti apa, sih? So, kreatif adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dan orisinal, sedangkan inovasi lebih kepada proses penerapan suatu hal agar memiliki nilai bagi orang lain. 

Orang yang kreatif bisa mengeluarkan potensi pada diri. Namun, potensi tersebut belum tentu terlihat, apalagi terukur. Kreativitas pada orang yang kreatif bisa keluar dari diri sendiri tanpa harus menciptakan sesuatu yang bisa terlihat.

Sebaliknya, inovasi cenderung bisa diukur. Dengan pemikiran inovatif, kita bisa menciptakan solusi pada beragam masalah, bahkan membuat terobosan baru pada sistem yang berjalan secara stabil.

Kesimpulannya, inovasi adalah wujud nyata dari kreativitas karena kreativitas bisa membuat ide cemerlang, namun gagasan cemerlang tersebut gak diartikan sebagai inovasi kalau kamu gak berniat untuk mewujudkannya.

Nah, untuk memaksimalkan kreativitas dan inovasi di lingkungan kerja, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, salah satunya brainstorming. Dengan melakukan brainstorming bersama rekan-rekan kerja, kamu bisa menggabungkan berbagai ide dan gagasan. Setelah itu, biasanya akan muncul ide dan gagasan menarik, bahkan mungkin akan muncul inspirasi baru yang kreatif dan inovatif untuk memecahkan masalah yang ada.

Baca Juga: Kreatif, Sifat yang Berperan Penting dalam Kehidupan Manusia

Sekarang kamu sudah tahu kan perbedaan kreatif dan inovatif? Oh iya, buat kamu yang ingin masuk kampus secara cepat, goKampus ada jawabannya nih. Gak pakai tes segala tinggal upload rapor, 1 jam diterima loh! Ga percaya? Yuk, cobain di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *