pemasaran
Tips Belajar

Kamu Entrepreneur Muda? Yuk, Intip Kunci Sukses Pemasaran!

Siapa saja bisa mulai berbisnis dan berlomba-lomba untuk membuat produk yang inovatif yang dapat menjawab tantangan serta kebutuhan pelanggan. Namun, agar pelanggan mengenal produk dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan tentu bukanlah hal yang mudah. Terlebih dengan menjamurnya bisnis lainya. Salah satu hal yang bisa kamu terapkan untuk memperkenalkan usahamu adalah dengan melakukan pemasaran atau marketing. Namun, sayangnya tidak semua proses marketing berjalan mulus. Yuk, intip kunci sukses melakukan pemasaran di artikel ini!

Apa Itu Pemasaran?

Mengutip buku Konsep dan Strategi Pemasaran (2019), pemasaran memiliki arti yang sangat luas, tidak hanya sekedar promosi atau penjualan. Marketing adalah hubungan antara orang dengan produk atau perusahaan dengan pelanggan. Tujuan dari marketing ialah untuk mendapatkan keuntungan baik secara materi maupun non-materi. Seluruh proses marketing maupun periklanan produk dapat melalui beberapa media, seperti media cetak, elektronik, hingga sosial. Sehingga menurut Kotler dan Keller (2016) dari rangkaian proses tersebut, perusahaan akan menerima informasi berupa respon pelanggan dan data penjualan.

Kenapa Pemasaran Penting dalam Bisnis?

Menurut Kurniullah (2021) dalam buku Pemasaran Dasar dan Konsep, marketing sangat berkontribusi bagi kelangsungan hidup, keuntungan, pertumbuhan dan perkembangan sebuah bisnis. Oleh karena itu, pemahaman terkait marketing merupakan dasar penting yang setiap orang perlu miliki apalagi yang memiliki bisnis. Terlebih entrepreneur, terutama entrepreneur muda harus membuat perencanaan bisnis yang meliputi seberapa besar potensi pasar, target yang akan dituju, spekulasi dan ramalan bisnis ke depannya, hingga strategi mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan di masa depan.

Baca Juga: Makin Populer, Adakah Pembayaran di Indonesia yang Boleh Pakai Kripto?

Tujuan Marketing

Terdapat beberapa tujuan marketing yang bisa kamu pertimbangkan dalam sebuah bisnis. Secara umum, berikut tujuan dari pemasaran!

1. Meningkatkan keuntungan/pendapatan penjualan

Ketika kamu melakukan pemasaran yang bagus, maka banyak yang membeli atau menggunakan produk maupun layananmu. Bahkan marketing juga dapat membuat pelanggan melakukan pembelian ulang produk jualanmu. Sehingga marketing akan membantumu meningkatkan keuntungan penjualan.

2. Meningkatkan brand awareness

Salah satu fungsi pemasaran adalah untuk memperkenalkan produk dan brand bisnismu kepada masyarakat. Tujuannya adalah agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan bisnismu. Dengan begitu kamu memiliki peluang besar untuk mendapatkan banyak pelanggan baru.

3. Mempromosikan produk dan layanan terbaru

Agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, tentunya kamu harus terus mengembangkan produk dan layanan bisnismu. Namun, agar seluruh masyarakat tahu ketika kamu melakukan pembaruan, kamu perlu melakukan pemasaran.

4. Mengetahui kepuasan pelanggan

Melalui marketing, kamu juga dapat melakukan riset dan mengetahui seperti apa kepuasan pelanggan. Apakah produk dan layanan yang kamu sajikan sudah tepat mengenai sasaran? Bagaimana karakterisktik pelanggan? Apa yang mereka harapkan dari produk dan layananmu? Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan faktor dari kepuasan pelanggan.

5. Bersaing dengan kompetitor

Marketing yang unik dan kreatif tentunya dapat menarik perhatian banyak orang. Dengan begitu maka akan lebih banyak masyarakat mengetahui keberadaan brand bisnismu. Ketika bisnismu sudah melekat dengan erat di benak masyarakat, secara otomatis masyarakat akan lebih mengingat brand bisnismu ketimbang brand lain yang menjadi kompetitor.

Strategi Pemasaran dalam Bisnis

Mengutip buku “Strategi Pemasaran” (2021), terdapat 4 jenis strategi marketing yang harus kamu ketahui. Kira-kira ada yang sudah kamu lakukan atau belum?

1. Direct selling

Direct selling atau penjualan langsung adalah jenis strategi marketing yang melakukan penjualan produknya secara langsung kepada pelanggan. Pengertian penjualan langsung di sini tidak melalui toko, melainkan pelaku bisnis akan menawarkan dan menjual produknya secara door to door atau langsung mendatangi pelanggannya.

2. Earned media

Strategi ini dilakukan secara tidak langsung. Kamu dapat membentuk citra brand atau bisnismu melalui media sosial. Target utama strategi marketing yang satu ini ialah untuk membangun hubungan baik dan kepercayaan antara perusahaan dengan masyarakat umum.

3. Point of purchase

POP atau point of purchase adalah strategi marketing dengan menempatkan material iklan di dekat produk yang kamu promosikan. Kamu bisa memengaruhi pelanggan untuk membeli produkmu dengan menaruh display produk yang menarik di tempat-tempat strategis, seperti pintu masuk, area tengah toko, atau pintu keluar.

4. Internet marketing

Banyak entrepreneur, apalagi entrepreneur muda yang melakukan strategi yang satu ini. Kamu dapat memasarkan produk dan layanan bisnismu melalui berbagai media sosial dan platform online lainnya. Konten yang unik, kreatif, dan interaktif akan mampu menarik perhatian banyak orang. Sehingga orang pun akan tergerak hatinya untuk mencari tahu lebih dalam bisnismu.

Baca Juga: Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan

Kunci Sukses Pemasaran

Tentunya setelah mencoba berbagai macam cara, kamu gak mau dong usaha dan strategi yang sudah kamu lakukan tidak ada hasilnya? Nah, agar tidak sia-sia, ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan nih. Menurut Burnett (2008) dari buku Pemasaran Dasar dan Konsep, berikut hal yang kamu harus perhatikan!

1. Kepuasan pelanggan

Sebagai business owner, kamu harus memahami bahwa kepuasan pelanggan menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis. Kamu harus menjadikan hal ini sebagai prioritas nomor satu. Ketika kamu menyadari hal ini, maka kamu akan mengembangkan mentalitas pemasaran, seperti memfasilitasi pengumpulan informasi dan memelihara komunikasi yang baik dengan para pelanggan.

2. Membangun citra perusahaan yang jelas

Melalui pemasaran, kamu dapat membangun citra perusahaan yang jelas dan mencerminkan nilai-nilai yang perusahaanmu percayai. Nilai-nilai ini bisa kamu dapatkan dari aspirasi karyawan, pelanggan, mitra, hingga masyarakat umum. Fokus utamanya adalah bagaimana agar perusahaanmu dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

3. Menjadikan pemasaran sebagai pusat organisasi

Karena perannya yang sangat penting bagi pertumbuhan bisnis, maka sebaiknya pemasaran dijadikan satu bagian sendiri yang khusus menangani kebutuhan pemasaran. Bagian ini harus menjadi pusat seluruh kegiatan organisasi perusahaan.

4. Jadilah proaktif

Agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui bisnismu, maka kamu dituntut untuk selalu aktif mengembangkan strategi pemasaran yang unik. Meniru strategi kompetitor tanpa sebenuhnya memahami situasi akan menjadi boomerang dan berbahaya untuk bisnismu.

5. Kembangkan strategi pemasaran

Seiring berkembangnya zaman, maka berkembang pula teknologi-teknologi yang digunakan. Suatu perusahaan harus mampu untuk mengikuti perkembangan ini demi membuat strategi pemasaran yang lebih relevan. Teknologi juga memudahkan kamu dan pelangganmu untuk mendapatkan banyak informasi satu sama lain. Tentunya seluruh informasi ini dapat kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis sesuai dengan kebutuhan pasar.

Nah sekarang kamu sudah tahu kan kenapa pemasaran sangat penting kamu pelajari dan kamu terapkan dalam bisnismu. Tidak hanya satu faktor, melainkan kamu harus memenuhi seluruh faktor pemasaran agar bisnis dan perusahaanmu bisa sukses!

Kalau kamu tertarik menggali informasi lebih jauh seputar marketing atau pemasaran, kamu bisa loh ikutan kelas online di goKampus! Selain mendapatkan ilmu mengenai pemasaran, kamu juga akan mendapatkan insight menarik dari pengajar. Yuk, ikutan kelasnya dengan klik di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *