gaji pertambangan tinggi
Kategori Kelas

Benarkah Gaji Pertambangan Tinggi? Cari Tahu, Yuk!

Tonton Sekarang

Pertambangan adalah bidang pekerjaan yang banyak peminat karena konon gajinya yang tinggi. Namun, tentunya risiko dan kesulitan yang kamu hadapi nanti juga tidak kecil ya, guys. Nah, kamu pasti bertanya-tanya, memang berapa sih gaji pertambangan? Apa saja jenis pekerjaan di bidang pertambangan? Tenang, semua pertanyaanmu akan terjawab tuntas dalam artikel ini. Simak, yuk!

Berapa Gaji Pertambangan untuk Fresh Graduate?

Banyak fresh graduate yang bertanya hal ini. Mengutip Linov HR, gaji pertambangan yang masih fresh graduate berkisar Rp6.283.666 hingga Rp11.389.666 per bulan. Jadi, pendapatan kamu dalam setahun adalah Rp75.404.000 hingga Rp136.670.000. Namun, jumlah ini bisa berbeda-beda tergantung tempat kamu bekerja dan posisi apa yang kamu kerjakan.

Sedangkan, mengutip OCBC NISP, rata-rata gaji pertambangan tertinggi yang masih fresh graduate sekitar Rp8.000.000 hingga Rp15.000.000. Jika kamu bekerja di perusahaan tambang internasional, ada kemungkinan kamu bisa mendapatkan gaji hingga Rp20.000.000. Wow, nominal gaji tersebut berada di angka yang fantastis, ya! Pantas saja banyak yang berminat kerja di pertambangan!

Rekomendasi Kelas Gratis

Selain itu, berikut contoh gaji di perusahaan perminyakan yang bisa kamu intip!

1. China International Offshore Oil Corporation (CNOOC), perusahaan minyak dan gas bumi terbesar ketiga di Cina dan memiliki kantor cabang di Jakarta. Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000 untuk fresh graduate.

2. PT Chevron Pacific Indonesia memiliki standar gaji Rp6.000.000 hingga Rp15.000.000 untuk fresh graduate.

3. Pasti kamu sudah tidak asing dengan perusahaan yang satu ini, bukan? PT Pertamina Indonesia memiliki standar gaji Rp4.000.000 hingga Rp8.000.000 untuk fresh graduate, loh!

Baca Juga: 10 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia!

Jenis Pekerjaan di Bidang Pertambangan

Mengutip Agincourt Resource, di bidang pertambangan terdapat beberapa jenis pekerjaan yang memiliki tugas dan risiko yang berbeda-beda. Kira-kira ada yang kamu minati gak?

1. Teknisi atau operator

Dalam prosesnya, pasti kamu akan membutuhkan alat berat untuk mengerjakan penambangan, seperti traktor dan sebagainya. Peran teknisi atau operator sangat dibutuhkan untuk mengoperasikan alat berat ini. Selain itu, teknis dan operator juga wajib memahami berbagai macam prosedur eskavasi, agar proses penggalian lokasi tambang dapat berjalan lancar.

2. Insinyur pertambangan

Insinyur pertambangan memiliki peran untuk melakukan pengembangan model pembangunan, dan akses untuk seluruh aktivitas pertambangan. Sebagai insinyur pertambangan, kamu juga akan melakukan berbagai perencanaan dan pengawasan seluruh fasilitas pertambangan.

3. Ahli lingkungan

Proses pertambangan tentunya akan berdampak bagi lingkungan sekitarnya, sebagai contoh adalah limbah yang dihasilkan dalam proses pertambangan. Peran ahli lingkungan di sini sangat penting untuk melihat dan mengawasi potensi-potensi apa saja yang akan ditimbulkan oleh pertambangan kepada lingkungan sekitarnya. Jangan sampai proses pertambangan yang dilakukan mengganggu kelestarian flora, fauna hingga kondisi tanah sekitar. Selain itu ahli lingkungan juga berperan untuk mengedalikan polusi yang dihasilkan dari proses penambangan.

4. Ahli pemasaran

Ahli pemasaran berperan untuk memasarkan hasil tambang yang telah didapatkan. Selain itu, ahli pemasaran juga harus menjaga dan merawat hubungan antara perusahaan pertambangan dengan semua kliennya sehingga dapat tetap terjalin kerjasama yang baik dan menguntungkan.

5. Ahli keuangan

Keuangan memiliki sifat krusial yang harus dijaga dan dikelola dengan baik agar tidak menimbulkan kerugian finansial. Ahli keuangan berperan untuk mengelola dan mengawasi seluruh arus keuangan perusahaan sehingga seluruh transaksi perusahaan dapat terkendalikan dengan baik.

Baca Juga: Intip 10 Jurusan yang Banyak Peluang Kerja

Perusahaan Tambang di Indonesia

Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di bidang pertambangan, terdapat beberapa perusahaan tambang yang bisa kamu lirik loh. Mulai dari migas, timah, emas, mineral, nikel, batubara, perak, bauksit, tembaga, hingga timah. Berikut daftar perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia, mengutip dari Qoala. Adakah perusahaan impianmu?

  1. Pertamina (Persero)
  2. Kaltim Prima Coal
  3. Freeport Indonesia
  4. Agincourt Resource
  5. Vale Indonesia
  6. Adaro Indonesia
  7. PT Berau Coal
  8. Kideco Jaya Agung
  9. Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG)
  10. Bukit Asam Tbk (PTBA)
  11. Aneka Tambang Tbk
  12. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT)
  13. Arutmin Indonesia
  14. J Resources Asia Pasifik Tbk
  15. PT Timah

Gimana? Apakah kamu semakin tertarik untuk bisa bekerja di pertambangan? Atau masih ingin explore pekerjaan lain? Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri juga masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Nah, supaya skill yang kamu miliki relevan dengan kebutuhan industri, yuk persiapkan diri kamu bareng goKampus! Kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier sebagai Digital Marketer di sini, kelas UX Writer di sini, atau Memulai Karier sebagai Product Manager di sini karena ketiga posisi tersebut menjadi incaran para recruiter, loh!

Gak hanya upgrade skill dan dapat beragam insight langsung dari profesional berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura, plus bisa ikutan kelas dari mana saja secara online. Yuk, ikut kelasnya sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *