apa itu ijazah
Tips Belajar

Apa Itu Ijazah? Fungsi dan Manfaatnya Apa Saja Sih?

Setelah lulus dari salah satu jenjang pendidikan, kita akan mendapatkan ijazah. Apa itu ijazah, dan apa saja manfaatnya? Yuk, kita bahas mulai dari sejarah, manfaat, dan fungsinya dalam kehidupanmu yuk.

Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artinya sebagai berikut:

  1. Surat tanda tamat belajar; sijil.
  2. Izin yang diberikan oleh guru kepada muridnya untuk mengajarkan ilmu yang diperoleh si murid dari gurunya.

Sementara, jika kita mengacu pada asal kata, “ijazah” berasal dari bahasa Arab. Dalam sejarah Islam, ijazah bisa menunjukkan bahwa seseorang telah mendapatkan pengakuan oleh otoritas yang lebih tinggi untuk mengajarkan topik tertentu, atau teks dari pengetahuan Islam. 

Orang tersebut mendapat kanijazah setelah belajar melalui interaksi tatap muka dengan seorang guru. Nah, hal ini membuat seorang ilmuwan bernama George Makdisi punya teori bahwa asal mulanya dari pemberian gelar akademik dari universitas.

Di Indonesia pada era modern, ijazah adalah sebuah sertifikat atau dokumen yang diberikan oleh suatu instansi kepada seseorang (bisa siswa, mahasiswa, atau santri). Umumnya orang akan mendapatkannya setelah tamat belajar dari sebuah instansi pendidikan, baik itu sekolah, madrasah, atau universitas.

Siapa yang Berhak Memberikannya?

Selain itu, penerbitannya harus dikeluarkan oleh instansi pendidikan yang sudah terakreditasi. Jika berdasarkan jenjang pendidikan, instansi tersebut adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi/Universitas.

Terus gimana kalau instansi pendidikan belum terakreditasi? Bisa kok, nantinya penandatanganan dan penerbitan ijazah akan keluas setelah mendapatkan persetujuan Dinas Pendidikan Kebudayaan, atau instansi tempat satuan pendidikan bernaung. 

Harus begitu, sebab penerbitan ijazah harus berpedoman pada peraturan dan undang-undang yang berlaku. Peraturan tersebut mendapatkan pembaruan dari kementerian setiap tahun, tepatnya menjelang akhir tahun pelajaran. 

Pemberlakuan aturan harus berjalan agar gak sembarangan orang/instansi bisa mengeluarkan ijazah.

Baca Juga: Inilah IPK Minimal Untuk Meraih Predikat Cum Laude

Apa Saja Manfaat Ijazah?

  • Syarat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya
  • Pembuktian intelektualitas seseorang
  • Status sosial
  • Menunjukkan identitas diri seseorang
  • Syarat melamar pekerjaan
  • Penentu besarnya gaji
  • Salah satu syarat kenaikan jabatan pada instansi tertentu
  • Pengakuan yang sah dari negara

Selain ijazah, kamu juga harus punya sertifikat dan upgrade skill untuk memenuhi kebutuhan industri kerja saat ini. Tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri juga masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Nah, supaya skill yang kamu miliki relevan dengan kebutuhan industri, yuk persiapkan diri kamu bareng goKampus! Kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier sebagai Digital Marketer di sini, kelas UX Writer di sini, atau Memulai Karier sebagai Product Manager di sini karena ketiga posisi tersebut menjadi incaran para recruiter, loh!

Gak hanya upgrade skill dan dapat beragam insight langsung dari profesional berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura, plus bisa ikutan kelas dari mana saja secara online. Yuk, ikut kelasnya sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *