Jam kuliah jauh berbeda dengan jam sekolah. Di sekolah, kalian terbiasa masuk lima hari dalam seminggu dan setiap harinya akan bersekolah mulai dari pukul 7 hingga pukul 14. Jangan pikir jam kuliah akan sama seperti itu.

Saat masuk kuliah, kalian akan menyadari bahwa akan banyak waktu kosong di sela-sela jadwal kuliah. Dalam satu minggu, bisa saja kalian hanya memiliki jadwal kuliah pada tiga hari tertentu. Bisa pula kalian hanya memiliki jadwal kuliah selama dua jam pada satu hari.

Akan tetapi, tidak semua jurusan memiliki jadwal semacam ini. Bagi jurusan yang memiliki banyak tugas yang harus dilaksanakan di laboratorium atau studio, jadwal kuliah akan berbeda. Bisa jadi dalam satu minggu kalian akan memiliki jadwal kuliah yang tidak jauh dari waktu kerja perkantoran. Lima hari dalam seminggu, delapan hingga sembilan jam dalam satu hari.

Karena manajemen waktu sangat penting di perkuliahan, kalian harus bijak dalam menggunakan waktu. Bagi kalian yang memiliki banyak waktu di senggang di perkuliahan, berikut pilihan kegiatan di sela jadwal kuliah.

  1. Mengerjakan Tugas

Selalu utamakan akademis. Kalian belum tentu selalu punya waktu untuk mengerjakan tugas kuliah. Jika ada waktu senggang, manfaatkan sebaik-baiknya untuk mengerjakan tugas. Jangan sampai kalian terpaksa mengerjakan tugas dalam waktu satu malam dan tidak berkonsentrasi mengikuti perkuliahan di hari berikutnya.

  1. Organisasi Kemahasiswaan

Jika kalian sedang tidak ada tugas, kalian bisa mendatangi organisasi kemahasiswaan yang kalian ikuti. Pertemanan yang kalian bangun di organisasi kemahasiswaan bisa menjadi kesempatan kalian memulai jejaring atau networking.

  1. Magang atau kerja

Daripada kalian melakukan hal-hal yang tidak berguna, kalian bisa mencari pekerjaan yang bisa disesuaikan dengan jadwal kuliah kalian. Banyak perusahaan yang membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk kerja di tempatnya. Jika tidak ingin bekerja kantoran, kalian juga bisa mencari pekerjaan-pekerjaan seperti barista di kafe.

  1. Tidur

Iya, tidur. Kalian tidak salah membaca. Tidur bisa jadi salah satu pilihan yang bijak terlebih jika kalian menghabiskan waktu pada malam sebelumnya untuk mengerjakan tugas hingga larut. Kurang tidur dapat mengakibatkan kalian sulit untuk berkonsentrasi. Kalian tentu tidak ingin ketinggalan pelajaran di dalam kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like